3 daerah Indonesia yang terkenal dengan Kota buah

Tiga daerah Indonesia yang terkenal dengan kota buah. Takkan habis sejuta lagu Untuk menceritakan Indonesiaku kan  teramat panjang puisi Tuk menyuratkan cinta ini kepada Indonesia bahwa indonesia adalah negeri kaya dari ujung Banda Aceh sampai tanah papua.

Indonesia bukan seperti lirik lagu campursari Tak tandur pari jebul tukule suket teki. Indonesia seperti di ceritakan dalam lagunya Koesplus berjudul kolam susu “Orang bilang tanah kita tanah surga Tongkat kayu dan batu jadi tanaman” . Tahukah Kalian bahwa tanah indonesia telah menghasilkan sumber penghidupan bagi Masyarkatnyya diantaranya buah - buahan.

Berikut adalah Tiga daerah atau kota di Indonesia yang terkenal dengan buah - buahanya.

1. Daerah Indramayu (Mangga Indramayu)

gambar mangga indramayu cayo indonesia
mangga indramayu
Daerah atau kota Indramayu ini sangat sebagai  jalur pantura yang  ramai apalagi pas musim mudik lebaran tiba.  Indrawayu selain terkenal dengan dangdut panturanya juga sangat di kenal dengan daerah penghasil mangga yang rasanya gurih dan manis dikenal dengan sebutan pelem indramayu (Mangga Indramayu). Oleh - oleh khas indramayu yang lebih terkenal adalah mangga bukan makanan khas seperti daerah lainya.

Selain petani mangga banyak juga masyarakat sekitar yang punya pohon mangga di pekarangan rumahnya . Saat musim mangga tiba pantura indramayu di banjiri dengan pedagang mangga dan menjadi pemandangan tersendiri jika Anda lewat jalan pantura pas musim mangga. Ada banyak jenis mangga yang ada di Indramayu seperti mangga lalijiwo, manalagi, golek, gedong, gedong gincu, dll. Namun Orang lebih mengenal sebutan mangga Indramayu.

2. Kota Malang Jawa Timur (Apel Malang)

gambar apel malang indonesia
apel malang
Malang selain terkenal dengan wisata alamnya seperti bromo dan juga Gunung semeru juga dengan sepak bolanya Arema Malang. Tidak dapat dipungkiri lagi Orang mengenal atau menyebut malang dengan sebutan kota Apel.

Apel malang memang mempunyai kwalitas terbaik di Indonesia. Kota Batu di malang adalah salah satu kota  yang sangat terkenal dengan perkebunan apelnya. Dikota batu tersebut dengan cuaca alamnya yaitu  pegunungan Kita bisa menikmati makan apel langsung dari kebunya.

Salah satu wisata malang yang terkenal dengan wisata kebun apel adalah Kusuma Agrowisata Batu malang. Di tempat tersebut anda dapat langsung memetik sendiri buah apel dari pohon dan ditemani oleh pemandu kusuma agrowisata. Bahkan di malang sendiri banyak terdapat oleh - oleh khas olahan dari buah apel keripik apel dan lain -lain .

3. Daerah Papua (Matoa)

gambar Buah matoa papua indonesia
matoa papua
Buah Matoa termasuk buah langka indonesia. Buah matoa  jarang sekali di jual di toko – toko atau lapak  buah. Matoa sendiri merupakan buah khas dari daerah Papua.  Buah matoa memiliki bentuk luar  buah yang mirip dengan buah klengkeng namun memiliki warna yang berbeda .

Artikel Terkait Daftar Julukan Kota di Indonesia dari Jawa hingga Papua

Bentuk isi dan rasa  buah matoa  hampir sama dengan buah rambutan. Namun dengan rasa manis yang agak berbeda. Buah Matoa terdapat dua jenis berdasarkan warna kulitnya yaitu Matoa Kelapa dengan kuliat berwarna kuning tua serta ada juga Matoa Papeda dengan warna kuliat ungu tua.  Kota Jayapura adalah merupakan salah satu kota penghasil buah matoa. Demikian semoga bermanfaat.

Terimakasih telah membaca artikel | 3 daerah Indonesia yang terkenal dengan Kota buah | Silahkan boleh di Share.

Related Articles :