Daftar nomer urut Parpol peserta Pemilu 2019 Indonesia

Daftar nomer urut Parpol peserta Pemilu 2019 Indonesia. Pada hari Minggu, tanggal 18 Februari 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memverifikasi dan melakukan pengundian nomor urut bagi Partai politik yang akan mengikuti pemilu tahun 2019 mendatang,

Hasilnya sebanyak 14 partai politik (parpol) telah dinyatakan lolos verifikasi faktual dan telah mendapatkan nomor urut peserta Pemilu 2019, yang pengundianya telah dilaksanakan di Gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta. Tercatat banyak hal yang cukup menarik untuk di simak.

Sebelumnya tercatat ada sembilan partai politik yang diminta oleh KPU untuk memperbaiki kelengkapan administrasi dan lalu untuk mendaftar kembali setelah sebelumnya dinyatakan gagal. Sembilan partai tersebut adalah


Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Idaman, Partai Republik, Partai Bhinneka Indonesia, Partai Rakyat, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) kubu Hendropriyono, Partai Indonesia Kerja (PIKA), Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), dan Partai Suara Rakyat Indonesia (Parsindo). 

Dari ke sembilan partai tersebut, ada tujuh parpol yang dinyatakan tidak lolos ke tahap verifikasi faktual oleh KPU.

Salah satu partai yang gagal lolos verifikasi adalah Partai Islam Damai Aman atau disingkat Partai Idaman yang didirikan oleh Raja dangdut indonesia Rhoma Irama. Hal tersebut tentu saja langsung menjadi pukulan berat bagi sang Raja dangdut Rhoma Irama dan juga segenap pengurus partai Idaman. Pasalnya, banyak kader dan juga simpatisan yang begitu sangat yakin jika partai Idaman akan bisa terus melaju dan berlaga di Pemilu 2019 mendatang.

Partai Gerindra mendapat nomor urut 2, dan sang ketua umumnya Pak Prabowo mengatakan "salam dua jari" sesaat setelah nomer urut Partai Gerinda disebutkan. Kata-kata "Salam dua jari " adalah merupakan slogan Pak Jokowi saat pemilu 2014 yang lalu.

Lalu ada Partai Demokrat yang berharap mendapat nomor urut 9 dan ternyata justru mendapat nomor urut paling akhir yaitu 14, seperti kita ketahui bersama bahwa nomor 9 adalah nomor favorit partai Demokrat dan SBY, mengingat partai Demokrat ini memang berdiri pada 9 September 2001.

Sementara itu nomor urut 1 peserta Pemilu 2019 jatuh pada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), lalu ada nomor urut 3 untuk  PDI Perjuangan, kemudian diatasnya nomor urut 4 jatuh pada Partai Golongan Karya Golkar. Sedangkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ada di nomor urut 8 Parpol peserta pemilu 2019 indonesia. Berikut adalah daftar lengkap hasil pengundian nomor urut parpol peserta pemilu 2019.

Daftar nomer urut Parpol peserta Pemilu 2019



Daftar nomer urut Parpol peserta Pemilu 2019 iki-min
Daftar nomer urut Parpol peserta Pemilu 2019 

Nomer urut 1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Nomer urut 2. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)

Nomer urut 3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

Nomer urut 4. Partai Golongan Karya (Golkar)

Nomer urut 5. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)

Nomer urut 6. Partai Garuda

Nomer urut 7. Partai Berkarya

Nomer urut 8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Nomer urut 9. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)

Nomer urut 10. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

Nomer urut 11. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Nomer urut 12. Partai Amanat Nasional (PAN)

Nomer urut 13. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)

Nomer urut 14. Partai Demokrat (PD).

Dari Daftar nomer urut Parpol peserta Pemilu 2019, tercatat ada empat partai politik baru yang akan turut bersaing meraimakan dalam pemilihan umum legislatif 2019 mendatang, keempat partai politik tersebut adalah Partai Garuda dengan nomor urut 6, Partai Berkarya dengan nomor urut 7, Partai Perindo dengan nomor urut 9 dan PSI dengan nomor urut 11. Semoga bermanfaat.

Terimakasih telah membaca artikel | Daftar nomer urut Parpol peserta Pemilu 2019 Indonesia | Silahkan boleh di Share.

Related Articles :