Legenda Batu Cinta dan Pesona Alam Situ Patenggang

Legenda batu cinta dan pesona alam situ patenggang yang terletak dikawasan objek wisata alam Bandung Selatan Jawa Barat ini sudah menjadi buah bibir para wisatawan yang pernah berkunjung ke kawasan wisata situ patenggang ciweday.

Situ patenggang adalah merupakan sebuah danau yang berda diketinggian 1600 meter diatas permukaan laut yang posisinya berada dikaki gunung patuha. Suhu udara di situ patenggang bisa mencapai 20 derajat celcius yang tentunya cukup dingin.

Legenda Batu Cinta dan Pesona Alam Situ Patenggang
Situ Patenggang
Pesona alam situ patenggang sudah tidak diragukan lagi pesonanya dengan pemandangan pohon pinus yang tampak kehijauan juga alamnya masih asri ditambah suasana danau yang begitu tenang menambah kesan eksotis bagi mata yang memandangnya.Tak hanya sekedar menikmati pesona alam situ patenggang kita juga bisa relaksasi dengan udara segar dan bersih yang terdapat di lokasi situ patenggang tersebut.

Pesona alam situ patenggang akan terlihat bagus dan sempurna pesonanya jika pada musim panas karena cuaca pada musim panas menghasilkan awan yang sangat cerah berbeda pada saat atau ketika musim penghujan.

Waktu yang pas untuk menikmati pesona alam situ patenggang adalah pada waktu siang beranjak sore. Di pagi hari dan pada saat sore menjelang malam pesona alam situ patenggang kurang terlihat pesonanya karena biasanya tertutup oleh kabut.

Di area wisata situ patenggang ada suatu tempat yang menjadi legenda dan sudah banyak dikenal wisatawan yaitu legenda batu cinta. Konon diceritakan bahwa legenda batu cinta berasal dari kisah cinta antara Kisantang dan Dewi Rengganis, dalam kisah legenda tersebut diceritakan bahwa keduanya telah berpisah sekian lamanya dan karena rasa cinta yang begitu mendalam antara keduanya Merka saling mencari satu sama lainya hingga ahirnya merekapun dipertemukan disuatu tempat yang sangat indah dimana tempat tersebut sekarang dinamakan lokasi Batu Cinta.

Singkat cerita ahirnya Dewi Rengganis meminta kepada kekasihnya yaitu ki Santang untuk membuat danau dan perahu untuk berlayar bersama.Perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah pulau berbentuk hati (pulau asmara).

Bagi siapa saja wisatawan yang singgah di batu cinta dan berhasil mengelilingi pulau asmara tersebut Cinta mereka akan abadi seperti kisah legenda Ki Santang dan Dewi Rengganis yang terukir di batu cinta.

Harga Tiket Masuk ( HTM) Situ Patenggang 

Untuk menuju lokasi tempat legenda batu cinta yang berjarak kurang lebih 1 kilometer dari lokasi wisata situ patenggang, Kita harus menggunakan jasa perahu dayung sebagai transportasi air untuk menuju lokasi batu cinta. Pemilik jasa perahu dayung menuju lokasi batu cinta biasanya mematok tarif antara Rp 25.000 sampai Rp 30.000 per orang.

Akan tetapi Saya sarankan untuk nego harga borongan saja jika kita datang ke wisata situ patenggang lebih dari 4 orang,harga bisa dapat lebih murah tergantung bagaimana kelihaian Kita untuk bernegosiasi harga jasa menggunakan perahu dayung batu cinta.

Untuk tarif tiket masuk lokasi wisata situ patenggang sendiri adalah Rp.18.000 pada hari biasa dan Rp.20.000 per orang untuk hari libur.

Demikian semoga informasi tentang legenda batu cinta dan pesona alam situ patenggang yang merupakan satu dari sekian banyak pesona Indonesia ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi tujuan wisata Anda berikutnya.

Terimakasih telah membaca artikel | Legenda Batu Cinta dan Pesona Alam Situ Patenggang | Silahkan boleh di Share.

Related Articles :