Lima Ribu Rupiah Gambarkan Pesona Wisata Gunung Kelimutu

Pesona wisata Gunung Kelimutu masuk dalam kawasan wisata Taman Nasional Kelimutu, nama Kelimutu sendiri berasa dari paduan kata “Keli” yang bermakna gunung dan “Mutu” yang bermakna mendidih. Gunung Kelimutu memiliki ketinggian 1.639 mdpl. Lokasi Gunung Kelimutu berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Flores, NTT.

Gunung Kelimutu  mempunyai keindahan tersendiri dari gunung-gunung yang berada di Indonesia, pasalnya Gunung Kelimutu memiliki tiga danau yang terbentuk berasal dari letusan Gunung Kelimutu beberapa tahun silam, Air danu kelimutu warnanya unik dan berbeda-beda. Keindahan Gunung Kelimutu bersama dengan pesona danau tiga warnanya itu bahkan dulu diabadikan dalam potret Uang rupiah pecahan 5000 Indonesia.

Lima Ribu Rupiah Rupiah Gambarkan Pesona Wisata Gunung Kelimutu

Dinding Danau Gunung Kelimutu tergolong terjal dan curam gara-gara memiliki kemiringan 60 sampai 70 derajat. Ketiga danau kawah gunung kelimutu memiliki keindahan yang terlampau mengagumkan dan begitu indah yang mampu jadi kekuatan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung .

Dari puncak gunung kelimutu, pengunjung mampu melihat pemandangan 360 derajat yang melingkari danau Kelimutu. Danau Kelimutu juga merupakan tempat yang pas untuk melihat sunrise. Summit di gunung kelimutu tidak terlalu sulit bagi yang terbiasa mendaki gunung, pasalnya trek gunung kelimutu sudah terdapat puluhan anak tangga menuju puncak gunungnya.

gambar Trek Summit Gunung Kelimutu NTT

Cara menuju Wisata Gunung Kelimutu 
Bagi pengunjung yang berasal berasal dari luar kota untuk menuju gunung kelimutu dapat terlebih dulu ke Bandara H. Hasan Aroeboesman (Bandara di Kabupaten Ende). Sesampainya di Kabupaten Ende, pengunjung mampu melanjutkan perjalanan menuju Desa Moni, sebuah desa yang berada di kaki Gunung Kelimutu, berjarak kira-kira 65 Kilometer dari bandara.

Dikarenakan di Ende minim transportasi  untuk menuju Desa Moni, akan lebih baik jika pengunjung menyewa kendaraan bermotor . Jarak yang ditempuh dari Kabupaten Ende kira-kira 50 km menuju ke Desa Moni . Dari desaoni ke gerbang pintu masuk Taman Nasional Kelimutu berjarak 15 km

Harga Tiket Masuk  Wisata Gunung Kelimutu 
Tarif masuk kawasan Taman Nasional Kelimutu bagi pengunjung domestik akan dikenakan tarif sebesar 5.000 rupiah dan 150.000 rupiah untuk pengunjung mancanegara. Dan untuk ongkos tambahan parkir kendaraan, untuk motor dikenakan 5.000 rupiah namun untuk mobil dikenakan tarif 10.000 rupiah.

Fasilitas Wisata Gunung Kelimutu 
Di lokasi danau, sudah ada bermacam layanan penunjang bagi para pengunjung  seperti toilet, gazebo, dan juga terdapat kios yang menjual minuman dan makanan yang terjamin kebersihanya. Demikian semoga Pesona Wisata danau Gunung Kelimutu NTT bermanfaat untuk pembaca.

Terimakasih telah membaca artikel | Lima Ribu Rupiah Gambarkan Pesona Wisata Gunung Kelimutu | Silahkan boleh di Share.

Related Articles :