Sejarah Perangko Pertama yang ada di Indonesia

Sejarah Perangko Pertama yang ada di Indonesia. Perangko merupakan benda berharga yang fungsi utamanya sebagai  biaya pengiriman surat - menyurat. Perangko jaman dulu juga sebagai wahana untuk menyampaikan pesan mengenai berbagai kepentingan.

Sejarah sebelum Sebelum perangko tercipta, pelunasan biaya pengiriman surat menyurat dilakukan dengan cara membayar sejumlah uang tunai yang cara pembayaranya dilakukan secara tunai dengan membayar terlebih dahulu oleh si pengirim surat atau ada pula yang harus dibayar oleh si penerima alamat.
gambar Sejarah Perangko Pertama yang ada di Indonesia
Taukah Anda bahwa sejarah Perangko pertama yaitu diterbitkan di Inggris pada tanggal 6 Mei 1840 yakni perangko Penny Black, setelah itu berkembang ke beberapa negara termasuk juga ke Indonesia.

Mengingat banyaknya lalu lintas surat antara Negeri Belanda dengan negara jajahannya yang utama saat itu, yaitu Ned Indie (sekarang Indonesia), akhirnya diterbitkan perangko pertama Ned Indie pada tahun 1864 bergambar Raja Belanda waktu itu Willem III nilainya 10 cent. Dan Perangko Willem III inilah yang menjadi perangko pertama di negara Indonesia.

Saat ini perangko Ned Indie pertama tersebut sudah menjadi barang langka yang berharga tinggi dan banyak dicari oleh para filatelis (kolektor perangko). Berdasarkan info bahwa Perangko pertama di indonesia Willem III harganya bisa mencapai  sekitar Rp 2 miliar dan semakin lama harganya bisa saja semakin meningkat. Demikian semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Terimakasih telah membaca artikel | Sejarah Perangko Pertama yang ada di Indonesia | Silahkan boleh di Share.

Related Articles :