Sejarahnya Patung Jenderal Sudirman Jakarta

Serbicara tentang Ibu Kota indonesia Jakarta, meamang menarik seaklia. Bagi kalian yang pernah ke jakarta pasti akan punya kesan tersendiri tentang bagaimana wajah ibu kota sebenarnya yang biasanya hanya bisa dilihat lewat layar televisi.

Bagi admin kesan yang terlintas untuk ibu kota adalah tentang patung - patung bersejarah yang ada di jakarta. Banyak patung bersejarah yang mewarnai jalan - jalan di Ibukota Jakarta. Salah satunya adalah patung Panglima besar jendral Sudirman.

pembuat patung jendral sudirman
Patung Jenderal Sudirman Jakarta
Sesuai dengan namanya, patung Jendral Sudirman merupakan sebuah patung yang menggambarkan seorang pahlawan yakni Jenderal Sudirman.Ukuran dari patung tersebut mencapai 12 meter, sedangkan untuk tingginya mencpaai 6,5 meter.

Patung Sudirman ini letaknya berada di kawasan Dukuh Atas yang juga tepat berada di depan Gedung BNI. Patung ini dibuat dari material perunggu yang kurang lebih beratnya sekitar 4 ton. Sunario adalah seniman dari patung Sudirman ini yang juga berprofesi sebagai dosen seni rupa di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, yakni Institut Teknologi Bandung.

Sejarah pembuatan Patung jendral Sudirman ini menunjukkan bahwa rencana pembangunan patung Sudirman ini tujuannya adalah untuk menghiasi jalanan yang ada di Ibukota. Rencana tersebut adalah sebuah realisasi dari sayembara patung pahlawan yang telah diadakan pada tahun 1999 silam.

Sejarah pembuatan patung Sudirman juga mengutarakan bahwa biaya dari pembangunan patung tersebut mencapai 6,6 miliar. Dana tersebut tidak diperoleh dari APBD DKI, melainkan diperoleh dari pengusaha. Dari hasil pembiayaan tersebut, pengusaha akhirnya mendapatkan kompensasi yakni dua titik reklame yang berlokasi di tempat strategis. PT Partiamega merupakan pengusaha yang telah ditunjuk untuk mendanai semua biaya dari pembangunan patung Sudirman.

Jika dilihat dari sisi sejarah pembuatan patung jendral Sudirman, rencana peresmiannya akan dilakukan tepat pada tanggal 22 Juni 2003 yang juga bertepatan dengan perayaan HUT ke 476 kota Jakarta. Namun ternyata peresmian tersebut diundur, hingga akhirnya telah berhasil diresmikan tepat pada tanggal 16 Agustus 2003. Peresmian patung Sudirman tersebut juga diwarnai dengan adanya unjuk rasa para kelompok pemuda.

Pembangunan patung jendral Sudirman ini merupakan simbol dari semangat bangsa Indonesia. Namun kini makna dari simbol tersebut pudar seiring dengan berjalannya waktu. Posisi dari patung tersebut juga dianggap kurang benar, karena patung tersebut menggambarkan posisi Jenderal Sudirman yang sedang hormat, yang tidak selayaknya menghormat kepada seluruh warga yang melintasi jalan tersebut.Demikian semoga artikel sejarah patung sudirman tersebut bermanfaat. Sumber Patung Indonesia. 

Terimakasih telah membaca artikel | Sejarahnya Patung Jenderal Sudirman Jakarta | Silahkan boleh di Share.

Related Articles :