Wisata Danau Ranu Kumbolo Pesona Indonesia

Danau Ranu Kumbolo Pesona Indonesia merupakan sebuah danau yang terletak di ketinggian 2.400 mdpl .Wisata danau ranu kumbolo pesona Indonesia merupakan bagian dari gunung semeru yang juga termasuk dalam kawasan wisata Bromo Tengger Semeru.

Danau ranu kumbolo merupakan tempat favorit para pendaki gunung semeru untuk beristirahat dan mendirikan tenda sehingga jika Anda berada di danau ranukumbolo maka Anda akan melihat pemandangan warna-warni dari tenda para pendaki gunung semeru.

Danau ranukumbolo juga merupakan salah satu sumber air untuk para pendaki puncak gunung semeru mahameru. Danau ranu kumbolo memiliki air yang jernih yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan selama pendakian .

Pesona Wisata Danau Ranu Kumbolo


Wisata Danau Ranu Kumbolo Pesona Indonesia
Ranu Kumbolo
Berwisata ke danau ranu kumbolo akan memberikan pengalaman yang tak akan terlupan sepanjang hidup. Sebab danau ranu kumbolo memiliki berjuta pesona untuk di nikmati keindahanya setiap saat baik di pagi hari, siang, sore bahkan pada malam hari danau ranu kombolo tak akan hilang pesonanya.

Di pagi hari Anda bisa berburu sunrise yang sangat mempesona dimana matahari mulai menampakan wujudnya dari sela-sela bukit di ujung danau ranu kumbolo .Berpadunya kemunculan matahari dan beningnya air ranu kumbolo menambah pesona yang akan memanjakan mata setiap yang melihatnya. Bisa Anda bayangan bagaimana indahnya pemandangan danau ranu kumbolo saat sunrise hingga matahari naik dari sela - sela bukit ranu kumbolo.

Pesona siang hari  menjelang sore danau ranu kumbolo juga menyimpan keindahan yang sangat mengagumkan untuk dinikmati dimana danau ranu kumbolo mulai berselimut kabut menambah hangatnya suasana untuk merengguk nikmat coklat susu atau kopi dan bercengkrama bersama sahabat dalam hangatnya tenda berselimut kabut ranu kumbolo seperti yang tertuang dalam lyric lagu yang dinyanyikan Ari Lasso berjudul "Mahameru" .

Pesona malam hari danau ranu kumbolo tak kalah cantiknya dengan pesona sunrise di pagi hari danau ranu kombolo. Pada malam hari Anda akan dimanjakan dengan indahnya gugusan berjuta bintang dilangit danau ranu kumbolo .

Sungguh alam ciptaaNYA ini menyimpan sejuta pesona yang tak akan Anda temui bila Anda terus berada di rumah. Mari luangkan waktu Anda untuk berwisata ke danau ranu kumbolo. Bagi admin berwisata ke gunung atau mendaki ke gunung selain sebagai sarana pengasah jiwa Pribadi. Berwisata ke gunung adalah sebagai wisata rohani yang bisa lebih mendektakan diri Kita kepada Sang Pencipta.

Wisata danau ranu kumbolo sudah banyak di kenal oleh wisatawan Manca Negara. Berwisata ke danau ranu kombolo, Anda akan menjumpai turis dari luar negeri. Sekali lagi sungguh danau ranu kombolo merupakan pesona Indonesia yang wajib Kita kunjungi dan jaga kelestarianya .

gambar Danau Ranu Kumbolo Pesona Indonesia
Pesona Wisata Danau Ranu Kumbolo
Untuk menjaga kelestarian alam danau ranu kumbolo ada beberapa larangan yang harus Anda patuhi
  • Dilarang berenang di danau ranu kumbolo
  • Dilarang buang air besar dan juga kencing di danau ranu kumbolo
  • Dilarang Mandi , gosok gigi langsung di danau ranu kumbolo untuk menghindari air sabun, shampo dan yang lainya masuk ke danau. Jika Anda ingin mandi atau gosok gigi sebaiknya membawa keluar air danau dengan tempat sehingga air sabun, shampo dan yang lainya tidak masuk ke danau.
  • Dilarang meninggalkan sampah dalam bentuk apapun di ranu kumbolo segala bentuk sampah harus di bawa turun kembali, dll
Selalu ingat dan pegang teguh kode etik pecinta alam 
  • Take nothing but picture (jangan mengambil apapun kecuali gambar)
  • Leave nothing but foot print (jangan meninggalkan apapun kecuali jejak kaki Anda )
  • Kill nothing but time (jangan membunuh apapun kecuali waktu Anda
Persiapan wisata ke Danau Ranu Kumbolo

Wisata ke Danau Ranu Kumbolo merupakan salah satu wisata extrim karena danau ranu kumbolo terletak di gunung semeru dengan ketinggian 2.400 mdpl, jadi sebelum Anda berwisata ke danau ranu kumbolo sebaiknya Anda persiapkan fisik dan mental terlebih dahulu.

Menuju danau Ranu kumbolo Anda harus melakukan pendaftaran dan registrasi di pos pendakian gunung semeru di desa Ranu Pane. Dari desa ranu pane untuk menuju danau ranu kombolo Anda harus berjalan kaki antara 5 - 7 jam perjalanan dengan terlebih dahulu melewati 4 pos pendakian hingga sampai ke danau ranu kumbolo dengan ketinggian 2.400 mdpl .

Baca juga Mitos Tanjakan Cinta cerita legenda Gunung Semeru

Perjalanan melewati 4 pos pendakian sampai ke danau ranu kumbolo memiliki medan yang berbeda-beda dan sebaiknya Anda tetep berjalan santai dan terus fokus pada jalan yang dilalui, jika merasa lelah sebaiknya melakukan istirahat yang cukup jangan memaksakan diri, karena jika Anda pingsan di perjalnan akan berakibat fatal. Sebab sepanjang jalur pendakian menuju danau ranu kumbolo banyak terdapat jurang di kanan kiri jalan yang dilalui. Juga di jumpai pohon - pohon besar yang tumbang dan ada juga melewati bebatuan. Demikian semoga bermanfaat.

Terimakasih telah membaca artikel | Wisata Danau Ranu Kumbolo Pesona Indonesia | Silahkan boleh di Share.

Related Articles :