Daftar nama Jamu Tradisonal Indonesia dan Manfaat Khasiatnya

Indonesia adalah merupakan negara yang kaya akan rempah - rempah, Indonesia juga kaya akan alam, budaya, dan lain sebagainya. Kita patut bangga dan bersyukur karena tinggal dan dilahirkan di negeri ini.

Karunia akan kekayaan rempah-rempahnya dan kesuburan alam indonesia menyimpan banyak tanaman bermanfaat yang berfunsi untuk penyembuhan dan pengobatan berbagai penyakit.

Kemampuan untuk menyembuhkan dan efek positif dari beberapa tanaman di indonesia sebagai obat telah lama diketahui jauh sebelum para ilmuwan menemukan berbagai obat-obatan dengan bahan kimia.
jamu tradisional indonesia
jamu tradisional indonesia
Nenek moyang Kita dulu telah mengenal obat - obatan tradisional yang terbuat dari kekayaan alam indonesia dan menjadi warisan lelehur yang patut di lestarikan sebagai obat tradisional. Salah satu ramuan alami tradisional indonesia yang terkenal hingga kemanca negara dan terbukti banyak khasiatnya adalah jamu.

Jamu adalah merupakan sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia yang belakangan ini juga populer dengan sebutan herba atau obat herbal. Jamu dibuat dari bahan-bahan alami, berupa bagian dari tumbuhan seperti rimpang (akar-akaran), daun-daunan, kulit batang, dan buah. Seringkali kuning telur ayam kampung juga dipergunakan untuk tambahan campuran pada jamu gendong.

Jamu biasanya terasa pahit oleh karena itu kadang ada yang menambah madu sebagai pemanis. Bahkan ada pula jamu yang ditambah dengan anggur. Selain sebagai pengurang rasa pahit, anggur juga berfungsi sebagai penghangat tubuh. Berikut adalah beberapa nama jamu tradisional indonesia dan manfaat khasiatnya.
Daftar nama Jamu Tradisonal Indonesia dan Manfaat Khasiatnya
Jamu Gendong Tradisional Indonesia
Daftar nama Jamu Tradisonal Indonesia dan Manfaat Khasiatnya

1. Kunyit Asam
Apakah Anda punya masalah dengan haid? Coba deh ramuan herbal alami kunyit asam. Rasanya segar dan mampu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan seperti panas dalam. Selain itu juga berfungsi untuk menurunkan berat badan lho.

2. Jamu Gepyokan
Jamu yang satu ini biasanya disarankan para calon mertua pada menantu wanitanya. Hal ini karena manfaat jamu gepyokan yang mampu menjaga kuantitas air susu ibu. Bahan alami di dalamnya biasanya dibuat dari kencur, jahe, daun katu, dan sebagainya. Alami dan baik bagi kesehatan.

3. Jamu Cabe Lempuyang
Bila Anda mengalami pegal linu di daerah pinggang, boleh juga mencoba jamu cabe lempuyang ini. Terbuat dari cabe jamu dan rimpang lempuyang, jamu pegal linu itu bisa mengatasi masalah kesemutan dan capek-capek di badan.

Jamu adalah salah satu minuman warisan nenek moyang asli Indonesia. Jagalah budaya kita agar tetap bertahan dan bisa dinikmati oleh anak cucu kita nanti.

4. Beras Kencur
Jenis jamu yang satu ini adalah yang paling populer di kalangan masyarakat. Biasanya sih, orang-orang meminumkan beras kencur pada anak mereka agar lebih nafsu makan,. Komposisi alaminya terbuat dari beras, kencur, jahe dan gula merah. Bahan-bahan lain adalah biji kedawung, rimpang jahe, biji kapulogo dan lain-lain. Khasiatnya selain menambah nafsu makan juga untuk membuat tubuh lebih bugar dan meredakan pegal-pegal.

5. Paitan
Banyak yang tidak suka dengan jenis jamu ini. Padahal jamu ini justru baik untuk kesehatan. Kandungan alaminya berupa sambiloto dan brotowali. Meski pahit, bila Anda mau meminumnya secara rutin, maka jamu ini bisa memerangi berbagai penyakit seperti kolesterol. Selain itu khasiat pahitnya bisa membersihkan darah dan menghilangkan jerawat.

6. Kunci Sirih 
Bagi wanita, jamu yang satu ini mungkin sudah sangat akrab. Jamu yang mampu mengatasi bau badan dan mengencangkan perut ini biasanya dibuat dari daun kunci dan daun sirih. Biasanya juga ditambahkan kencur dan sebagainya. Tentu saja jamu ini juga punya manfaat baik bagi kesehatan organ intim Anda.

Mendengar kata jamu, seseorang sudah pasti tertuju dengan bau khasnya. Bukan hanya sebagai obat ibu melahirkan, jamu juga banyak di konsumsi oran-orang secara rutin. hal ini juga di percaya bisa menambah stamina seseorang.

"Jamu persembahan dari alam syurga rempah indonesia".

Memperkenalan Jamu Sebagai Budaya Indonesia lewat media online juga sangat di perlukan. Maka dari itu diperlukan partisipasi dari berbagai kalangan seperti blogger, portal berita, forum - forum kesehatan di indonesia,dll.

Hal inilah yang dapat memperkenalkan Jamu tradisional indonesia ke seluruh dunia, juga kepada generasi milenia dan yang lebih penting lagi, agar kelestarian Jamu sebagai obat herbal warisan leluhur bisa terjaga kelestarianya. Demikian semoga bermanfaat untuk pembaca. Terima kasih.

Terimakasih telah membaca artikel | Daftar nama Jamu Tradisonal Indonesia dan Manfaat Khasiatnya | Silahkan boleh di Share.

Related Articles :