Keindahan Kolam Ikan Mbalong Sedondong Pekalongan

Sedondong atau kedawungrejo adalah merupakan sebuah dusun di RT 09 RW 04 berada di bawah pemerintahan desa rowokembu kecamatan wonopringgo Pekalongan jawa tengah dengan kode posnya adalah 51181 . Didesa sedondong terdapat kolam ikan yang oleh warga setempat di sebut mbalong sedondong raya.

Untuk menuju lokasi mbalong sedondong sangat mudah karena lokasinya bersebelahan dengan Asrama Militer 407 Wonopringgo Pekalongan, yaitu tepatnya di gang sriti 11. Mbalong sedondong raya adalah merupakan sebuah kolam tempat penangkaran ikan milik RT 09.

Kolam mbalong sedondong raya tersebut memanfaatkan aliran air kali embong, dimana kali embong sendiri adalah merupakan aliran sungai milik dinas perairan untuk mengaliri persawahan penduduk yang membelah dukuh kedawungrejo sedondong menjadi dua bagian yaitu wetan (timur) kali dan kulon (barat) kali yang keduanya di hubungkan oleh sebuah jembatan tua peninggalan belanda bernama jembatan ngepeh.

gambar indahnya kolam ikan koi desa

Pesona keindahan Kolam Ikan Mbalong Sedondong Raya Pekalongan Indonesia.
Berada dilokasi mbalong sedondong raya Anda akan disuguhi pemandangan sungai dan kolam yang berbalut dengan pemandangan hijaunya rumput juga rindangnya pepohan yang ada disana. Berbicara masalah udara, Anda tidak perlu meragukanya karena dengan banyaknya pepohon rindang dan juga kebun sengon yang ditanam warga menambah kesan kesejukan dan jauh dari polusi udara yang tidak mungkin Anda temui di kota besar seperti jakarta.

Walau bernama kolam mbalong sedondong raya, namun anda tidak akan menumukan buah kedondong sesuai dengan nama sedondong (kedondong). Kedondong sendiri merupakan buah yang unik, dimana buah kedondong menurut kebanyakan orang adalah buah yang memiliki kepribadian ganda, dimana luar buah tersebut memiliki penampilan yang rapi namun didalam buah tersebut menyimpan duri yang sangat tajam. Buah kedondong ini berbentuk bulat telur dengan rasanya yang manis – manis asam githu.

Baja juga tentang manfaat buah kedondong untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Asal usul desa Kedawungrejo Sedondong

Awal mula nama Sedondong  itu adalah warisan leluhur dari nenek  moyang masyarakatnya. Sedangkan nama Kedawungrejo adalah amanat dari alm. Mbah Rohmani. Menurut sumber yang saya kutip dari Grup Facebook Gayeng sedondong bahwa asal muasal nama Kedawungrejo merupakn buah pemikiran dari Alm Mbah Rohmani pada tahun 1980an dan hingga sekarang nama dukuh Kedawungrejo tersebut begitu menggema dan juga merupakan perwujudan baru dari Filsafat buah kedondong, untuk menepis keburukan mitos bahwa buah kedondong itu merupakan perwujutan dari sifat buruk.

Tempat keramat Manggisan Sedondong Raya 

Di sekitar kolam ikan mbalong sedondong raya terdapat pohon manggis yang menurut para tetua di kampung tersebut menyebutkan bahwa sebuah tempat yang bernama MANGGISAN merupakan tempat yang dikeramatkan atau terbilang angker. Masyarakat sedondong  sendiri hingga sekarang masih ada yang percaya bahwa manggisan adalah tempat keramat .

Dulu jika ada warga yang sedang hajatan seperti ada upacara pernikahn, sunatan dan yang lainya pasti akan meletakan sesajen di tempat tersebut. Namun seiring berjalanya waktu dan semakin rasionalnya pemikiran warga sedondong perlahan kebiasaan persembahan sesaji untuk tempat keramat manggisan mulai ditinggalkan. Cerita lainya di sebutkan bahwa sebagian Masyarakat sedondong raya termasuk para pemudanya masih percaya bahwa ada benda pusaka di sekitar manggisan .

Menurut sesepuh dusun sedondong yang sudah almarhum menyebutkan bahwa sebenarnya terdapat keris pusaka yang berdiri di ujung daun di sekitar manggisan dan hanya warga aseli dan keturunan aseli sedondong yang bisa mendapatkan pusaka keris tersebut.

Seiring berjalanya waktu masyarakat sedondong raya perlahan sudah banyak mengalami percampuran karena pernikahan yang menyebabkan adanya warga baru yang masuk sedondong dan sebaliknya ada pula warga sedondong yang keluar dari desanya karena pernikahan tersebut.

Kerukunan antar warga sedondong sampai sekarang masih tetap terjaga dengan baik antara anak - anak dengan kaum mudanya ataupun kaum muda dengan yang dewasa dan atau dengan  para orang tua dan tetua desanya. Demikian semoga bermanfat. Inilah desaku yang ku cinta #cayoindonesia.

Terimakasih telah membaca artikel | Keindahan Kolam Ikan Mbalong Sedondong Pekalongan | Silahkan boleh di Share.

Related Articles :