Tahukah Anda Nol Kilometer Indonesia

Tahukah Anda tentang Nol Kilometer Indonesia. Indonesia dengan segala pesona keindahanya,  Indonesia Negara yang memiliki banyak kebudayaan dan memiliki banyak bahasa daerah. Indonesia Negara yang memiliki banyak pulau dan sangat luas terbentang dari sabang (Aceh) hingga Merauke (Papua).

Mendengar kata Sabang sampai Merauke pasti Kita tidak asing lagi dengan lagu
 “ dari sabang sampai merauke berjajar pulau - pulau, sambung menyambung menjadi satu, itulah Indonesia….”  

foto titik Nol Kilometer Indonesia
Nol Kilometer Indonesia

Lagu dari sabang sampai merauke yang sering dikenalkan dibangku sekolah dasar ini menggambarkan dan mengenalkan tentang apa itu Indonesia kepada Anak sejak dini . Saya yakin Kalian tidak lupa syairnya dan masih ingat hingga sekarang. Atau kalian cuma lupa, lupa, syairnya tapi ingat kuncinya [ lirik lagu kuburan ] . He he becanda dah..!! Oke baiklah langsung saja ke pokok utama pembahasan judul artikel ini yaitu titik nol kilometer indonesia. .

Titik Nol Kilometer /  0 Kilo Meter 

Pengertian titik Nol kilo meter / 0 kilometer adalah batas dari wilayah atau patokan dari suatu wilayah. Titik nol kilometer juga bisa menjadi patokan atau batas wilayah. Seperti contoh titik 0 kilo meter sebuah kota biasanya ditandai dengan sebuah tugu ataupun gapura selamat datang.

Jika Kalian pas melakukan perjalanan darat melintasi jalan pantura atau yang lainya dan melihat tugu ataupun gapura selamat datang itulah yang disebut batas akhir sebuah kota atau bisa juga disebut titik o kilo meter sebuah kota dan bukan merupakan titik nol kilo meter Indonesia. [ he he becanda lagi dah ]. Oke lalu taukah anda dimanakah titik nol kilometer indonesia..?

Titik Nol Kilometer Indonesia

Titik 0 kilo meter Indonesia ditandai dari ujung barat Indonesia sabang NAD hingga ujung timur Indonesia di merauke Papua. Titik 0 Kilimeter Indonesia biasanya ditandai dengan tugu ataupun Monumen yang merupakan symbol wilayah Indonesia. Berikut titik nol kilo meter indonesia. 

1. Monumen Titik Nol Kilometer, Sabang, NAD .

Gambar titk Nol Kilometer Indonesia.

Titik 0 kilometer di ujung barat Indonesia ini berada di Kota Sabang, NAD., Monumen yang berada di bagian ujung utara Pulau Weh adalah Sebagai penanda titik nol kilometer ujung barat Indonesia . Jika Anda  mengunjungi Kota Sabang yang merupakan kota terbesar Pulau Weh, jangan sampai Anda lewatkan untuk berkunjung ke Monumen Titik Nol Kilometer ujung barat Indonesia.

Monumen  Titik Nol Kilometer, Sabang, NAD adalah bangunan menara berbentuk silinder dengan tinggi 22,5 meter. Jika dilihat lebih dekat, di bagian ujungnya terdapat lambang burung garuda. Dari monumen ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan laut lepas. Tak hanya itu, pengunjung yang datang juga bisa melihat kawanan monyet yang menghuni hutan.

2. Tugu Kembar Titik Nol Kilometer, Merauke, Papua

gambar Titik Nol Kilometer, Merauke, Papua

Tugu Kembar Titik Nol Kilometer, Merauke, Papua. titik nol kilometer di ujung Timur Indonesia di merauke berupa Monumen yang di sebut dengan nama Tugu Kembar. Disebut Tugu Kembar karena ditempatkan di dua tempat paling ujung wilayah Indonesia, yaitu Sabang dan Merauke. Bernama tugu kembar karena mirip seperti monument yang terdapat  di Sabang.

Titik Nol Kilometer Indonesia di buat kembar dengan tujuan untuk mengingatkan kalau luas Indonesia itu mencakup dari Sabang hingga Merauke, seperti yang ada dalam lirik lagu "Dari Sabang Sampai Merauke". Demikian semoga bermanfaat .

Terimakasih telah membaca artikel | Tahukah Anda Nol Kilometer Indonesia | Silahkan boleh di Share.

Related Articles :