Yang identik dengan Kota Pekalongan

Yang identik dengan Kota Pekalongan. Kota Pekalongan adalah salah satu kota pusat pertumbuhan ekonomi di pulau Jawa berbatasan dengan laut jawa diutara,kabupaten Batang ditimur,serta kabupaten pekalongan diselatan dan Barat.

Pekalongan terdiri dari empat kecamatan yakni Pekalongan Barat,Pekalongan Utara ,Pekalongan Timur dan Pekalongan selatan. Kota Pekalongan terletak dijalan pantura yang menghubungkan Jakarta-Semarang-Surabaya.

Dipekalongan terdapat pendatang seperti Etnis Cina dan Arab yang tersebar di Pekalongan karena Sejarah Pekalongan sebagai kota pelabuhan dan perdagangan. Logat atau gaya bicara warga pekalongan sangat khas jawa (ngoko) beda dengan jaw alus seperti solo dan jogja ataupun logat jawa tegal. Ada beberapa hal yang identik dengan kota pekalongan diantaranya 

                                  gambar kota pekalongan

1. Pekalongan Kota Santri

pekalongan kota santri
Anak laki - laki Balita berbusana muslim di pekalongan
SANTRI (Sehat Aman Nyaman Tertib Rapi dan Indah) adalah motto dari kabupaten pekalongan sendiri.  Kehidupan masyarakat pekalongan sangat kental dengan nuansa santrinya. Didaerah seperti Kecamatan Buaran, Kecamatan Wonopringgo , Kecamatan Kedunguwuni dan yang lainya mudah dijumpai potret gambaran susana kehidupan santri tradisional yang masyrakatnya sudah identik dengan kerudung, peci dan Sarung.

Kota pekalongan juga populer dengan lagu qosidah "suasana dikota Santri, asik senangkan hati muda-mudi berbusana rapi menyandang kitab suci" 

Tidak seperti kebanyakan kota lain di Indonesia di Pekalongan hari Jumat dijadikan hari libur dan bukan bukan hari Minggu seperti kebanyakan hari libur dikota - kota lain di Indonesia.Hari jumat dijadikan hari libur karena hari jumat merupakan hari besar umat Islam.

2. Pekalongan Kota Batik

                                      kampung batik pekalongan
Kota Batik dipekalongan bukan jogja bukan Solo, gadis cantik jadi pujaan jangan bejat jangan bodo

Kutipan lirik lagu slank mengamini bahwa bawasanya benar kota batik yang sesungguhnya adalah di pekalongan bukan disolo ataupun jogjakarta.  Pengerajin batik terbesar di indonesia adalah dipekalongan. Hasil kerajinan batik dan konveksi dari pekalongan banyak di suplay ke daerah lain seperti tanah abang, solo, jogja dan kota-kota lain di Indonesia.

Batik sendiri merupakan salah satu matapencaharian sebagian besar warga pekalongan kota. Di kota pekalongan banyak dijumpai kampung batik yang sebagian besar warganya menggantungkan hidup di usaha batik, baik sebagai pemilik ataupun sebagai karyawan. Sejarah pekalongan sebagai kota batik dibuktikan dengan adanya museum batik terlengkap di pekalongan. Museum batik di pekalongan memiliki koleksi batik terlengkap. Tak salah rasanya jika pekalongan disebut sebagai World City of Batik.

3. Pekalongan adalah Kota Konveksi

                                      gambar konveksi pekalongan

Selain pengerajin Batik usaha konveksi adalah salah satu usaha yang identik di Pekalongan,hampir disebagian besar daerah diPekalongan banyak dijumpai usaha konveksi baik pabrik garment besar ataupun usaha konveksi rumahan. Sebagian besar warga pekalongan yang didaerah ataupun merantau berprofesi sebagai penjahit bahkan sebagian besar usaha konveki dan permak keliling dijakarta adalah milik orang pekalongan.

4. Nasi Megono, Taoto, Kluban Botok, Pecel, Pindang Tetel Kuliner yang identik dengan Pekalongan

                                    Nasi Megono, Taoto, Kluban Botok, Pecel, Pindang Tetel Kuliner yang identik dengan Pekalongan

Nasi megono dan tauto atau disebuet taoto hanya dijumpai dikota pekalongan, dan jika Anda melihat nasi megono ataupun taoto dikota lain sudah bisa pastikan bahwa itu adalah orang pekalongan. Nasi megono sendiri terbuat dari buah nangka muda yang dijadikan sebagai bumbu khas, dimana proses pembuatanya ditumbuk dengan pisau hingga rata.

Yang paling unik megono adalah bahwa belum ada yang bisa menemukan alat perajang bumbu megono tersebut. 

Di pekalongan setiap acara hajatan pasti tidak lepas dari yang namanya megono. Pemandangan warung lesehan segono megono sendiri sudah menjadi pemandangan khas kota pekalongan dimalam hari. 

Sementara tauto atau taoto adalah semacam soto khas pekalongan yang terdapat campuran bahan taoco. Taoco inilah yang menjadi ciri khas dari tauto itu sendiri. Selain nasi megono dan tauto kuliner khas pekalongan yang lain adalah kluban botok, pecel dan pindang tetel, yang tidak dijumpai didaerah lain di Indonesia.

Kuliner khas pekalongan memang sederhana seperti warga pekalongan yang sederhana. Kuliner khas pekalongan menggunakan bumbu alami tanpa bahan pengawet makanan, sehingga sangat terasa dilidah, dijamin rasanya maknyosss dan bikin ketagihan hingga bisa saja membuat kalian susah untuk move on jika sudah berpisah dengan kota Pekalongan. Apalagi jika kalian sudah kenal cowok atau cewek pekalongan dijamin makin susah melupakan Kota Pekalongan.

5. Tradisi Syawalan Krapyak Pekalongan

gambar budaya syawalan pekalongan

Tradisi Syawalan dikenal Masyarakat jawa sebagai rangkaian kegiatan keagamaan dan sudah menjadi tradisi yang rutin dilakukan setiap tahunya,pelaksanaanya seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri.Di daerah Krapak Pekalongan ada tradisi syawalan yang unik yaitu pembuatan lopis raksasa dan penerbangan balon udara yang berukuran raksasa dimana tradisi dikrapak sendiri sudah menjadi tradisi dan identik dengan kota pekalongan.

Setiap tahunya warga dari penjuru pekalongan berkumpul dikrapyak untuk menyaksikan lupis raksasa tersebut sehingga jalan menuju krapak setiap syawalan terjadi kemacetan panjang layaknya kota jakarta.

6. Pekalongan dikenal dengan keindahan Alamnya 

                                  gambar keindahan alam pekalongan

Selain wisata laut pekalongan juga terkenal dengan keindahan alamnya dan menjadi destinasi wisata Andalan dikabupaten pekalongan. Alam di pekalongan termasuk masih alami dan hijau yang belum banyak terkena pencemaran juga polusi udara.

Wisata Alam di kabupaten pekalongan sangat menakjubkan, seperti lokasi eko kowisata PetungkrionoAir terjun curug Bajing, wisata Alam Linggo Asri yang merupakan tempat rekreasi, pendidikan, olahraga,dan hiburan. Linggo Asri boleh dibilang kawasan puncaknya pekalongan.

Ada lagi wisata kebun teh di pagilaran, ditempat tersebut kalian bisa menikmati udara segar dan indahnya alam kebun teh sambil menikmati secangkir teh aseli bersama keluarga ataupun pasangan Anda.

Masih banyak lagi keindahan alam di pekalongan seperti air terjun jurug jlarang yang masih tersembunyi, wisata arum jeram desa lolong, Arum jeram dikali pahingan , wisata pantai pasir putih boom, pantai slamaran, wisata magrove dan lain - lain. Ayo mari mampir dan berkunjung ke pekalongan . #cayoindonesia

Terimakasih telah membaca artikel | Yang identik dengan Kota Pekalongan | Silahkan boleh di Share.

Related Articles :