Inilah Sejarah Sepak Bola di Indonesia

Sejarah Sepak Bola di Indonesia . Beruntung bangsa indonesia pernah dijajah belanda (Sekedar ungkapan), beruntung Saya cinta dan bangga dengan Sepak Bola Indonesia dan Alhamdulilah beruntung Saya masih diberi kesehatan dan umur oleh Allah SWT, sehingga Saya masih bisa membuat tulisan ini.

Sepak Bola di Indonesia
Pada awalnya Sepak bola di Indonesia ini hanyalah sebagai sarana untuk kesenangan belaka, hingga ahirnya sepak bola mampu menjadi jembatan terbentuknya komunitas - komunitas dan menjadi alat perjuangan di masa pra-kemerdekaan.

Lalu pada ahirnya Sepakbola di Indonesia menjadi sebuah olahraga yang sangat dicintai pasca kemerdekaan hingga sekarang walaupun Timnas Indonesia masih kering prestasi di level Sepak Bola Dunia bahkan Asia sekalipun, namun Sepak Bola tetap menjadi Olah Raga terpopuler dan digemari hampir sebagian besar Masyarakat Indonesia.

gambar Sejarah Sepak Bola di Indonesia

Sejarah Sepak Bola di Indonesia
Sejarah sepak bola di Indonesia tidak lepas dari masa penjajahan belanda yaitu saat kedatangan bangsa Belanda ke Indonesia. Sepak Bola pada masa penjajahan di indonesia hanyalah sebagai permainan kaum kolonial, hingga kemudian Sepak Bola dimainkan oleh kaum Tionghoa dan juga pribumi.

Sepak bola saat itu menjadi sebuah simbol tumbuhnya Jong-jong (perhimpunan pemuda) di daerah yang berjuang untuk mencapai kemerdekaan melalui si kulat bundar tersebut. Peran Sepak Bola pada saat itu bukanlah untuk berperang, namun ditujukan sebagai alat persatuan para pemuda pada saat itu.

Pasca kemerdekaan, sepak bola menjadi alat perdebatan; apakah ia digunakan sebagai pelekat persatuan dan kesatuan, atau justru menjadi alat perpecahan dengan lahirnya kelompok suporter yang bermusuhan satu sama lain.

gambar Tim Sepak Bola Hindia Belanda (Timnas Indonesia )

Tim Sepak Bola Hindia Belanda (Timnas Indonesia ) 
Proses awal masuknya sepak bola di Indonesia tidak bisa di lepaskan dari masa penjajahan bangsa Belanda di Indonesia( jaman Hindia Belanda)  yang bahwa dalam proses kolonialisasi tersebut telah terjadi persilangan budaya salah satunya adalah budaya Sepak bola.

Sepak bola yang sejatinya berasal dari Inggris besar dan berkembang disebarkan melalui praktik kolonial di daratan Eropa, Amerika, Afrika, dan juga Asia.

Persebaran sepak bola ke kota-kota besar tak luput dari masyarakat Tionghoa dan masyarakat Bumiputera. Ini juga seakan-akan menegaskan bahwa sepak bola mudah diterima oleh sebagian golongan dan kalangan masyarakat yang ada di Hindia Belanda saat  itu, sehingga membuat olahraga ini sangat cepat penyebarannya di indonesia.

Sejarah juga mencatat bahwa Tim sepak bola Hindia Belanda adalah tim sepak bola yang mewakili Hindia Belanda yang merupakan koloni Belanda. Tim nasional ini ikut dalam kompetisi internasional yaitu Piala Dunia 1938 - 1947.

Video Rekaman Piala Dunia 1938 Hindia Belanda (Timnas Indonesia) vs Hongaria




Hindia Belanda pada tahun 1938 menjadi tim Asia pertama yang lolos ke Piala Dunia. Mereka bermain hanya satu pertandingan, dimana mereka kalah 6-0 atas Hongaria. Setelah Perang Dunia II dan dekolonisasi pada tahun 1947, timnas sepak bola Hindia Belanda secara resmi tidak ada lagi dan dilanjutkan oleh timnas sepak bola Indonesia. Demikian semoga bermanfaat.  Di kutip dari wikipedia dan Rappler.com.

Terimakasih telah membaca artikel | Inilah Sejarah Sepak Bola di Indonesia | Silahkan boleh di Share.

Related Articles :