Cara mudah menanam Melati dalam pot

Begini cara mudah menanam bunga melati dalam pot. Bunga melati adalah merupakan salah satu bunga dengan ciri warna dan aroma keharumanya yang khas sehingga bunga melati ini banyak dijadikan sebagai aroma wangi parfum yang banyak digemari baik dari kalangan muda ataupun tua, laki – laki ataupun perempuan mereka suka dengan aroma wangi bunga melati.

Karena ke khasanya bunga melati ini sampai - sampai tercipta lirik lagu melati yang sudah melegenda, bahkan jauh sebelum Jack Ma menciptakan Alibaba.

Putih putih melati Alibaba
Merah merah delima Pinokio
Siapa yang baik hati Cinderella
Tentu disayang mama
Ah masa, ah iya gengsi dong

Tanaman bunga melati wajarnya ditanam di depan halaman rumah, namun untuk kali ini saya akan memberi tips tentang bagaimana caranya menanam bunga melati didalam pot. Wah sepertinya agak sulit ya..? Menanam bunga melati dalam pot, karena tanaman bunga melati sendiri mempunyai akar kuat dan tidak sedikit. Namun jangan khawatir, berikut ada tips dan trik Cara mudah menanam Melati dalam pot 
Cara mudah menanam Melati dalam pot
Bunga melati dalam pot
Cara mudah menanam Melati dalam pot 

  • Sebelumnya Persiapkan tanah untuk menanam melati tersebut. Kalian harus tanah yang baik untuk menanam melati tersebut. Tanah yang baik untuk menanam melati dalam pot adalah tanah pasir, lalu dicampur dengan pupuk kompos/pupuk kandang dan lalu campur juga dengan tanah yang subur dari kebon dengan takaran semuanya 1/3, kemudian aduk secara merata di atas plastik atau karung.
  • Langkah berikutnya menyiapkan pot dengan ukuran sedang yaitu sesuaikan dengan ukuran benih melati yang akan kalian tanam. 
  • Isi pot dengan tanah yang sudah Kalian campur tadi kira - kira 1/3 bagian wadah. Lalu masukkan bunga melati ke dalam potnya. Banyak kasus setelah tanaman melati di tanam dalam pot beberapa hari kemudian layu dan akhirnya melati tersebut mati ditempatnya. Nah untuk mengatasi hal tersebut maka sebaiknya ketika Kalian membeli benih tanaman melati tersebut jangan buang tanah yang bersama bunga melatinya, jadi biarkan saja tanahnya, cukup plastiknya saja yang di buang.  
  • Setelah tanaman bunga melati dimasukkan ke dalam pot, kemudian  masukkan sisa semua tanah yang sudah kalian campur tadi. Namun jangan sampai memenuhi pot, setidaknya ada permukaan kurang lebih 2cm. Lalu tekan pada pangkal batang bunga melati menggunakan ibu jari, namun ingat nekanya jangan terlalu serius, pakai perasaan seperlunya saja.
  • Setelah Kalian melakukan cara di atas, lalu selanjutnya bersihkan bagian luar pot biar Kalian ga dibilang jorok, hehe.
  • Agar pertumbuhan tanaman bunga melati dapat tumbuh subur dan sehat, sebaiknya taruh potnya di tempat yang lembab dan mendapat celah sinar matahari langsung.
  • Siram tanaman bunga melati tersebut setidaknya dua kali sehari dengan air secukupnya saja.
  • Lalu tahap berikutnya adalah pemotongan pada batang tanaman bunga melati. Setelah bunga melati sudah berkembang sehat, untuk memperindah bunga melati tersebut lakukan pemotongan pada batang tanaman bunga melatinya dengan cara memilih batang yang tingkat kesuburanya bruk dipotong. Silahkan kalian bisa membentuk batang melatitersebut tersebut  serapi mungkin sesuai naluri seni kalian.
Jika keharuman BUNGA Melati yang di tanam didepan halaman rumah saja aroma wanginya bisa sampai tercium hingga kedalam rumah, bagaimana jika melati tersebut ditanam dalam pot dan Kalian taruh dalam rumah. Kalian bisa bayangkan sendiri. Selamat mencoba menanam melati dalam pot .

Catatan jika memang pertumbuhan bunga melati dalam pot tumbuh subur dan besar kemungkinan akar dari tanaman bunga melati tersebut akan banyak sekali dan biasanya pot yang menampung akar melati tersebut akan retak, oleh karena tips lanjutan Cara mudah menanam Melati dalam pot
Adalah

Coba Kalian perhatikan sebelum akar melati benar-benar membesar dan sebelum membuat pot retak oleh karena pertumbuhan akarnya, usahakan kalian sering mengganti pot tanaman bunga melati tersebut sebelum mulai membesar, agar tidak terjadi keretakan pot akibat pertumbuhan akar tanaman melati tersebut. Untuk cara menggantinya masih sama dengan langkah-langkah tersebut di atas.


Demikian semoga artikel ini bermanfaat. Silahkan boleh di share.

Terimakasih telah membaca artikel | Cara mudah menanam Melati dalam pot | Silahkan boleh di Share.

Related Articles :