Oleh - oleh Khas Jogja yang wajib di bawa pulang

Oleh - oleh Khas Jogja yang wajib di bawa pulang
Ketika Anda berkunjung ke jogja, jangan lupa membawa oleh-oleh khas Jogja untuk di bawa pulang sebagai kenang - kenangan untuk di bagikan kepada kerabat, teman ataupun tetangga. Jogja memiliki berbagai oleh-oleh khas yang sayang untuk dilewatkan. Berbagai macam oleh-oleh khas jogja dapat Anda beli di sana untuk orang-orang di rumah.

Jalan-jalan ke jogja memang tidak lengkap tanpa membawa oleh-oleh khas Jogja. Di Jogja Anda dapat menikmati berbagai wisata menarik, memanjakan perut dengan makanan khasnya serta berbagai oleh-oleh khas dari Jogja untuk keluarga dan sahabat tercinta yang ada di rumah.

Oleh-oleh Khas Jogja
Di kota pelajar ini Anda dapat membeli berbagai oleh-oleh khasnya seperti berikut.

Gambar Oleh - oleh kaos Khas Jogja

1. Kaos Dagadu
Siapa yang tak kenal dengan kaos Dagadu khas Jogja. Kaos Dagadu mempunyai ciri khas dengan kata-kata lucu khas Jogja yang dapat membuat tertawa.  Agar dapat membeli kaos ini Anda tidak perlu merasa kesulitan untuk mencarinya.

Kaos dagadu ada di sekitar Mal Malioboro, Ambarukmo Plaza serta di daerah Pakuningratan. Supaya Anda mendapatkan kaos yang asli sebaiknya Anda membelinya di tiga tempat tersebut karena banyak sekali kaos tiruan di pasaran.

Pamor kaos Dagadu tidaklah secemerlang 10 tahun yang lalu dimana banyak versi Dagadu gadungan alias palsu di Malioboro. Seiring perkembangan jaman produksen kaos di jogja mulai percaya diri dengan brand kaos Mereka sendiri, sekarang di pusat oleh - oleh malioboro sudah banyak brand kaos baru menghiasi outlet - outlet dan juga lapak - lapak pedagang kaki lima di malioboro seperti kaos djogker, kaos capung djogja dan yang lainya.

2. Kain Batik
Anda juga dapat membeli kain batik untuk oleh-oleh yang ada di rumah. Kain batik khas Jogja ini sangat indah dan sayang untuk dilewatkan sebagai oleh-oleh. Anda dapat membeli koleksi kain batik secara lengkap di Pasar Beringharjo.

3. Gerabah Kasongan
Gerabah Kasongan terkenal dengan kualitasnya yang bagus sehingga oleh-oleh ini sayang jika dilewatkan. Gerabah kasongan dapat berbagai macam bentuknya. Mulai dari guci, vas bunga, lampu hias, asbak.

4. Kerajinan Perak
Jika Anda penggemar barang-barang yang terbuat dari perak jangan khawatir karena di tempat ini ada kerajinan perak yang beraneka ragam bentuknya. Anda tidak perlu meragukan kualitasnya karena kerajinan perak ini juga telah banyak diekspor. Jadi, jangan lewatkan untuk tidak membelinya.

Jajanan Oleh-oleh Khas Jogja
Selain oleh-oleh yang telah disebutkan di atas, di Jogja juga terdapat jajanan khas yang sayang untuk dilewatkan.

gambar oleh - oleh khas jogja bakpia, yangko,geplak

Baca juga  Kuliner malam di jogja yang tidak boleh Anda lewatkan.

1.Bakpia Pathok
Jika Anda ke Jogja siapa yang tidak mengenal bakpia pathok. Bentuknya yang bulat dan kecil berisi aneka macam rasa ini membuat jajanan yang satu ini terkenal. Untuk mendapatkan bakpia pathok tidaklah sulit. Anda bisa mendapatkannya di Jalan Glahahsari untuk membeli oleh-oleh ini.

2.Yangko
Yangko juga disebut dengan kue moci khas Jogja. Yangko sangat mirip rasanya dengan kue moci. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang berisi kacang yang dicincang. Penampilannya yang menarik serta dengan warna yang cerah akan sayang jika Anda lewatkan.

3.Geplak
Geplak terbuat dari kelapa yang diiris tipis-tipis kemudian dimasak. Rasanya yang manis, warnanya yang cerah dan menggoda selera ini dapat Anda beli sebagai oleh-oleh.

Beberapa cinderamata dan makanan dari Jogja tersebut dapat Anda dapatkan di Jogja ketika jalan-jalan di sana. Demikian beberapa informasi singkat tentang oleh-oleh khas Jogja yang wajib di bawa pulang, semoga dapat bermanfaat.

Terimakasih telah membaca artikel | Oleh - oleh Khas Jogja yang wajib di bawa pulang | Silahkan boleh di Share.

Related Articles :