Gunung Bromo dan Masyarakat Suku Tengger

Gunung bromo adalah merupakan sebuah gunung dengan sejuta pesona di dalamnya, gunung bromo ada di provinsi jawa timur. Di setiap harinya gunung Bromo tidak pernah sepi dengan wisatawan, karena memang ada saja wisatwawan baik lokal maupun mancanegara yang datang untuk melihat berbagai pesona keindahan yang tedapat di dalamnya.

Perlu di ketahui bahwa Gunung bromo ini sebenarnya termasuk kedalam kategori gunung berapi aktif di indonesia, jadi bagi kaliaan yang berencana mengunjungi Bromo tentunya harus mematuhi larangan atau peraturan yang telah di buat pengelola wisata Gunung Bromo yaitu Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Gunung Bromo memiliki ketinggian sekitar 2.392 meter di atas permukaan laut ( mdpl ), berada di empat wilayah, yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Yang terkenal di bromo adalah pesona keindahan matahri terbitnya ( sunrise ).

Pemandangan matahari terbit gunung bromo sangat mempesona dengan latar depan Gunung Semeru yang berada di kejauhan yang menambah keindahan panorama yang bisa Kalian saksikan dari puncak Gunung Bromo. Selain itu kalian dapat juga menikmati pemandangan kawah Gunung Bromo.
Sunrise Bromo
Sunrise Bromo
Di tengah-tengah gunung Bromo terdapat sebuah kawah yang dalamnya mencapai 800 meter dari atas gunung, kawah gunung bromo setiap detiknya mengeluarkan asap yang panas, tentunya kalian harus berhati-hati dengan tetap mematuhi larangan - larangan yang telah dibuat di gunung bromo demi keselamatan.

Masyarakat Suku Tengger Bromo 

Suku Tengger adalah merupakan suku aseli yang ada di gunung bromo, suku ini sudah ada sejak dahulu kala. Mereka sebagian besar Masyarakat suku tengger menganut agama hindu yang taat yang tentunya juga sangat berbeda dengan Masyarakat hindu yang ada di bali.

Keberadaan mereka, suku tengger di bromo sangat di akui oleh seluruh warga sekitar, karena keramah tamahanya dan juga sistem kekeluargaanya yang erat, selain itu juga suku tengger sangat berpegang teguh pada adat dan istiadat hindu lama, makanya mereka sangat bersikap agamis dengan agamanya. Sebagian besar profesi dari masyarakat suku tengger adalah sebagai petani.
Masyarakat Suku Tengger Bromo
Suku Tengger Bromo
SUKU TENGGER TINGGAL DI KAWASAN GUNUNG BROMO. PAKAIAN KESEHARIAN PRIA SUKU TENGGER IDENTIK DENGAN KUPLUK TOPI UNTUK MELINDUNGI KEPALA DARI DINGIN JUGA PANAS MATAHRAI.

MEREKA MENGGUNAKAN SARUNG DENGAN CARA KEKEMUL, DISARUNGKAN PADA TUBUH BAGIAN ATAS, DI LIPAT UNTUK MENUTUPI KEDUA BAGIAN TANGAN NYA KEMUDIAN DIGANTUNG KAN DI PUNDAK

Jika kalian ingin bersilahturahmi atau bertemu secara langsung dengan masyarakat suku tengger, maka datang saja langsung ke gunung bromo sambil menikmati pesona keindahan gunung bromo, kalian dapat juga belajar dan mengenal salah satu kekayaan budaya yang di miliki bangsa indonesia.

Terimakasih telah membaca artikel | Gunung Bromo dan Masyarakat Suku Tengger | Silahkan boleh di Share.

Related Articles :