24.11.17

20 Alat musik tradisional Indonesia beserta gambar

20 Alat musik tradisional Indonesia beserta gambar
20 Alat musik tradisional Indonesia beserta gambar . Alat musik tradisional adalah suatu jenis alat musik yang hidup dan berkembang di masyarakat secara turun temurun dan dipertahankan sebagai sarana hiburan. Alat musik selain sebagai sarana hiburan pada jaman dahalu juga berfungsi sebagai alat komunikasi. Di indonesia yang terdiri dari banyak suku didalamnya menyimpan banyak alat musik tradisional yang memiliki ciri khas tersendiri. Berikut adalah 20 alat -alat musik tradisional Indonesia .

Artikel terkait Daftar lagu- lagu daerah Indonesia

20 Alat musik tradisional Indonesia beserta gambar


1. Angklung
gambar Angklung


Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda)
yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam
setiap ukuran, baik besar maupun kecil. Angklung terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010.

2. Bonang 

gambar Bonang

Alat musik bonang barung adalah salah satu bagian dari seperangkat gamelan Jawa. Bonang terbagi menjadi dua yaitu Bonang barung dan Bonang penerus.

3. Calung

gambar Calung

Calung adalah alat musik purwarupa jenis idiofon yang
terbuat dari bambu. Alat musik ini dikenal dan berkembang di Banyumas dan Sunda. Berbeda dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan, cara menabuh calung adalah dengan memukul bilah atau ruas (tabung bambu) yang tersusun menurut titi laras (tangga nada) pentatonik (da-mi-na-ti-la untuk masyarakat Sunda, dan ji-ro-lu-ma-nem untuk masyarakat Banyumas). Ada dua bentuk calung yang dikenal, yakni calungantay dan calung jinjing.

4. Gamelan

gambar Gamelan


Gamelan adalah merupakan musik yang biasanya mengabungkan beberapa alat musik [ seperangkat] musik  seperti , gambang, gendang, demung, gong, Saron. Istilah gamelan tersebut merujuk pada instrumennya / alatnya  yang merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan secara bersama. Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa gamel yang berarti memukul / menabuh,diikuti akhiran an sehingga menjadikannya sebuah kata benda. Pertunjukan  musik gamelan kebanyakan terdapat dipulau Jawa, Madura, Bali, dan Lombok.

5. Kendang

gambar Kendang


Kendang atau kendhang adalah alat musik instrumen dalam gamelan yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama musik. Kendang dibunyikan dengan tangan, tanpa alat bantu. Jenis kendang yang kecil disebut ketipung, yang menengah disebut kendang ciblon/kebar. Alat musik Kendang terkenal di jawa dan sunda

6. Kacapi


gambar Kacapi


Kacapi merupakan alat musik Sunda yang dimainkan
sebagai alat musik utama dalam Tembang Sunda atau Cianjuran

6. Karinding

gambar Karinding



Alat musik Karinding adalah merupakan salah satu alat
musik tiup tradisional Sunda. Cara memainkan alat musik  Karinding yaitu denganmenggunakan bibir, terus tepuk bagian pemukulnya biar tercipta resonansi suara. Karindng biasanya dimainkan secara solo atau grup (2 sampai 5 orang) 

7. Ketipung

Ketipung


Ketipung adalah salah alat musik tradisional Indonesia yang berbentuk menyerupai Gendang tetapi memiliki ukuran lebih kecil. Ketipung dibuat dari kayu yang dibubut, kemudian kemudian diberi lubang di tengahnya berukuran 20cm hingga 40 cm. Bunyi yang dihasilkan biasanya menghasilkan musik Keroncong, Dangdut, dan Melayu

8. Kolintang

Kolintang


Kolintang atau kulintang adalah alat musik dimainkan dengan diiringi oleh gong. Di indonesia kolintang berasal dari daerah Minahasa Sulawesi Utara yang bahanya terbuat dari kayu. Nama kolintang berasal dari suaranya : tong (nada rendah), ting (nada tinggi) dan tang (nada biasa). TONG TING TANG Ajakan tersebut akhirnya berubah menjadi kata kolintang.

9. Rebab

Rebab


Rebab dalam bahasa arab artinya busur (instrumen) adalah merupakan jenis alat musik senar. Ukuran rebab biasanya kecil, badannya bulat, bagian depan yang tercakup dalam suatu membran seperti perkamen atau kulit domba dan memiliki leher panjang terpasang.

10. Rebana

Rebana


Rebana (bahasa Jawa: terbang) adalah gendang berbentuk
bundar dan pipih yang merupakan khas suku melayu. Bingkai berbentuk lingkaran terbuat dari kayu yang dibubut, dengan salah satu sisi untuk ditepuk berlapis kulit kambing. Rebana adalah alat musik khas melayu. Rebana juga digunakan untuk melantunkan musik - musik islami qasidah

11. Saluang


Saluang


Saluang adalah alat musik tradisional khas Minangkabau,
Sumatera Barat. Yang mana alat musik tiup ini terbuat dari bambu tipis atau talang. Dahulu, kabarnya pemain saluang ini memiliki mantera tersendiri yang berguna untuk menghipnotis penontonnya.

12. Sasando 


Sasando


Sasando adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan
dengan dipetik. Instumen musik ini berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. dalam bahasa Rote, sasandu, yang artinya alat yang bergetar atau berbunyi. Suara sasando ada miripnya dengan alat musik dawai lainnya seperti gitar, biola, kecapi,

13. Tambo

Tambo


Tambo adalah alat musik tradisional Aceh. Tambo terbuat
dari batang iboh, kulit sapi, dan rotan sebagai alat peregang kulit. Bentuknya sejenis tambur dan dimainkan dengan cara dipukul.

14. Tifa 
Tifa


Tifa merupakan alat musik khas Indonesia bagian Timur,
khususnya Maluku dan Papua. Alat musik ini bentuknya menyerupai kendang dan terbuat dari kayu yang di lubangi tengahnya. Ada beberapa macam jenis alat musik Tifa seperti Tifa Jekir, Tifa Dasar, Tifa Potong, Tifa Jekir Potong dan
Tifa Bas. Tifa terbuat dari kayu dan mirip dengan alat musik gendang yang dimainkan dengan cara dipukul.

15. Triton

Triton



Triton adalah alat musik tradisional masyarakat Papua. Triton dimainkan dengan cara ditiup. Fungsi utama alat ini adalah digunakan untuk sarana komunikasi atau sebagai alat panggil/ pemberi tanda. Selanjutnya, alat ini juga digunakan sebagai sarana hiburan 

16. Tenun


Tenun


Alat musik tradisional tenun berasal dari Sumatera Selatan. Bahanya terbuat dari kayu berbentunk segitiga. Dinamakan alat musik tenun karena sering digunakan sebagai penghibur para pekerja yang sedang melakukan aktifitas menenun. 


17. Sampe

Sampe


Sampe merupakan alat musik tradisional Suku dayak kalimantan timur. Alat musik tradisional sampe ini dimainkan dengan cara dipetik. 

19. Suling

Suling


Suling atau seruling adalah alat musik tiup yang terbuat dari bambu . Berkembangnya zaman, suling modern untuk para ahli biasanya terbuat dari perak, emas atau campuran keduanya. Sedangkan suling untuk pelajar umumnya terbuat dari nikel-perak, atau logam yang dilapisi perak. Di indonesia suling identik dengan budaya sunda.


20. Serunai

Serunai


Serunai berasal dari Nusa Tenggara Barat. Serunai mirip
seruling yang cara memainkannya dengan ditiup lalu nadanya diataur dengan
jari tangan.



Demikian 20 Alat musik tradisional Indonesia, semoga bermanfaat untuk pembaca. Silahkan share dan sebarkan untuk pengetahuan. Terimakasih

Related Post