Beberapa tempat konservasi Satwa di Borneo

Beberapa tempat konservasi Satwa di Borneo. Indonesia adalah negara kepulauan yang memang sudah dikenal sejak jaman dulu bahkan kepuluan di Indonesia sudah menjadi catatan sejarah pelaut jaman dulu seperti dalam catatan sejarah pelaut portugis Vasco da gamma yang pernah singgah di kepulauan indonesia pada tahun 1498 M, yang pada saat itu Indonesia bernama Hindia. Maka tak heran jika pada jaman dahulu banyak negara lain dengan status sebagai penjajah yang berusaha merebut tanah Indonesia karena kekayaan dan keindahan alamnya.

Bumi Borneo adalah salah satu dari kepulauan indonesia yang sangat indah. Borneo terletak disebelah utara pulau jawa dan sebelah barat pulau sulawesi dimana sejarah borneo sendiri berasal dari nama kesultanan brunai yang merupakan nama yang dipakai oleh kolonial ingris dan belanda untuk menyebut pulau ini secara keseluruhan. Sedangkan kalimantan adalah nama yang digunakan oleh penduduk kawasan timur pulau ini yang sekarang adalah termasuk wilayah Indonesia.

Dalam arti luas Kalimantan meliputi seluruh pulau yang juga disebut Borneo, sedang dalam arti sempit kalimantan hanya mengacu pada wilayah Indonesia. Borneo adalah salah satu kawasan di indonesia yang merupakan tempat konservasi dan rehabilitasi satwa endemik di Indonesia.
Satwa di Borneo
satwa endemik Borneo 
Tempat konservasi dan rehabilitasi satwa endemik Borneo 

1. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung puting merupakan tempat konservasi kekayaan alam flora dan fauna terutama Orang utan aseli Kalimantan yang sangat terkenal hingga manca negara, berwisata ke TNTP adalah merupakan suatu pengalaman yang tidak akan mudah dilupakan. Selain berpetualang dialam liar dari menyusuri sungai hingga melihat dari dekat habitat aseli Orang utan yang sangat melegenda yang sering Kita lihat pada uang lima ratusan dulu.

Ditaman Nasional Tanjung Puting juga tercatat ada lebih dari 600 jenis pohon, 200 jenis anggrek, 250 spesies burung, 28 spesies mamalia besar, 9 spesies primata, yang dapat kita nikmati keindahanya dalam petualangan menjelajah kekayaan flora dan fauna Indonesia ditaman nasional tanjung puting yang berlokasi di semenanjung Kalimantan tengah.

2. Nyaru Menteng

Walaupun nyaru menteng tak sepopuler taman nasional tanjung puting, Nyaru menteng juga merupakan tempat observasi dan rehabilitasi satwa khas kalimantan yaitu Orang utan. Berbeda dengan Taman nasional tanjung puting di nyaru menteng kita hanya melihat kehidupan orang hutan dari jarak jauh atau dari kaca ruang edukasi.

Yang menarik di nyaru menteng Kita bisa menonton pemutaran film education  tentang kehidupan dan pelestarian orang hutan. Selain sebagai tempat wisata edukasi Nyaru menteng adalah merupakan suatu tempat yang mempunyai peran penting dalam usaha menyelamatkan kekayaan satwa liar Indonesia terutama Orang utan. Nyaru menteng terletak didekat palangkaraya.

3. Rumah Begantan di Pulau Nunukan dan sibatik

Begantan termasuk dalam daftar satwa liar yang dilindungi di indonesia, dikalimantan selain orang utan, begantan sangat dikenal dan telah menjadi maskot provinsi dati satu Kalimantan Selatan. Salah satu kawasan konservasi begantan dan juga mangrove terletak di Pulau Nunukan dan pulau sebatik

Dipulau tersebut terdapat tempat konservasi yang disebut rumah begantan. Selain dapat melihat begantan dan hutan magrove pengunjung juga dapat melihat budidaya dan pembibitan rumput laut. Selanjutnya dikota tarakan juga terdapat sebuah kawasan konservasi magrove dan bekantan yang menjadi salah tujuan wisata di kalimantan Timur.

Meskipun begantan merupakan satwa yang dilindungi Pemerintah melalui peraturan per undang-undangan NO.5 Tahun 1990 pasal 21 ayat 2 akan tetapi masih marak perburuan dan perdagangan hewan berhidung panjang tersebut,atas keperihatinan tersebut maka pada tahun 2013 muncul komunitas Sahabat Begantan Indonesia (SBI)

Dengan misi "Save Our Begantan" terus mengampanyekan upaya sosialisasi perlindungan habitat serta penghentian perburuan begantan.Misi menyelamatkan Begantan dari ancaman kepunahan memang bukan perkara mudah,seminar lingkungan serta observasi begantan menjadi agenda yang rutin dilaksanakan oleh sahabat begantan khususnya diahir pekan.

Bumi Borneo terus mengalami perubahan yang tujuanya untuk menarik minat wisatawan asing maupun lokal melalui program rebranding Wonderful Indonesia atau pesona Indonesia. Pemerintah sekarang serius menggarap Bumi Borneo, yang tentunya akan berdampak baik untuk kelangsungan hidup satwa endemik di kalimatntan dan tempat-tempat konservasi hewan endemik lainya di Indonesia.

Terimakasih telah membaca artikel | Beberapa tempat konservasi Satwa di Borneo | Silahkan boleh di Share.

Related Articles :