Daftar Daerah Penghasil Kopi di Indonesia

Daftar Daerah Penghasil Kopi di Indonesia . Tanggal 1 Oktober adalah peringatan hari kopi internasional. Pada tanggal 1 oktober 2017 yang lalu pemerintah Indonesia memperingati Hari Kopi Internasional yang saat itu digelar di Provinsi Lampung. Lampung ini adalah merupakan salah satu daerah penghasil kopi di indonesia.

Dalam acara tersebut juga dihadiri sepuluh provinsi di indonesia yang juga sebagai penghasil kopi di Indonesia yaitu diantaranya ada provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Bali.

Dalam acara tersebut pemerintah juga mengundang beberapa negara tetangga yang diundang sebagai pembeli yaitu diantaranya Thailand, Singapura, Malaysia dan juga ada Brunei Darussalam.

Beberapa kegiatan yang diselenggarakan diantaranya seminar kopi robusta, pemutaran film dokumentasi mengenai kopi lalu ada wisata kopi, praktik budi daya kopi robusta, bantuan bibit dan juga alat untuk petani kopi, pameran produk kopi, pagelaran busana dan tari, lomba tes cup. Lomba barista, kuliner berbahan kopi robusta, minum kopi gratis dan yang terakhir adalah perayaan Hari Kopi Internasional yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober.  

Daftar Daerah Penghasil Kopi di Indonnesia

Berikut ini adalah sekilas tentang daerah-daerah penghasil kopi di Indonesia yang perlu juga untuk diketahui terutama bagi kalian yang ngaku pecinta kopi, karena tak afdol rasanya cinta kopi tapi tidak mau tau daerah - daerah penghasil Kopi di Indonnesia

Daftar Daerah Penghasil Kopi di Indonnesia 

Kopi Jawa Barat
Daerah Jawa Barat memiliki hubungan sejarah yang cukup kental dengan kopi. Di Priangan Jawa Barat merupakan daerah eksploitasi kopi selama dua abad yang dilakukan oleh pemerintahan kolonial Belanda.

Daerah ini memiliki salah satu produksi kopi bernamaJava Preanger dengan rasa asanya yang tidak perlu diragukan lagi.

Kopi  Jawa Tengah
Di Jawa Tengah atau tepatnya di daerah Ambarawa, terdapat sebuah tempat yang biasa menghasilkan kopi yang nikmat. Di sini terdapat Kampung Kopi yang bernama Banaran yang telah dikelola dengan cukup baik. Perkebunan kopi disini sangat sejuk dan juga bebas asap serta polusi. Racikan kopi Ambarawa ini sangat nikmat dan juga bersih. Boleh di coba jika kalian pas singgah di ambarawa.

Kopi khas Pekalongan Jawa tengah
penyelamat Owa Jawa dan Pelestari kopi hutan
Bapak Tasuri, penyelamat Owa Jawa dan Pelestari kopi hutan di pekalongan
Kopi petung ini unik karena disebut dengan Owa Coffee atau kopi owa. Nama Owa Coffee ini karena terinspirasi dari tim kerja konservasi owa Jawa di Hutan Sokokembang petungkriono pekalongan. Owa Coffee bertujuan untuk mendukung kegiatan penelitian dan juga pelestarian primata Owa jawa di Jawa Tengah.

Tanaman kopi di hutan sini tumbuh liar sampai tinggi sekali. Banyak yang diameternya besar sampai seukuran satu pelukan. Banyak juga yang sampai dijalari anggrek hutan, sehingga sulit dikenali kalau itu adalah tanaman kopi.

Pengelolaan kopi hutan dipetung masih diolah secara tradisional. Beberapa tahun terakhir Petungkriyono mulai populer sebagai destinasi wisata kopi di kalangan kaum urban, yang sekarang memang sedang gandrung ngupi hoe ngupi.

Kopi  Jawa Timur
Provinsi Jawa Timur ini juga memiliki kopi yang tidak kalah baiknya. Di daerah Kalisat, Bondowoso yang berdekatan dengan Kawah Ijen, terdapat perkebunan kopi yang dikelola oleh Perhutani. Perkebunan sekitar 4000 hektar ini diproses dan digiling serta dikemas seperti kopi Arabika.

Kopi Bali
Daerah yang dikenal dengan julukan Pulau Dewata ini juga memiliki kopi yang tidak kalah nikmat. Di Kintamani terdapat perkebunan kopi yang menggabungkan kopi Bali dan kopi Luwak. Prosesnya masih menggunakan cara tradisional seperti tungku api dan kayu bakar. Dan di sini kopi juga diproduksi aroma therapy yang bisa kalian coba.

Kopi Nusa Tenggara Timur
Kopi yang terkenal dari daerah ini kopi AFB atau Arabica From Bajawa yang sangat terkenal di luar negeri. Kopi AFB ini berasal dari dataran tinggi Ngada yang berada di Pulau Flores. Masyarakat Ngada atau Bajawa ini sudah sejak lama membudidayakan kopi. Dan kopi ini diolah dengan cara organik dan tidak menggunakan zat kimia. Tidak heran jika kualitasnya sangat unggul.

Kopi Sulawesi Selatan
Di provinsi ini ada kopi yang terkenal dengan nama kopi Toraja. Sesuai dengan namanya, kopi ini berasal dari Toraja. Kopi ini menjadi salah satu ikon dari dunia pariwisata Toraja. Para turis asing biasanya mengunjungi Toraja untuk mendapatkan kopi tersebut.

Artikel terkait Nikmatnya Ngopi Toraja didepan Gunung Nona Enrekang 

Kopi Nangroe Aceh Darussalam
Daerah ini memiliki kopi yang sangat terkenal. Terutama di daerah Aceh Tengah dan Bener Meriah yang memiliki area sekitar 95 ribu hektar kebun kopi. Jika kalian berkunjung ke Aceh, kalian bisa langsung menuju ke perkebunan dan melihat proses pengolahan kopi. Kopi Arabica Gayo adalah salah satu kopi yang sangat populer dari daerah ini.

Kopi Sumatera Utara
Daerah penghasil kopi yang terkenal di daerah ini adalah Sidikalang yang merupakan ibukota dari Kabupaten Dairi yang berada di barat laut dari Sumatera Utara. Kota ini memiliki tanaman kopi yang sangat nikmat.

Sidikalang berada di ketinggian 1.066 mdpl yang memiliki aneka jenis kopi terbaik dan bisa bersaing dengan Brazil untuk kualitas kopinya. Sidikalang memiliki kopi Robusta yang sangat lezat.

Kopi Lampung
Daerah ini memiliki kopi yang diekspor sangat besar di Indonesia. Di Kabupaten Lampung Barat terdapat perkebunan kopi yang luas. Perkebunan kopi dilampung tersebar di sekitar Lampung Tengah, Lampung Barat, dan daerah Tanggamus.

Desa Karangrejo yang berada di Gunung Tanggamus memiliki kopi yang sangat nikmat. Apalagi perkebunannya menyajikan panorama dan juga suasana sejuk ala pegunungan indonesia. Ditempat ini jadi Lokasi Wisata Andalan Lampung.

Kopi Papua
Selain buah matao, emas, yang terkenal di papua, Provinsi ini juga memiliki kopi dengan kualitas yang tinggi. Di Lembah Baliem yang terletak di Wamena ini merupakan salah satu penghasil kopi yang sangat terkenal di Provinsi Papua. Demikian semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca.

Terimakasih telah membaca artikel | Daftar Daerah Penghasil Kopi di Indonesia | Silahkan boleh di Share.

Related Articles :