Makna Lirik Lagu Rasa Sayange [ Maluku ]

Lagu Rasa Sayange atau Rasa Sayang-Sayange merupakan lagu anak anak yang selalu dinyanyikan secara turun-temurun sejak dahulu kala oleh masyarakat Maluku sebagai ungkapan rasa sayang mereka terhadap lingkungan dan juga sosialisasi antar masyarakat.

Meski lagu Rasa Sayange populer di Indonesia, namun sekitar bulan Oktober 2007 lagu Rasa Sayange sempat diklam milik Malaysia. Lagu ini pada waktu itu digunakan oleh departemen Pariwisata Malaysia untuk mempromosikan  pariwisataan Malaysia. Hingga Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu bersikeras bahwa “Lagu Rasa Sayange” adalah milik Indonesia.

Makna Lirik Lagu Rasa Sayange [ Maluku ]

Gubernur melihat bukti otentik bahwa lagu Rasa Sayange adalah merupakan lagu rakyat Indonesia berbahasa Maluku, yang di buktikan dengan rekaman lagu Rasa Sayange yang direkam oleh perusahaan rekaman Lokananta Solo 1962 pada tanggal 11 November 2007. Lagu Rasa Sayange direkam Lokananta, Solo  Indonesia pada tahun 1962 dalam piringan hitam Gramophone. Piringan hitam tersebut berisi lagu - lagu nusantara yang kemudian didistribusikan sebagai souvenir kepada peserta Asian Games ke 4 th 1962 di Jakarta.

Lagu Rasa Sayange adalah salah satu lagu yang terdapat di piringan hitam tersebut, bersama dengan lagu daerah Indonesia populer lainya seperti Sorak-sorak Bergembira, O Ina ni Keke, dan juga Sengko Dainang. Rekaman master dari piringan tersebut sekarang masih tersimpan di Perum PNRI Cabang Surakarta yang dahulunya adalah Perusahaan Rekaman negara bernama Lokananta.

pita hitam lagu rasa sayange asian games 1962

Baru - baru ini juga terjadi perdebatan dengan lagu rasa sayange antara Indonesia dengan Malaysia di SEA Games 2017. Warganet dibuat geram oleh ulah tetangga sebelah karena wajtu itu lagu 'Rasa Sayange' sempat diputar dalam acara pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur Malaysia pada Sabtu (19/08/17).

Video Lagu Anak Rasa Sayange 



Lirik lengkap Lagu Rasa Sayange

Rasa sayang e..
Rasa sayang sayang e..
Eee lia Ambon jau
Rasa sayang sayang e

Mana kancil akan dikejar
Kedalam pasar cobalah cari
Masih kecil rajin belajar
Sudah besar senanglah diri

Senanglah diri Si Amat mengaji tamat
Mengaji Qur'an di waktu fajar
Biar lambat asal selamat
Tak kan lari gunung dikejar

Kalau ada sumur di ladang
Boleh kita menumpang mandi
Kalau ada umurku panjang
Boleh kita berjumpa lagi


Makna Lirik Lagu Rasa Sayange

Bait
Mana kancil akan dikejar, kedalam pasar cobalah cari
Masih kecil rajin belajar, sudah besar senanglah diri

Makna bait ke-1 lagu Rasa sayange merupakan sebuah pantun dari bait ke-2  yang artinya dari kecil mulailah belajar sehingga nanti waktu besar bisa berbangga hati karena sudah pintar.

Senanglah diri Si Amat mengaji tamat, mengaji Qur'an di waktu fajar
Biar lambat asal selamat, tak kan lari gunung dikejar

Bait ke-3 merupakan sebuah pantun Bait ke-4 yang artinya kalau mengerjakan sesuatu hendaknya tidaklah terburu-buru supaya nanti hasilnya memuaskan

Kalau ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi
Kalau ada umurku panjang, boleh kita berjumpa lagi

Bait ke-5 merupakan sebuah pantun dari Bait ke-6 yang artinya kalau ada umur panjang kita pasti bisa berjumpa kembali.

Makna keseluruhan lagu rasa sayange adalah tentang nasihat bijak yang tertuang dalam pantun nasihat yang terdapat di lirik lagu rasa sayange tersebut. Mari sebagai Masyarakat Indonesia apalagi generasi penerus, sudah layaknya Kita menjaga aset kekayaan budaya dan juga alam negeri ini, agar suatu hari kedepan apa yang telah nenek moyang Kita wariskan tidak lagi diklam bangsa lain. Demikian semoga bermanfaat untuk pembaca.

Terimakasih telah membaca artikel | Makna Lirik Lagu Rasa Sayange [ Maluku ] | Silahkan boleh di Share.

Related Articles :