Pembuatan patung Garuda Wisnu Kencana diperkirakan senilai 450 Miliar

Patung Garuda Wisnu Kencana merupakan patung yang berwujud Dewa wisnu mengendarai Burung Garuda. Dalam kepercayaan agama Hindu Dewa Wisnu adalah Dewa pemelihara (sthiti). Burung Garuda Wisnu Kencana diartikan burung Garuda kendaraan Dewa Wisnu, yang dalam kisah singkatnya diceritakan bahwa Sang Garuda merelakan diri menjadi kendaraan Dewa Wisnu sebagai tebusan karena Sang Garuda telah mengambil pusaka Tirta Amerta Dewa Wisnu tanpa ijin, hal ini dilakukan Sang Garuda demi untuk menyelamatkan Ibunya dari perbudakan. Maka sebagai ganti dan menebus kesalahanya, jadilah Sang Garuda menjadi kendaraan Dewa Wisnu.

Secara lengkapnya tokoh Garuda dapat dilihat dalam Kisah Garuda dan Kerajaanya berkisah tentang rasa bakti dan pengorbanan Burung Garuda untuk menyelamatkan Ibunya dari perbudakan dan ahirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu.
patung gwk pada saat dalam bagian yang terpisah
23 tahun silam pada saat itu atas gagasan Joov Ave , Ida Bagus Mantra (Gubenur Bali )dan Mentri pertambangan IB Sujana serta Ari Bastaman dibukit Unggasan Jimbaran Bali dibangun Patung Garuda Wisnu Kencana sebagai ikon baru pulau dewata Bali demi kepentingan pariwisata dan kebudayaan Bali sehingga bisa memberi nilai tambah lebih besar dimata Dunia. Patung Garuda Wisnu Kencana sendiri dibuat oleh pematung terkenal Bali , I Nyoman Nuarta

Ketika Indonesia dihantam badai krisis moneter tahun 1997, patung Garuda Wisnu kencana yang telah menghabiskan dana sekitar 40 Miliar lebih merasakan dampaknya sehingga tersendat dalam proses pembuatanya, alhasil patung Garuda wisnu kencana belum memiliki bentuk yang utuh dan lengkap seperti apa yang diharapkan.

Setelah terhenti sekitar 16 tahun pada hari Jumat 23 -08-2013 pembuatan patung Garuda Wisnu Kencana kembali dilanjutkan dengan ditandai dengan peletakan batu pertama dan dilakukan di kawasan taman Garuda Wisnu Kencana Unggasan Jimbaran Bali. I Nyoman Nuarta yang merupakan arsitek pembuatan patung Garuda Wisnu Kencana menargetkan bahwa Patung Garuda Wisnu Kencana akan selesai pada tahun 2016 yang akan datang.

I Nyoman Nuarta dibantu sesama rekan senimanya mengerjakan proses bagian patung Garuda Wisnu Kencana di dua tempat berbeda yaitu di Bandung dan dilokasi patung Garuda Wisnu Kencana itu sendiri. Kabranya pihak yayasan GWK selaku pengelola taman bekerjasama dengan investor PT.GAIN untuk merampungkan mega proyek Patung Garuda Wisnu Kencana tersebut.

Pembuatan patung Garuda Wisnu Kencana diperkirakan senilai 450 Miliar
setelah jadi nantinya patung garuda wisnu kencana dibali kira - kira akan seperti ini
Patung Garuda Wisnu Kencana ini natinya akan menjadi Landmark pariwisata Indonesia diabad modern. Pada nantinya menurut sang Arsiteknya wujud patung Garuda Wisnu Kencana akan nampak megah dan indah. Patung GWK tersebut akan menjadi sejarah patung yang terbesar di Dunia dengan tinggi mencapai 126 meter dan berat mencapai 3000 ton. Struktur patung dibuat dengan bahan tembaga , kuningan, baja, serta pada bagian tertentu akan dilapisi mozaik emas

Patung GWK atau Garuda Dewa Wisnu Kencana diklaim akan mengalahkan tinggi dan besar dari patung Liberty di America Serikat. Sebelum Patung Garuda Wisnu kencana selesai dan baru saja dimulai kembali pembangunanya, kabar berita duka datang dari salah satu penggagas patung Garuda Wisnu Kencana, beliau adalah Bapak Joov ave menghembuskan nafas terahir di Singapura pada hari Rabu 5/2/2014 pukul 17.40 wib ,semoga amal ibadah beliau diterima disisiNya dan mari Kita doakan bersama menurut ajaran Agama dan kepercayaan masing - masing.

Jika Anda bertempat tinggal dibali atau pernah berkunjung ke pulau dewata Bali, Anda bisa menyaksikan sendiri bagaimana keindahan dan kemegahan patung Garuda Wisnu Kencana sebelum dan setelah selesai pembuatan patung Garuda Wisnu Kencana nanti. Mari Kita tunggu dan berdoa bersama - sama agar proses pembuatan patung yang diperkirakan menelan dana sekitar 450 Miliar ini berjalan sesuai rencana dan tidak ada halangan satu apapun.

Update berita Pembuatan patung Garuda Wisnu Kencana
Pemasangan modul terakhir patung GWK
Modul terakhir patung GWK
Pemasangan modul terakhir patung GWK telah rampung pada Rabu (1/8/2018). Kini total 754 modul yang ada pada Proyek pembuatan Patung Garuda Wisnu Kencana telah selesai. Mahkota Dewa Wisnu tersebut merupakan modul ke-529 dari total 754 modul yang terpasang di patung setinggi 121 meter tersebut.

Patung GWK adalah 100 persen dibuat oleh anak-anak bangsa tanpa campur tangan pihak asing. Proyek pembuatan patung GWK ini akhirnya selesai menjelang perayaan HUT RI ke-73.

Pembuat patung berukuran 121 meter I Nyoman Nuarta, berharap patung ini dapat menjadi hadiah spesial bagi peringatan hari ulang tahun yang ke 73 kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2018.

Garuda Wisnu Kencana bukan sekadar patung yang tinggi, namun menurut Noyoman, patung GWK adalah melambangkan kehidupan dari budaya Bali yang bersifat universal dan juga bisa dipelajari oleh siapa saja. Sementara, itu Garuda disimbolkan sebagai sosok manusia yang gagah perkasa menjaga kehidupan. Patung setinggi 121 meter ini, ditargetkan selesai dibangun pada Agustus 2018.

Terimakasih telah membaca artikel Pembuatan patung Garuda Wisnu Kencana diperkirakan senilai 450 Miliar. Silahkan boleh di Share.

1. Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
2. Komentar SPAM dengan link url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
3. Terimakasih atas kunjunganya
EmoticonEmoticon