Ini dia Stadion Sepak Bola Termegah saat ini yang ada di Indonesia

Ini dia Stadion Sepak Bola Termegah dan mewah saat ini yang ada di Indonesia. Mari Kita jaga bersama aset stadion-stadion Indonesia yang sudah bagus dan mewah tersebut, jangan dirusak apalagi dikotori dengan tulisan-tulisan dan coretan NDESO yang tidak penting.

gambar Stadion Sepak Bola Termegah saat ini yang ada di Indonesia
Stadion Sepak bola termegah saat ini yang ada di Indonesia. Olahraga Sepak Bola adalah jenis olah raga yang digemari dan disukai oleh hampir semua lapisan Masyarakat di indonesia, baik tua , muda , anak-anak, laki -laki, perempuan, kaya , miskin, semua hampir suka bermain atau sekedar menonton pertandingan Sepak Bola. Kecintaan Masyarakat indonesia dengan sepak bola bisa dilihat dari banyaknya penonton yang datang memenuhi stadion tempat diselenggarakanya pertandingan sepak bola.

Tim-tim sepak bola peserta liga indonesia pun memiliki basis suporter bola yang fanatik disetiap daerah di indonesia. Sebut saja Klub sepak bola indonesia macam Areman, Persib Bandung hingga klub devisi kelas dua seperti Persip Pekalongan mempunyai puluhan bahkan ratusan ribu supoter yang selalu memadati setiap tim kebanggaan Mereka bertanding.

Untuk level Timnas Nasional sendiri, setiap laga pertandingan Timnas Indonesia selalu ditonton jutaan pasang mata penduduk Indonesia baik secara langsung di stadion ataupun menyaksikan siaran live pertandingan sepak bola melalui layar kaca. Rating acara live sepak bola indonesia selalu menempati peringkat atas, apalagi jika Timnas indonesia yang bertanding .

Jika Timnas indonesia bertanding di stadion GBK Jakarta , semua lawan yang dihadapi timnas indonesia selalu membahas bagaimana fanatiknya supoter Timnas Indonesia. Kecintaan Masyarakat indonesia terhadap sepak bola dan Timnas indonesia tidak bisa disangkal dan diragukan lagi.

Namun apakah dengan animo besar pendukung sepak bola di indonesia sudah dibarengi dengan ketersedian sarana stadion yang memadahi dan nyaman layaknya stadion-stadion di luar sana yang mewah dan megah seprti Wembley Stadium, Camp Nou dan yang lainya. Untuk menjawab hal tersebut, berikut adalah Beberapa Stadion Sepak Bola Terbaik yang ada di Indonesia .

1. Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta 


gambar baru Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta

Stadion yang terdapat di kawasan komplek olahraga Senayan, Jakarta ini merupakan stadion terbaik dan terbesar yang ada di Indonesia hingga pas ini, sebab punya kapasitas yang besar yaitu 88.083 penonton (setelah renovasi untuk pergelaran Piala Asia 2007), lebih-lebih terhadap awal pembangunannya era 60-an, kapasitas stadion ini mencapai 100.000 penonton, terbesar di Dunia  .
Selain itu kualitas rumput stadion GBK yang terbaik di Asia, rumput kualitas terbaik di dunia untuk lapangan sepakbola.

Ciri khas stadion GBK atapnya yang melingkar seperti cincin yang dinamakan "Temu Gelang". Atap stadion ini terhitung merupakan simbol kemajuan arsitektur di era pembangunanya, sebab rangka atap ini tidak ada penopang atau tiang baja dibagian bawah atapnya.

Stadion ini diberi nama Gelora Bung Karno sebab untuk menghargai presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno sebagai penggagas dibangunnya komplek olahraga Senayan .
Dengan cakupan 84% sebagai kawasan area terbuka hijau untuk resapan air bersama lingkungan hijau seluas 67,5%. Terdapat banyak type burung liar dan pepohonan langka yang rindang yang mengitari kawasan GBK, menjadikan unik tempat ini, mengingat GBK Berada di pusat kota.
Hingga kini, kawasan GBK telah digunakan untuk beragam event olahraga, konser artis dunia, tes masuk instansi tertentu maupun kampanye politik.

Mulai tahun 2016 kawasan GBK tengah direnovasi kembali untuk penyelenggaraan Asian Games 2018, dan kapasitas stadion ini akan berkurang  menjadi  kira-kira 78.000 kursi sebab akan mengfungsikan tempat duduk single-seat dan membongkar tempat duduk lama yang berjejer berasal dari kayu Jati yang dibuat pertama kali stadion ini dibangun.
Baca pembangunan Stadion GBK dan Komplek Olahraga Senayan di Sejarah Asian Games IV tahun 1962 Jakarta. 
Data Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta 
  • Lokasi  : Senayan, Jakarta
  • Dibangun  : 8 Februari 1960
  • Kandang berasal dari : Tim Nasional Indonesia dan pernah juga dipakai sebagai home Persija Jakarta
  • Kapasitas  : 100.000 (1960), 88.083 (2007), Renovasi terbaru GBK kapasitas menjadi 78.000 (2018)
  • Tipe Stadion : Stadion madya (olimpik), Stadion sepakbola lama
  • Event besar :  Asian Games (1962), Piala Asia (2007), SEA Games (1979, 1987, 1997, 2011), Piala AFF (2002, 2008, 2010)
2. Stadion Patriot Bekasi


gambar Stadion Patriot Bekasi

Stadion yang  jika dilihat dari kejauhan atau drone ini, sekilas sama kaya stadion Allianz Arena. Stadion ini dibangun pada 1980, dalam rangka jadi tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat IV th. 1984.

Pada awal th. 2011, stadion yang awalnya bernama Stadion Bekasi ini di renovasi, menghabiskan cost sebesar 450 miliar Rupiah hasil dari APBD Kota Bekasi dan bantuan anggaran dari pemerintah Provinsi Jawa Barat. Selanjutnya stadion ini selesai direnovasi pada 11 Maret 2014 yang bertepatan bersama HUT Kota Bekasi.

Stadion Patriot Bekasi berdiri megah di atas lahan 9,1 hektar, dengan layanan pendukung dan keadaan fisik stadion ini sangat bagus. Stadion Patriot Bekasi memiliki tempat parkir kendaraan roda empat mencapai 4.000 unit, plus parkir roda dua sekitar ratusan ribu unit, lalu terdapat pula gedung berlantai tiga seluas 95.000 meter persegi untuk parkir.

Stadion Patriot Bekasi  berkapasitas 30.000, digunakan oleh klub Persipasi Kota Bekasi dan juga di sewa persija jakarta sebagai kandang di dalam mengarungi persaingan Liga Indonesia .

Data Stadion Stadion Patriot Bekasi
  • Lokasi  : Kota Bekasi, Jawa Barat
  • Dibangun  : 1980
  • Diresmikan : 1984 (sebelum renovasi total), 2014 (setelah renovasi total)
  • Kandang dari : Persipasi Kota Bekasi , Persija Jakarta (Hingga saat ini)
  • Kapasitas  : 30.000
  • Tipe stadion : Stadion madya (olimpik), Stadion sepakbola lama
  • Event besar :  - Pekan Olahraga Nasional XIX (2016)
3. Stadion Wibawa Mukti Cikarang


gambar Stadion Wibawa Mukti Cikarang

Stadion berkapasitas 40.000 pemirsa ini terletak di Desa Sertajaya, Cikarang, Kabupaten Bekasi. Dibangun oleh pemerintah Kabupaten Bekasi didalam rangka menjadi tuan rumah PORDA Jawa Barat XII 2014 dan PON Jawa Barat XIX 2016, dan juga telah diajukan untuk menjadi  salh satu venue penunjang  Asian Games 2018.

Sebelum dinamai Wibawa Mukti, stadion ini bernama Stadion Jababeka dan Stadion Utama Kabupaten Bekasi. Dibandingkan Stadion Patriot yang juga berada di Bekasi, Wibawa Mukti unggul didalam faktor akses dan kapasitas hingga dua kalinya.

Selain lapangan yang memiliki kwalitas bagus, dengan proses drainasenya yang baik dan tribun penontonnya yang megah, terdapat juga 8 lintasan atletik. Selain itu papan skor memakai elektrik. Toilet, area bangku pemain, area konferensi pers, area wasit didesain modern.

Data Stadion Stadion Wibawa Mukti Cikarang
  • Lokasi  : Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat
  • Dibangun  : 2009
  • Diresmikan : 2016
  • Kandang dari : Persikasi Kabupaten Bekasi, Bekasi City F.C.
  • Kapasitas  : 40.000
  • Tipe stadion : Stadion madya (olimpik), Stadion sepakbola lama
  • Event besar :  Pekan Olahraga Nasional XIX (2016)
4. Stadion Pakansari Cibinong Bogor


gambar Stadion Pakansari Cibinong Bogor

Megahnya Stadion Pakansari  sampai publik sepakbola Indonesia, ketika stadion berkapasitas 30.000 tempat duduk ini , ketika ditunjuk sebagai  laga kandang  timnas Indonesia pada perhelatan Semi-final Piala AFF 2016. Alasan ditunjuknya Pakansari adalah Gelora Bung Karno, yang notabene jadi kandang timnas Indonesia di laga-laga Internasional tengah direnovasi untuk penyelenggaraan Asian Games 2018.

Stadion Pakansari memiliki pesona yang tidak kalah dari stadion-stadion besar lainnya. Stadion Pakansari memiliki hawa yang sejuk, karena dikelilingi oleh bukit dan pegunungan. Fasilitas stadion ini pun tidak kalah mentereng. Rumput kualitas baik, dan sudah disempurnakan Bangku penonton single-seat dan menggunakan papan skor elektronik. Selain itu akses menuju stadion ini sangat mudah ditempuh, perjalanan melalui Jalan Raya Bogor atau Tol Sentul  jikalau Anda inginkan lihat pertandingan di Pakansari.

Hadirnya Stadion Pakansari sendiri jadi sarana olahraga yang pas untuk warga Bogor atau Cibinong khususnya. Area olahraga layaknya jogging track ada disekitar stadion.  Pakansari yang berada di Kabupaten Bogor, secara otomatis jadi kandang dari tim Persikabo Kabupaten Bogor. Di liga 1 Indonesia PS TNI juga menggunakan Stadion Pakansari untuk laga kandang mereka.

Data Stadion Stadion Pakansari Cibinong Bogor
  • Lokasi  : Bogor, Jawa Barat
  • Dibangun  : 2011
  • Diresmikan : 2016
  • Kandang dari : Persikabo Kabupaten Bogor, PS TNI
  • Kapasitas  : 30.000
  • Tipe stadion : Stadion madya (olimpik), Stadion sepakbola lama
  • Event besar :  Pekan Olahraga Nasional XIX (2016)
5. Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) 


gambar Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)

Gelora Bandung Lautan Api dibangun dengan menghabiskan dana sekitar 545 miliar rupiah, merupakan kandang  dari  Persib Bandung. Kemegahan stadion ini sanggup kita lihat dari pinggir jalur tol Cileunyi-Padalarang (kira-kira KM 149-151), begitu juga dikala kita memanfaatkan transportasi pesawat terbang, saat take-off atau landing di Bandara Husein Sastranegara, Bandung.
Rencana awal pembuatan stadion ini untuk digunakan sebagai penyelenggaraan PON XIX 2016 yang diadakan di Provinsi Jawa Barat.

Kapasitas stadion ini adalah 38.000 kursi, dan kursi yang digunakan kualitasnya mirip dengan kursi yang tersedia di stadion Old Trafford, dan disusun dengan pola kembang yang mewakili ciri khas dan julukan dari kota Bandung sendiri , yaitu "kota kembang".

Stadion ini cukup kontroversial dan disorot oleh FIFA dan AFC, sebab faktor lokasi yang tidak terlalu strategis dan sulitnya akses transportasi menuju kawasan stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Desain arsitektur atap tidak cukup baik sebab jika hujan airnya tampias, dan penonton pastinya bakal kebasahan, padahal stadion ini ada atap. Entah desain yang sebetulnya telah baik tetapi biayanya "dikorupsi atau disalahgunakan" atau memang sengaja dibuat seperti itu. Bagaimanapun, stadion ini telah jadi kebanggaan masyarakat  Jawa Barat dan khususnya Warga Bandung  karena Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) adalah kandang Persib Bandung  dalam mengarungi Liga 1 Indonesia.

Data Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) 
  • Lokasi  : Bandung, Jawa Barat
  • Dibangun  : Oktober 2009
  • Diresmikan : 9 Mei 2013 (soft launching)
  • Kandang berasal dari : Persib Bandung
  • Kapasitas  : 38.000
  • Tipe stadion : Stadion madya (olimpik), Stadion sepakbola lama
  • Event besar :  Pekan Olahraga Nasional XIX (2016)
6. Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya


gambar Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya

Stadion ini terdapat di Kecamatan Benowo, Surabaya Timur dan masuk di dalam komplek olahraga Surabaya Sport Center dan dikategorikan sebagai stadion multifungsi atau serbaguna. Gelora Bung Tomo dibangun dengan ongkos sebesar 440 miliar Rupiah, yang  berasal dari dana pemerintah daerah Kota Surabaya.  Stadion ini menjadi salah satu stadion termegah di Jawa dan Indonesia. Namun sayang wilayah stadion ini kurang bagus, karena terdapat ditengah-tengah tambak warga, hingga terlihat tidak elit.

Stadion yang dibuka  pada 2010 ini menjadi kandang  dari klub Persebaya Surabaya, yang dulu bermarkas di stadion Gelora 10 November yang sekarang sudah tua dan dinilai udah kurang layak mutu dan kapasitasnya untuk menampung puluhan ribu Bonek (sebutan untuk suporter Persebaya) yang sangat loyal dan fanatik.

Data Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya
  • Lokasi  : Surabaya, Jawa Timur
  • Dibangun  : 2008
  • Diresmikan : 6 Agustus 2010
  • Kandang berasal dari : Persebaya Surabaya
  • Kapasitas  : 55.000
  • Tipe stadion : Stadion madya (olimpik), Stadion sepakbola lama
  • Event besar : 
7. Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang


gambar Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang

Stadion ini dibangun pada tanggal 1 Januari 2001 didalam rangka penyelenggaraan PON XVI kala Kota Palembang ditunjuk sebagai penyelenggara pada tanggal 2 September 2004. Terletak pada komplek olahraga Jakabaring Sport City yang luasnya meraih 325 hektar, yang merupakan komplek olahraga terpadu yang terbesar dan terbaik di Indonesia, sebab terdapat Wisma Atlet dan Gedung Sport Science. Stadion Gelora Sriwijaya disebut-sebut berada di urutan ke-3 terbesar sebagai stadion multifungsi sehabis stadion Gelora Bung Karno di Jakarta dan Stadion Palaran di Samarinda.

Keistimewaan atau ciri khas stadion ini terdapat pada atap yang bersifat seperti perahu dan layar terkembang sebagai lambang kejayaan maritim kemaharajaan Sriwijaya pada masa lampau yang berpusat di Palembang sekarang.

Stadion ini sudah digunakan untuk event besar seperti jadi Tuan Rumah Piala Asia 2007 di Indonesia dengan Gelora Bung Karno, SEA Games 2011 termasuk dengan Gelora Bung Karno dan Islamic Solidarity Games pada th. 2013.

Kini stadion ini aktif digunakan sebagai kandang  dari Sriwijaya F.C. untuk mengarungi kompetisi domestik maupun Asia. Kini didalam Gelora Sriwijaya Jakabaring direnovasi untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 Jakarta Palembang.

Data Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang
  • Lokasi  : Palembang, Sumatera Selatan
  • Dibangun  : 1 Januari 2001
  • Diresmikan :
  • Kandang berasal dari : Sriwijaya F.C.
  • Kapasitas  : 45.000
  • Tipe stadion : Stadion madya (olimpik), Stadion sepakbola lama
  • Event besar :  Piala Asia (2007), SEA Games (2011), Islamic Solidarity Games (2013), Pekan Olahraga Nasional XVI (2004)

8. Stadion Aji Imbut Kalimantan Timur


gambar Stadion Aji Imbut Kalimantan Timur

Stadion yang menjadi kandang dari Mitra Kukar ini awalnya termasuk dibangun untuk PON XVII tahun 2008. Namun baru Maret 2011, stadion ini diresmikan oleh Gubernur Awang Faroek Ishak, dan diberi nama GOR Aji Imbut.

Terletak dilahan sekitar 100 hektar, Stadion yang termasuk memiliki nama lain Stadion Perjiwa ini berdiri dengan sejumlah prasarana lainnya layaknya arena velodrome indoor (arena balap sepeda di dalam ruang), gedung beladiri, arena equistrian, stadion panahan arena sepeda BMX dan asrama atlet.
Pembangunan stadion ini diperkirakan menelan biaya sekitar 899 milyar Rupiah. Kemegahan dan keindahan desain stadion ini terlihat dari bentuk atap stadion yang begitu indah dengan rangka baja lengkung raksasa sebagai penopang stadion. Selain itu trek atletik stadion ini menggunakan permukaan sintetis.

Data Stadion Stadion Aji Imbut Kalimantan Timur
  • Lokasi  : Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
  • Dibangun  : Oktober 2007
  • Diresmikan : Maret 2011
  • Kandang berasal dari : Mitra Kukar F.C.
  • Kapasitas  : 35.000
  • Tipe stadion : Stadion madya (olimpik), Stadion sepakbola lama
  • Event besar  : -
9. Stadion Utama Palaran Kalimantan Timur 


gambar Stadion Utama Palaran Kalimantan Timur

Stadion Utama Palaran dibuat oleh pemerintah Provinsi Kalimantan Timur sebagai venue dari penyelenggaraan PON XVII th. 2008, dan diresmikan oleh Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono.

Pembangunan  Stadion Utama Palaran menelan ongkos lebih kurang 800 milyar Rupiah, dan merupakan salah satu stadion termahal di Indonesia. Desain dari stadion ini didesain oleh tim arsitek berasal dari Institut Teknologi Surabaya. Selain itu stadion ini memiliki kapasitas yang lumayan besar, yaitu lebih kurang 55.000 dengan tempat duduk single-seat. Infrastruktur stadion ini setara dengan stadion tim-tim menengah liga Inggris.

Maksud pembangunan stadion ini  sebagai persiapan untuk  stadion cadangan Gelora Bung Karno di Jakarta. Namun kabarnya stadion ini sempat tidak terurus dan seolah-olah ditelantarkan begitu saja, begitu juga termasuk dengan fasilitas-fasilitas penunjang yang tersedia di di dalam komplek gelanggang olahraga Palaran Samarinda ini.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memahami kabar tidak baik itu, lalu mengadakan turnamen Piala Gubernur Kaltim pada th. 2016 yang diikuti tim-tim liga Indonesia sebagai ajang pemanasan di dalam menghadapi kompetisi  Liga Indonesia sesungguhnya, yang salah satu venue turnamen tersebut adalah Stadion Utama Palaran ini.

Data Stadion Stadion Utama Palaran Kalimantan Timur 
  • Lokasi  : Samarinda, Kalimantan Timur
  • Dibangun  : 2005
  • Diresmikan : 18 Juni 2008
  • Kandang berasal dari : -
  • Kapasitas  : 55.000
  • Tipe stadion : Stadion madya (olimpik), Stadion sepakbola lama
  • Event besar : - Pekan Olahraga Nasional XVII (2008)
10. Stadion Batakan Balikpapan


gambar Stadion Batakan Balikpapan

Stadion Batakan dibangun pemerintah Kota Balikpapan dengan berstandar Internasional untuk menggantikan Stadion Parikesit yang pada mulanya jadi kandang dari Persiba Balikpapan. Pembangunanya menghbiskan biaya sekitar 1,1 Trilyun Rupiah, hingga jelas bahwa stadion ini adalah stadion megah nan mewah.

Stadion Batakan sendiri memang sudah dibangun sejak 2012, tapi terhalang pembebasan lahan dan pencairan dana. Tetapi di tahun 2016 pengerjaan stadion ini dilanjutkan dan dipercepat sampai target selesai pada Juli 2017.

Stadion Batakan mempunyai keistimewaan dibandingkan stadion-stadion besar di Indonesia lainnya, yaitu merupakan stadion berkategori modern. Dalam arti, stadion ini hanya dikhususkan untuk pertandingan sepakbola saja, tanpa lintasan atletik. Desain tribun dari stadion ini sedikit serupa  Emirates Stadium di London. Kelebihan lainnya yaitu rumput yang digunakan dan sistem drainase juga berkualitas terbaik, ruang ganti pemain, toilet, ruang konferensi pers, ruang wasit, seutuhnya didesain dengan begitu mewah.

Stadion Batakan merupakan kandang dari Persiba Balikpapan yang namanya sempat masuk klub elit Indonesia di masa awal 2000-an, sebelumnya "menumpang" di stadion Parikesit, yang merupakan stadion PT. Pertamina. Klub Persiba menyewa  Stadion Parikesit  sampai kontrak habis menjelang tahun 2019, dikarenakan lahan Stadion Parikesit bakal dialih fungsikan oleh pihak Pertamina selaku pemilik lahan.

Data Stadion Stadion Batakan Balikpapan
  • Lokasi  : Balikpapan, Kalimantan Timur
  • Dibangun  : 2012
  • Diresmikan : 2017
  • Kandang dari : Persiba Balikpapan
  • Kapasitas  : 40.000
  • Tipe stadion : Stadion sepakbola modern
  • Event Besar : -
11. Stadion Utama Internasional Riau


gambar Stadion Utama Internasional Riau

Stadion Utama Internasional Riau, mulai dibangun pada tahun 2009, dan stadion ini diprediksi akan menjadi  stadion modern termegah di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara dikarenakan bentuk stadion ini yang unik, seperti dome atau kubah pada desainnya.

Dengan dana yang mencapai 1,18 trilliun Rupiah, tidak heran jikalau stadion ini punyai kapasitas yang baik, dengan kursi single-seat tahan api yang didatangkan dari Jerman, dan punya kapasitas yang memadai besar, yaitu 44.000 kursi.

Stadion ini dibangun didalam rangka penyelenggaraan PON XVIII pada 2012 bersama Provinsi Riau yang ditunjuk sebagai Tuan Rumah. Stadion Utama Internasional Riau pernah dipakai untuk kualifikasi Piala Asia U-22.

Stadion ini tidak terawat dan terkesan ditelantarkan, tidak ada aktifitas olahraga maupun pertandingan-pertandingan olahraga yang dimainkan di stadion ini. Masalah ini akibat adanya kepemilikan yang tidak tahu antara pemerintah Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru. Masalah ini pun juga berimbas pada klub lokal PSPS Pekanbaru yang tadinya direncanakan akan memakai stadion ini lantas tidak mendapatkan perizinan dari pemerintah Provinsi Riau yang mengklaim sebagai pemilik resmi stadion ini.

Data Stadion Stadion Utama Internasional Riau
  • Lokasi  : Pekanbaru, Riau
  • Dibangun  : Oktober 2009
  • Diresmikan : 2012
  • Kandang berasal dari : PSPS Pekanbaru
  • Kapasitas  : 44.000
  • Tipe stadion : Stadion madya (olimpik), Stadion sepakbola lama
  • Event besar :  - Pekan Olahraga Nasional XVIII (2012), Kualifikasi Piala Asia U-22 (2012)
Demikian beberapa Stadion Sepak Bola Termegah saat ini yang ada di Indonesia . Mari Kita jaga bersama aset stadion-stadion Indonesia yang sudah bagus dan mewah tersebut, jangan dirusak apalagi dikotori dengan tulisan-tulisan dan coretan NDESO yang tidak penting. Semoga bermanfaat. Silahkan share dan sebarkan. #cayoindonesia

COMMENTS

Nama

#UbahJakarta AdSense Ajang Miss Internet Indonesia Alfian Pamungkas Sakawiguna Arti Logo pariwisata Indonesia Asian Games 2018 Jakarta Palembang Balai Pustaka Bandara Silangit Banten Belajar Tutorial Photoshop Pemula Blackberry Aurora Merah Putih Booking Online Gunung BRIsat Buku Satra Indonesia BUMDes Bunaken Manado sulawesi Indonesia Bung Karno Bunga Bangkai cara Membudidayakan Gaharu Pohon termahal Catfiz Messenger aplikasi buatan Anak Negeri Cerita dari timur Cerita Legenda Indonesia Cerita Mistis Gunung Cerita Rakyat Indonesia Contoh dan Cara membuat Foto Siluet Daftar Hari - hari Besar Penting Indonesia Daftar Nama Orang Terkaya di Indonesia Daftar negara bebas visa Danau Ranu Kumbolo danau toba DCF Desa Sawai dengan sungai keramiknya Desa Sedondong Pekalongan Dieng Culture Festival Eko Wisata Petungkriono Erupsi Gunung Sinabung event di wisata Candi Borobudur di tahun 2017 Extrim Film Film Negeri Dongeng Film Pendakian foto Kemegahan Kapal KRI Bimasuci Indonesia Foto Keren Fungsi Tool pada Photoshop Gaji DPR Garuda Indonesia Travel Fair berburu Tiket Murah Gerhana Matahari Total Gunung Kerinci Gunung Latimojong Gunung Nona Sulsel Gunung Rogojembangan Pekalongan Gunung Semeru Gunung Slamet 3.676 mdpl hari nusantara Heboh Tanaman Bunga Bangkai diPekalongan Hotel Hotel dekat Ancol Hotel murah di pekalongan idr to usd Indonesia Indonesia Tourism Indonesiaku Info Gunung Info Kontak Gunung Inspirasi 60 Tahun Astra Inspirasi Indonesia IRONMAN Triathlon World Championship Jadwal Kualifikasi Piala Asia U-23 Timnas Indonesia Live RCTI Jadwal Timnas U-19 AFF 2017 jalur pendakian jalur pendakian gunung prau jalur pendakian gunung slamet 3.676 mdpl Jalur Pendakian Gunung Sumbing Jateng Gayeng Jembatan Surobayan Jual Karya Seni Kampung Berkelir Tangerang Kata - kata Bijak Mutiara kata kunci kata motivasi pecinta alam Kebun Strawberry Kerajinan Koran Bekas Keris Indonesia Warisan Budaya Dunia Kesehatan kesenian Wayang Kisah Inspiratif pendakian Max dan Mom Kisah Legenda Malin Kundang Kode Etik Pencinta alam komentar Korban Semeru Kota Tertinggi di Dunia KRI Bimasuci KRI Dewaruci KRI Tarakan-905 Kucing membantu pendaki tersesat Kuliner Lagoy Bay Lagu Daerah legenda Asal-usul Nyi Blorong Legenda Batu Cinta Situ Patenggang Lelaki Pendaki Liburan Hemat Biaya dengan fitur wisata Google Flights Lirik Lagu Daerah Live CCTV Online Jakarta Monas Logo kemerdekaan RI terbaru Logo wisata Jawa Tengah indonesia Lowongan Penerimaan CPNS 2017 mahameru Masa Penjajahan memahami dasar-dasar area kerja pada photoshop Memanfaatkan Smartphone untuk Belajar Bahasa Inggris Meru Militer Indonesia Mitos tanjakan Cinta Monas MRT Jakarta Museum Batik Pekalongan Nama-nama Tari di Indonesia Nara Masista Diplomat Cantik Indonesia Niche high cpc Nol Kilometer Indonesia Nusa Dua Bali nusantara indonesia Obat Alami agar Jantan dan Perkasa Obat Alami Ambeien atau Wasir Obat Alami Impotens Obat Alami Penis Loyo Obat Alami susah Kencing Obat Tradisional Ambeien Obat Tradisional Indonesia Panjat tebing Pantai Ancol Pekalongan Pelajaran Berharga dari Petualangan Alexander Supertramp Pemuda Indonesia Pendaki berhijab Pendaki Cantik pendaki Gunung pendakian gunung prau Penggunungan Sampah Pengibaran Merah Putih pesona alam Indonesia Pesona Indonesia PILKADA 2017 Pilpres AS Pohon Gaharu Indonesia Profil Dian Pelangi Profil Ima Matul Maisaroh Mantan TKW indonesia proklamasi indonesia Pulau Bintan Puncak Garuda Merapi Puncak Jaya Cartensz Pyramid Quote Pendaki Gunung Raflesia Raja Ampat Island Raja Arab Berlibur di Bali Raja Arab Ke Indonesia Ramang-ramang Ramuan Alami agar Wajah jadi berseri Ramuan Mengobarkan Gairah Wanita Frigid Ramuan Pasutri Ramuan Tradisonal Susah Buang Air Kecil Referensi Buku Rinjani Rita ruby hartland Mars Pencinta Alam Rock Climbing image Sejarah Indonesia Sejarah industri pesawat terbang Indonesia Sejarah Sepak Bola di Indonesia Sejarah Tahu Sumedang Sejarah Timur-Timor Sekolah Alam Pekalongan Sembilan program (Nawa Cita) Jokowi-JK Seni & budaya Seputar Tips Seven Summits Indonesia Soe Hok Gie SOE HOK-GIE SEKALI LAGI sosok perempuan penenun diuang kertas lima ribu rupiah Srikandi T Tanaman Obat Taukah Anda Taukah Anda. Terimakasih Pak Ahok Timnas Indonesia Tindakan Mencoret Bendera Indonesia tidak dibenarkan Tips Diet Sehat dan Alami Tips Wanita dan Kecantikan Top Featured Tour and Travel Tragedi mengerikan Kawah Sinila Dieng Tahun 1979 travel in indonesia Travel Perjalanan Tuju Gunung Tertinggi Indonesia tutorial blog video Virus Pesona Indonesia Slank Welo River Wisata Bahari Wisata Bandung Wisata Batu Purbakala watu bahan Pekalongan Wisata budaya ke Puncak Rahtawu Wisata Indonesia Wisata Jakarta wisata Jawa Tengah indonesia Wisata NTT Wisata Pantai Jodo Batang Jawa Tengah Wisata Religi Wisata Rumah Pohon Wisata Unik Wonderful Indonesia
false
ltr
item
:: Cayo Indonesia: Ini dia Stadion Sepak Bola Termegah saat ini yang ada di Indonesia
Ini dia Stadion Sepak Bola Termegah saat ini yang ada di Indonesia
Ini dia Stadion Sepak Bola Termegah dan mewah saat ini yang ada di Indonesia. Mari Kita jaga bersama aset stadion-stadion Indonesia yang sudah bagus dan mewah tersebut, jangan dirusak apalagi dikotori dengan tulisan-tulisan dan coretan NDESO yang tidak penting.
https://4.bp.blogspot.com/-YgqwkG_dYqk/WX5IA99JsYI/AAAAAAAADv0/4e_Wt4I_W2EfNAnHf5_1KOnlxpEo6o8-gCLcBGAs/s320/Ini%2Bdia%2BStadion%2BSepak%2BBola%2BTermegah%2Bsaat%2Bini%2Byang%2Bada%2Bdi%2BIndonesia.png
https://4.bp.blogspot.com/-YgqwkG_dYqk/WX5IA99JsYI/AAAAAAAADv0/4e_Wt4I_W2EfNAnHf5_1KOnlxpEo6o8-gCLcBGAs/s72-c/Ini%2Bdia%2BStadion%2BSepak%2BBola%2BTermegah%2Bsaat%2Bini%2Byang%2Bada%2Bdi%2BIndonesia.png
:: Cayo Indonesia
http://www.indonesiacayo.com/2017/07/ini-dia-stadion-sepak-bola-termegah.html
http://www.indonesiacayo.com/
http://www.indonesiacayo.com/
http://www.indonesiacayo.com/2017/07/ini-dia-stadion-sepak-bola-termegah.html
true
2299544268092730493
UTF-8
Not found any posts Lihat Semua Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH Semua Artikel Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy