Gunung Raung 3344 MDPL The most extreme mount of Java Indonesia

Gunung Raung 3344 MDPL The most extreme mount of Java Indonesia. Gunung Raung mempunyai ketinggian 3344 mdpl. Gunung ini terletak dalam tiga wilayah kabupaten yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember Jawa Timur.

Gunung raung merupakan salah satu gunung yang mempunyai kaldera yang terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu Gunung yang termasuk kategori gunung ekstrim di indonesia. Gunung Raung mempunyai empat titik puncak yaitu Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan yang tertinggi adalah Puncak Sejati 3.344 mdpl. Ijin Pendakian ke gunung Raung sangat ketat diantaranya wajib melampirkan surat ijin dokter dan pemeriksaan logistik juga lainya.

Gunung Raung memiliki 9 camp pendakian ( Pos ) dan rata-rata setiap campnya berjarak antara 45 menit sampai 1 jam dengan berjalan santai. Namun jarak Camp 1 ke camp 2 adalah yang terpanjang dengan perkiraan durasi yang bisa di tempuh lumayan lama dan melelahkan yaitu bisa sampai antara 2,5 jam.

Karena di gunung raung tidak ada mata air di setiap posnya, maka untuk itu jika ingin aman dalam pendakian. Pendaki gunung raung harus membawa 7- 9 liter air.

Jalur pendakian MT. Raung 3344 MD
Jalur puncak gunung raung ( klik gambar untuk memperjelas )
Foto - foto Gunung Raung



camp 9 gunug raung

camp 2 raung


Camp 7 Gunung Raung
Klik pada foto untuk memperjelas 

Gambar Gunung raung

Camp 7 Gunung Raung

camp 7 mt raung

camp 7 raung




puncak sejati raung
Family Goes to raung 3344 Febuari mdpl 2018

Camp 7 MT.Raung


Para pendaki gunung raung biasanya mendirikan tenda di camp 7 sekalian prepare untuk summit karena jika kalian jalan pagi diperkirakan sampai camp 7 ini pada sore hari jadi masih banyak waktu untuk persiapan summit attack. Perjalanan Summit sebaiknya mengambil waktu yang ideal yaitu pada jam 2 atau 3 pagi. Start summit dari camp 7 dengan jarak tempuh kurang lebih hingga 2 jam untuk sampai di camp 9 dan di sinilah tempat yang tepat untuk memasang dan mempersiapkan alat climbing seperti Carrabiner  Webbing, Harnezt ,Ascender, Helm, Jumar, dan kawan - kawanya.
Dari camp 9 menuju puncak bendera hanya sekitar 10 menit. Selepas lewat camp 9 batas vegetasi mulai terlihat dan kemudian akan melaui track pasir juga bebatuan.

MT. Raung 3344 MDPL The most extreme mount of Java Indonesia

Dari puncak bendera gunung raung lanjut berjalan menurun menyusuri ujung tebing menuju arah bawah tepat ke pauncak 17 dan di trek situlah penggunaan safety mulai dipersiapkan untuk dipergunakan. Puncak 17 gunung raung ini bisa dilewati dengan mlipir ke samping puncak. Disinilah pentingnya penggunaan jasa guide karena rute summit attack tidak begitu jelas dengan medan tanah dan bebatuan. Ada beberapa berita seperti pendaki jatuh kejurang gunung raung karena minim pemahamanrute, hingga meninggal karena kehabisan bekal. Sangat disayangkan jika nyawa kita melayang karena hanya kebodohan kita sendiri. Dari puncak 17 pendakian dilanjutkan dengan menuruni bukit yang tidak begitu tinggi namun diapit dua jurang yang tak terhitung dalamnya yang pasti jika Pendaki jatuh jurang sudah pasti tewas.

Setelah menuruni puncak 17 dilanjutkan dengan perjalanan ke jembatan Shirathal Mustaqim dari nama tersebut bisa di bayangkan bagaimana medan trek tersebut, treknya berupa jalan setapak yang kanan kirinya adalah jurang yang tak terhitung kedalamannya namun memunculkan pemandangan dengan keindah yang tiada tara. Dari Shirathal Mustaqim maka pendaki akan menjumpai turunan curam yang harus dituruni menggunakan pengaman (webbing) kemudian dilanjutkan dengan meniti tebing ke arah kanan lalu kemudian turunan biasa dan kemudian sampailah pendaki ke jalur trek arah puncak tusuk gigi berupa tanjakan bebatuan yang rawan longsor. Puncak tusuk gigi bisa ditempuh kurang lebih setengah jaman lebih.

Lalu dari tusuk gigi kembali pendaki berjalan memanjat keluar gua kecil lalu ke arah kanan menuju puncak utama gunung raung yaitu Puncak Sejati 3344 mdpl.
Dari puncak sejati pendaki akan disuguhkan keindahan kaldera Gunung Raung yang begitu besar dengan kepulan asap tipis di atasnya. Sekali lagi jika Kalain ke Raung adalah pendakian pertama kalinya maka di sarankan memakai jasa guide, Sebutan Gunung tersulit sejawa bukan sekedar omongan, cukup kejadiaan baru baru saja yang menjadi pelajaran buat kita semua.

Video Gunung Raung



Saya ada referensi jasa guide yang menurut Saya recomended, Saya sudah buktikan sendiri Mereka mau dengan sabar menunggu salah satu rekan Saya yang kelelahan dan tertinggal di belakang.

Tanya Harga Jasa Guide Gunung Raung

Silahkan follow akun  Kontact Person Gunung Raung (Recomended)
  • Mas Haryawan @haryawanbedes_alas
  • Mas Jaya @emhajeen
  • Mas Bagus @bagus_enpe
Mitos Cerita Gunung Raung 

Mitos yang ada atau beredar di tempat tersebut seperti adanya macan putih, suara-suara aneh dan banyak sekali tempat yang katanya angker bahkan di puncak tusuk gigi katanya kadang terlihat seperti ada taman yang indah yang sebenarnya tempat tersebut hanya bebatuan dan jurang ( seperti yang di tuturkan driver ojeg ke pos 1) .

Masyarakat sekitar gunung raung meyakini bahwasanya gunung raung adalah singgasana dari macan putih yang berpusat di puncak gunung raung. Kerajaan tersebut dipimpin oleh salah satu dari keturunan kerajaan majapahit yaitu Pangeran Tawangulun. Tak hanya macan putih bahkan setiap malam-malam tertentu seperti malam jumat kliwon sering terdengar derapan langkah kuda yang dipercayai bahwa suara tersebut adalah kuda penarik kereta kencana milik permaisuri Pangeran Tawangulun.

Catatan Perkiraan perjalanan menuju puncak sejati gunung Raung 3344 mdpl


  1. Dari Basecamp Bu Soeto menuju camp pos 1 = 30 - 45 menit ( Naik ojek sekalian mampir di pos registrasi Gunung raung )
  2. Pos 1 - Camp 2 = 2-3 jam
  3. Camp 2 - Camp 3 = 45 menit- 1 jam
  4. Camp 3 - Camp 4 = 1,5- 2 jam
  5. Camp 4 - Camp 5 = 1,5- 2 jam
  6. Camp 5 - Camp 6 = 1- 1,5 jam
  7. Camp 6 - Camp 7 = 2-3 jam
  8. Camp 7 - Camp 9 = 2 jam
  9. Camp 9 - Puncak Bendera = 15 menit
  10. Puncak Bendera - Puncak Sejati = Tergantung Sikon
  11. Jadi perkiraan dari camp 7 sekitar 8 - 10 jam
Tips aman ke Gunung raung dari info @gunungindonesia


  1. Safety peralatan pribadi : artinya adalah peralatan pribadi yang safety seperti carier, jaket, celana gunung, sleping bag, matras , jas hujan, dll
  2. Persiapkan dengan matang Team Kalian
  3. Cek perlengkapan Tim mulai dari Tenda, kompor, logistik, keperluan air yang digunung, dll
  4. Ajak temanmu yang pernah ke raung dan paham talimenali raung
  5. Jangan pernah ragu memakai Jasa Guide, masalah harga silakan tanyakan sama guide yang Saya rekomendasikan.
  6. Cek list peralatan panjat / buat yang mau sewa tiap basecamp menyewakan peralatan panjat . dengan catatan penyewa atau dalam leader memiliki skil dalam clambing
  7. Karena di raung tidak ada sumber mata air selama di treking biasanya per pendaki membawa 6 - 9 botol air mineral besar, tapi bisa disiasati memakai jasa porter air ( jadi gak begitu berat bawa air )
  8. Atur lama waktu perjalanan pendakian dan menejement logistik selama di gunung raung 3-4 hari.
  9. Jangan lupa membawa Logistik, air, jas hujan, senter, jaket, p3k ketika sammit (menuju puncak)
  10. Dari poin 1-9 berdoa jangan dilupakan, ingat Gays ! jangan lupakan doa.
Catatan Penting Mendaki Gunung Raung 3344 MDPL


  • Gunung walaupun kemarau tetap resiko hujan
  • Gunung raung terkadang dicamp 7 hujan, dibasecamp tidak hujan
  • Gunung raung memiliki cuaca yang berubah rubah, jadi disarankan selalu membawa jas hujan atau tenda yang anti bocor, biar kalian bisa nyenyak tidurnya untuk menyimpan tenaga
  • Siang dipuncak sekitar jam 1 - 5 sore , raung selalu badai angin kabut yang hawanya dinginya minta ampun karena kabut bercampur air, namun terkadang juga cuaca bisa cerah dan tidak menentu lah.
  • Dilarang teriak-teriak dipuncak, dan melempar batu menurut kepercayaan penduduk raung .
  • Jangan lupa browsing - browsing terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian biar banyak pengetahuan seputar gunung raung.
Untuk transportasi sendiri kalian bisa menggunakan kereta dengan tujuan Stasiun kali baru lalu naik ojeg ke base camp. Banyak ojeg tersedia di stasiun 24 jam.

Demikian catatan pendakian Gunung Raung 3344 MDPL The most extreme mount of Java Indonesia, Jika Kalian berencana mendaki gunung raung selalu ingat peralatan Safetynya. Semoga bermanfaat.

Terimakasih telah membaca artikel | Gunung Raung 3344 MDPL The most extreme mount of Java Indonesia | Silahkan boleh di Share.

Related Articles :