Pembuatan patung Bundaran HI dan sejarahnya

Karena letaknya tepat ditengah-tengah bundaran Hotel Indonesia maka banyak yang menyebut Patung monumen Selamat datang dengan sebutan Patung bundaran HI atau Patung HI.
patung Bundaran HI
patung Bundaran HI
Jika Anda pernah berkunjung kejakarta atau tinggal disekitar Jakarta pasti tidak asing lagi dengan patung bunderan HI yang Saya rasa semua orang pasti tahu dengan patung monumen Selamat datang atau patung bunderan HI.Letak patung bunderan HI ini bearada tepat ditengah - tengah bundaran Hotel Indonesia yaitu tepat dipersimpangan JL.MH.Thamrin dengan JL.Imam Bonjol, JL.Sutan Syahrir dan JL.Kebon Kacang Jakarta Pusat dan sangatlah mudah akses untuk mencapai Bundaran Hotel Indonesia.

Sejarah Pembuatan patung Bundaran Hotel Indonesia

Patung Bundaran HI yang diresmikan pada tahun 1962 ini dikerjakan kurang lebih selama satu tahun dengan tinggi kaki penyangga 10 M, tinggi patung dari kepala sampai kaki 5 M, dan tinggi seluruhnya dari kaki hingga tangan melambai adalah kurang lebih 7 meter adalah prakarsa dari Presiden Soekarno untuk menyambut para Atlet dan tamu - tamu kenegaraan yang menginap di Hotel Indonesia dalam rangka pesta  olah raga terbesar se Asia yaitu Asian Games ke IV Jakarta pada tanggal 24 agustus 1962 sampai tanggal 4 september 1962.
Sejarah Pembuatan patung Bundaran Hotel Indonesia
Sejarah Pembuatan patung Bundaran Hotel Indonesia
Rancangan awal pembuatan patung bundaran HI dikerjakan oleh wakil gubenur DKI Jakarta Henk ngantung dan pembuatan patung bunderan HI dekerjakan oleh tim pematung keluarga arca yang dipimpin oleh Edhi Sunarso di karangwuni.Saat pembuatan patung bundaran HI berlangsung Presiden Soekarno bersama duta besar America Mr Jones dan para staf kementrian menyempatkan diri berkunjung dan melihat proses pembuatan patung bundarah HI atau patung monumen selamat datang yang ia prakarsai .

Karena dinilai sudah kuno dan mengalami banyak kerusakan maka bertepatan degan hari jadi kota DKI Jakarta yang ke 475 yang jatuh pada tanggal 22 juni 2002 patung bundaran HI mengalami renovasi pada kolam,air mancur ,dan pencahayaanya,adapun proses penataan kembali  atau renovasi pada patung bundaran HI kabarnya menghabiskan dana sekitar 14 milyar.

Gebarakan 100 Hari kerja Gubenur dan wakil Gubenur DKI Jakarta terpilih Jokowi-Ahok melalui program kerjanya patung bundaran HI pada november 2012 dibersihkan oleh dinas pertamanan dan pemakaman DKI Jakarta,bahkan pembersihan tidak hanya dilakukan pada patung bundaran HI saja , melalui program kerjanya Gubenur dan wakil gubenur DKI Jakarta Jokowi - ahok akan membersihkan patung - patung bersejarah yang ada di DKI Jakarta setiap tahunya.

Pada era reformasi sampai sekarang, selain di depan gedung DPR dan MPR, Patung bunderan HI menjadi tempat favorit untuk berdemo dan berorasi para pengunjuk rasa. Selain itu dengan adanya peraturan car free day yang dicanangkan oleh gubenur DKI Jakarta, tempat ini juga menjadi tempat favorit berkumpul dan berolahraga setiap hari minggu.

Untuk mencapai patung selamat datang atau patung bundaran HI sangatlah mudah dengan. Kalian bisa menggunakan transportasi Busway atau bus tingkat gratis yang baru - baru ini telah diresmikan oleh gubenur dki jakarta Jokowi - Ahok.

Terimakasih telah membaca artikel Pembuatan patung Bundaran HI dan sejarahnya. Silahkan boleh di Share.

1. Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
2. Komentar SPAM dengan link url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
3. Terimakasih atas kunjunganya
EmoticonEmoticon