Ilija Spasojevic Cayo Indonesia

Sebagai pecinta Timnas Indonesia sejak kecil, Saya berharap dengan di naturalisasinya Ilija Spasojevic bisa menjadi solusi untuk ketajaman lini depan Timnas Indonesia senior. Dengan rencana pensiunya Boas Salosa memang sampai saat ini belum lagi muncul pengganti yang sepadan denganya.

Kehadiran Spaso menurut Saya setidaknya bisa menambah opsi untuk lini depan skuad Garuda senior yang berkwalitas. Kepiawaian Spaso membobol gawang lawan, kemampuan skill Spaso sepertinya bisa diandalkan. Jejak rekam sepanjang karier sepakbolanya sejauh ini sudah membuktikan itu.

gambar poster Ilija Spasojevic Cayo Indonesia

Ilija Spasojevic sebelum menjadi WNI memegang paspor Montenegro mengakui bahagia menjadi warga negara indonesia. Ungkapan bahagia tersebut di posting lewat akun instagram pribadinya @spaso_87

gambar Ilija Spasojevic instagram
klik gambar untuk memperjelas

“Akhirnya saya Indonesia!” . Ilija Spasojevic postimg di Instagram-nya sesaat setelah keluar dari Kantor PSSI di Kuningan Jakarta, pada tanggal 25 Oktober 2017. 

Profil Biodata perjalanan karir sepakbola  Ilija Spasojevic 


gambar foto image poster Ilija Spasojevic

Profil Biodata Ilija Spasojevic lahir di Yugoslavia 11 September 1987. Spaso Tercatat pernah menghuni tiga timnas dinegara yang berbeda. Merasakan pengalaman pertamanya di timnas ketika berseragam Timnas Yugoslavia U-17 sejak tahun 2002. Spaso suses menyumbang 6 gol pada 11 penampilan resminya.

Ilija Spasojevic termasuk andalan di tim nasional pada level usia muda.

Pada 4 Februari 2003 Yugoslavia bubar akibat perpecahan dan Spaso ahirnya beralih menjadi warga negara Serbia - Montenegro hingga ikut ikut mengisi skuat timnas sepakbola negara baru tersebut pada kurun 2005 - 2006. Di timnas Serbia - Montenegro Spaso sukses mengemas 13 caps dengan menyumbang 7 gol.

Tak lama berselang, terjadi lagi polemik di Serbia-Montenegro hingga harus terpecah menjadi dua negara. Spaso ahirnya punya kewarganegaraan baru yakni Montenegro. Pada kurun taun 2007-2008, Spaso tercatat membela Timnas Montenegro U-21 dan Ia tampil sebanyak 4 kali dengan hanya menyumbang 1 gol.

Pada tahun 2011, ketika Ia baru berusia 24 tahun, Spaso menerima tawaran klub dari negara yang sangat jauh dari tanah kelahirannya dan pada periode ini, Spaso memulai karir persepakbolaanya di Indonesia. Waktu itu sepak bola indonesia sedang hangat -  hangatnya dualisme kepemimpinan di tubuh PSSI.

Adalah klub liga primer indonesia Bali Devata yang menggunakan jasa Spaso. Klub yang bermarkas di Pulau Dewata tersebut, waktu itu baru didirikan pada 2010. Bersama Bali Devata lah Ilija Spasojevic memulai karir sepakbolanya di indonesia. Debutnya tercatat sangat baik, Spaso meyumbang 10 gol dalam 14 laga untuk Bali Devata.

Ilija Spasojevic Berjaya di Negeri Tetangga 

Hanya bertahan semusim di indonesia bersama Bali Devata karena gulung tikar di tahun 2011. Lalu Spaso pindah ke klub PSM Makassar, waktu itu PSM Makassar berlaga di kompetisi Indonesia Premier League (IPL). Di PSM Makassar, Spaso semakin membuktikan ketajamannya sebagai penggedor jala lawan. Ia menyumbang 19 gol dari 29 pertandingan, Ia bertahan di PSM hingga tahun 2013.

Dari musim ke musim, Spaso kian cemerlah hingga namanya di kenal publik pecinta sepak bola indonesia, Spaso di cap sebagai salah satu striker asing terbaik di liga Indonesia bersama beberapa klub yang berbeda, diantaranya

gambar Ilija Spasojevic piala presiden 2015

Pembuktian 10 gol di 16 laga bersama Mitra Kukar (2013), lau 12 gol pada 13 laga bersama Putra Samarinda (2014), hingga membawa Persib Bandung meraih trofi Piala Presiden 2015 dengan torehan 4 gol di  8 pertandingan setelah sempat sejenak berlabuh di Pelita Bandung Raya (PBR).

Tatkala Indonesia diskorsing FIFA waktu itu Ilija Spasojevic memutuskan menguji peruntunganya di negeri tetangga yaitu malaysia. Adalah klub Melaka United yang menjadi pelabuhan Spaso berikutnya. Di Malaysia, Ilija Spasojevic semakin bersinar dengan berbagai prestasi baik untuk klub maupun prestasi pribadi.

Mulai dari membawa klubnya juara Malaysia Premier League (MPL) hingga menjadi pemain terbaik untuk bulan Juli dan Agustus 2016, Ilija Spasojevic juga berhasil merengkuh titel top skor liga malaysia dengan torehan 24 gol dan berhasil mengangkat sepatu emas. Lalu untuk kedua kalinya Spaso mendapat gelar yang sama di Malaysia dengan 27 golnya.

gambar Ilija Spasojevic malaysia

Spaso menjadi sosok yang sangat di segani di negara bagian Melaka. Hingga membuat Gubernur Melaka, Tun Datuk Seri Utama Mohd Khalil Bin Yaakob, menganugerahinya gelar kehormatan Bintang Cemerlang Melaka.

Lantaran diterpa badai cedera karirnya perlahan mulai menurun hingga membuat Spaso memutuskan untuk kembali ke Indonesia. Setelah cederanya pulih,Spaso bergabung dengan Bhayangkara di liga satu gojek traveloka. Dengan bergabungnya Spaso dan anak - anak muda potensial macam Evan Dimas dan Ilham Udin, kini Bhayangkara FC menjadi salah satu klub papan atas Indonesia, bahkan  Bhayangkara FC berpeluang menjadi juara Liga 1 gojek traveloka Indonesia 2017.
Kini, setelah resmi menjadi WNI, Spaso menyatakan siap membela tim nasional indonesia senior kendati Ia harus bersaing dengan Boaz Solossa, Lerby Eliandry, Irfan Bachdim, Ezra Walian ataupun Greg Nwokolo.

“Saya akan selalu siap 100 persen dan akan menjadi tambahan motivasi bagi saya jika dipanggil Timnas Indonesia. Wajah saya mungkin bule, tapi jiwa saya 100 persen Indonesia!” ucap Ilija Spasojevic dalam sebuah wawancara dengan salah satu media ternama di indonesia. 

Menolak Piala Dunia Karena Cinta Indonesia 

Saat sebelum Spaso resmi menjadi WNI, ketika pemain yang tersebut masih berjaya di Malaysia tahun lalu, Spaso yang kini berusia 30 tahun mendapatkan panggilan dari federasi sepakbola Montenegro untuk proyeksi Kualifikasi Piala Dunia 2018.

gambar anak istri Ilija Spasojevic

Tawaran tersebut di tolak Ilija Spasojevic Karena Spaso terlanjur jatuh cinta dengan Indonesia dan berhasrat membela Timnas Indonesia. Karena itu Spaso lebih memilih melanjutkan proses naturalisasinya . Istri Spaso memang perempuan asli Indonesia, yang sudah dikaruniai dua anak yang kini sudah berstatus WNI.

Nasionalisme dan penantian panjang Ilija Spasojevic akhirnya berbuah manis 

Pelatih timnas Indonesia Luis Milla memanggil Ilija Spasojevic untuk mengisi barisan depan Timnas Indonesia Senior. Kabar terbaru yang menyatakan bahwa pemain berusia 30 tahun tersebut dipanggil Luis Milla untuk membela timnas indonesia senior dalam pertandingan uji coba pada November ini di ungkapkan langsung oleh Media Officer Bhayangkara FC, Eko Romeo Yudhiono, Kamis (9/11/2017).

Bagi Spaso berita tersebut tentunya sangat menggembirakan karena akan menjalani debut pertamanya setelah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) melalui proses naturalisasi. Adalah Timnas Suriah U-23 yang akan menjadi laga debut pertama Ilija Spasojevic berseragan garuda yang di impikanya pada Sabtu 18 November 2017.

Update profil biodata terbaru Ilija Spasojevic


Yang ditunggu - tunggu publik pecinta Timnas Indonesia ahirnya terjawab sudah. Ilija Spasojevic ahirnya berhasil mecatatkan gol untuk skuad Garuda di pertandingan keduanya untuk timnas indonesia.

Tak tanggung - tanggung spaso mencetak 2 gol ke gawang Guyana untuk memastikan kemenangan timnas indonesia yang sebelumnya sempat tertinggal dahalu, berkat gol spaso timnas indonesia berhasil mengalahkan guyana dengan skor 2 - 1.

Gol tersebut adalah catatan gol perdana Spaso sejak debut pertamanya saat laga persahabatan lawan timnas Suriah U-23 (18/11/2017). Kini Spaso diharapkan benar - benar bisa menjadi mesin gol untuk timnas indonesia.

Pertandingan timnas indonesia selanjutnya adalah di ajang "Aceh World Solidarity Cup" mulai 2-6 Desember bertempat di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh. Ajang tersebut adalah sebagai perwujudan dari rasa solidaritas dunia terhadap Aceh yang pernah dilanda tsunami pada 2004.

Aceh World Solidarity Cup di ikuti oleh empat negara, yaitu Indonesia, Kyrgyztan, Mongolia, dan Brunei Darussalam. Rencananya Milla akan mennurunkan timnas U - 23 plus 3 pemain senior. Mari kita lihat gol - gol Ilija Spasojevic selanjutnya. Demikian semoga bermanfaat . #cayoindonesia

Terimakasih telah membaca artikel | Ilija Spasojevic Cayo Indonesia | Silahkan boleh di Share.

Related Articles :