Melihat Pesona Keindahan Sunrise Gunung Bromo

Melihat Pesona Keindahan Sunrise Gunung Bromo. Untuk dapat menikmati pesona keindahan sunrise di Bromo, satu hal utama yang wajib kalian lakukan tentunya adalah harus rela bangun pagi buta untuk berangkat ke spot-spot yang menyajikan view keindahan pesona Kaldera Tengger, yaitu pesona Gunung Bromo, Semeru, Gunung Kursi, Gunung Watangan, Gunung Batok dan hingga ke elokan Gunung Widodaren.
bromo
bromo
Nah untuk dapat menikmati view terbaik di bromo, ternyata ada 4 spot terbaik untuk menikmati pesona keindahan sunrise dengan latar pemandangan terbaik Gunung Bromo

1. Dari Penanjakan 1

Bicara soal sunrise Bromo tentu tak lepas dari Penanjakan 1 di ketinggian 2.770 mdpl. Penanjakan 1 menjadi favorit traveler karena pemandangannya yang mempesona mata, bahkan Gunung Semeru pun terlihat di kejauhan sana. Maka tak mengherakan kalau biasanya pukul 04.00 WIB pagi sudah ramai dengan turis yang berburu sunrise.

Di Penanjakan 1 fasilitasnya terbilang lengkap, sudah tersedia musala, toilet, aneka warung yang menjual berbagai makanan juga minuman serta terdapat juga toko suvenir oleh - oleh. Untuk sekedar duduk-duduk pun ada tersedia tribun yang cukup luas dan menghadap ke arah Kaldera Tengger.

2. Dari Penanjakan 2 atau Seruni Point di Probolinggo 

Penanjakan 2 atau Seruni Point di Probolinggo ini bisa dijadikan alternatif kalau Penanjakan 1 sudah terlalu ramai pengunjung terutama di hari - hari libur panjang. Karena memang penanjakan 1 ini suka ditutup seperti jelang akhir tahun, nah maka dari itu kalian bisa beralih ke Penanjakan 2 yang  pemandangan sunrisenya tak kalah ciamik dari Penanjakan 1.

3. Dari  Bukit Cinta

Berikutnya ada dari Bukit Cinta di ketinggian 2.680 mdpl. Bukit cinta ini menjadi salah satu lokasi tertinggi untuk melihat pemandangan sekitar Kaldera Tengger. Lokasinya tak jauh dari Penanjakan 1, namun untuk menuju sini di butuhkan fisik prima.

4. Dari  Bukit Kingkong

Satu lagi spot untuk melihat sunrise terbaik di bromo adalah dari Bukit Kingkong. Bukit ini berada di ketinggian sekitar 2.600 mdpl, lebih rendah dari Penanjakan 1. Jalanan menuju Bukit Kingkong juga sudah bagus dan memadai sehingga mudah dijangkau. Jadi setelah melihat sunrise di Penanjakan 1, Kalian juga bisa melanjutkan perjalanan ke Bukit Kingkong, jika kalian ingin melihat sisi lain dari Gunung Bromo dan sekitarnya.
gunung bromo
kaldera gunung bromo
Fasilitas - fasilitas yang ada di Gunung Bromo

Karena telah dikelola dengan baik, anda bisa menemukan beberapa fasilitas-fasilitas penunjang yang bisa anda gunakan atau manfaatkan di Gunung Bromo, antara lain adalah;

  1. Penginapan Bromo. Biasanya wisatawan yang berasal dari luar kota akan merencanakan untuk menghabiskan malam di Gunung Bromo, entah untuk hiking atau sekedar untuk menikmati waktu liburan lebih lama. Jika kalian tidak mau repot-repot berkemah, di bromo tersedia beberapa penginapan yang memiliki harga bervariasi.
  2. Tempat persewaan kuda atau jeep bromo.  Jika kalian ingin menyusuri kawah Gunung Bromo, kalian bisa menggunakan kuda atau jeep. Di bromo telah disediakan tempat penyewaan kuda atau jeep. Harga persewaan kuda atau jeep bromo bermacam-macam, tergantung dari kemampuan kantong kalian.
  3. Mushola. Berlibur atau berwisata ke suatu tempat sebaiknya tidak membuat kita meninggalkan ibadah sholat. Nah bagi kalian yang ingin melaksanakan ibadah sholat di bromo juga banyak tersedia mushola yang nyaman.
  4. Tempat parkir bromo. Untuk kalian yang membawa kendaraan pribadi, jangan khawatir karena di obyek wisata bromo tersedia tempat parkir yang memadai untuk menampung kendaraan wisatawan.
  5. Pos istirahat. Jika kalian kebromo untuk hiking / mendaki, di Gunung Bromo akan mudah di jumpai beberapa pos untuk tempat beristirahat.
  6. Toilet umum. Salah satu fasilitas penting adalah toilet umum, jadi jangan hawatir bagi kalian yang ingin menggunakan kamar mandi tidak perlu hawatir, karena di bromo tersedia tempat ini.
Jam Buka Operasional dan Tiket Masuk ke Gunung Bromo

Wisata Gunung Bromo dibuka selama 24 jam, setiap hari jadi Kalian dapat merencanakan untuk mengunjunginya bromo kapan pun yang kalian mau. Tinggal menyesuaikan dengan jadwal waktu luang kalian.
Pesona Keindahan Sunrise Gunung Bromo
Pesona Keindahan Sunrise Gunung Bromo
Tips aman Berlibur ke Gunung Bromo

  1. Persiapkan energi kalian, karena pastinya dibutuhkan fisik proma saat sampai di Gunung Bromo
  2. Pastikan juga untuk yang menggunakan kendaraan pribadi dalam kondisi prima
  3. Siapkan juga jaket tebal juga sarung tangan, karena udara di bromo sangat dingin
  4. Pakailah alas kaki yang sesuai dan nyaman, karena Kalian akan hiking.
  5. Bawalah perbekalan makanan juga minuman yang cukup
  6. Selalu patuhi larangan - larangan yang ada di gunung bromo
Demikian Tips Berlibur ke Gunung Bromo, semoga bermanfaat Kalian yang berencana berlibur ke Bromo. 

Terimakasih telah membaca artikel | Melihat Pesona Keindahan Sunrise Gunung Bromo | Silahkan boleh di Share.

Related Articles :