Juli 15, 2015

7 hal yang sering dilakukan Anak Indonesia jaman dulu

7 Hal yang sering dilakukan Anak Indonesia jaman dulu. Menurut psikologi Anak adalah periode perkembangan yang merentang dari masa usia bayi hingga usia lima atau enam tahun,periode ini biasanya disebut periode prasekolah,kemudian berkembang setara dengan tahun-tahun sekolah dasar.

Pada umumnya orang berpendapat bahwa masa kanak - kanak merupakan masa yang panjang dalam rentang kehidupanya. Bagi kehidupan Anak sendiri masa kanak-kanak sering mereka anggap tidak ada ahirnya,sehingga Mereka sering tidak sabar menunggu saat yang didambakan yaitu pengakuan dari orang dewasa bahwa mereka bukan lagi Anak - anak.

Sedikit teringat masa lalu Saya dikampung halaman saat ketika menjadi seorang Anak-anak yang Saya rasakan seperti sudah jauh berbeda pada masa Anak-anak dijaman sekarang. Banyak hal yang dilakukan Anak Indonesia jaman dulu. Taukah Anda 7 hal yang sering dilakukan Anak Indonesia jaman dulu.

gambar 7 hal yang sering dilakukan Anak Indonesia jaman dulu
Gambar lukisan anak indonesia credit image by belajar mewarnai facebook @Liant Kie
7 Hal yang sering dilakukan Anak -anak Indonesia pada jaman dahulu

1. Mainan meriem bambu (dikampung Saya namanya slung)

gambar Mainan meriem bambu

Bulan Ramadhan seperti sekarang adalah bulan yang dinanti - nanti banyak Anak-anak di indonesia. Pada jaman kecil Saya dulu, menyambut datangnya bulan suci ramadhan banyak anak-anak didesa berlomba-lomba membuat meriem bambu untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Suara dentuman meriem bambu  'slung...slung...slung...'  terdengar saling saut menyaut dan suasana seperti ini yang terus menjadi ingatan hingga sekarang beranjak dewasa dan menua nanti.

2. Mandi dikali 

gambar anak indonesia mandi di kali

Kebiasaan Anak-anak jaman dulu sehabis pulang sekolah atau hari libur pasti tak lepas dari hoby mandi dikali bersama-sama. Bahkan tak jarang karena kelamaan hingga mata menjadi merah. Anak jaman dulu punya siasat agar tidak ketahuan orang tua kalau ia habis mandi di kali, biasanya mereka melepas pakaian juga celananya hingga nyaris tanpa busana.

Bahkan ada beberapa anak yang benar - benar tanpa busana. Alasan melepas pakaian Mereka karena jika ketahuan Orang Tua, bisa-bisa sampai rumah telingga jadi panjang karena dijewer atau pantat dipukul pake sapu. Ha ha seru kalau di ingat.

3. Nyari belut disawah

gambar anak dulu nyari belut di sawah

Kegiatan yang satu ini bener-bener bisa bikin lupa makan siang, ya.....nyari belut belut disawah memang asyik walau terkadang sambil dikejar-kejaran oleh pemilik sawah karena merusak tanaman padi yang baru ditanam. Walau demikian mereka seakan tak kapok untuk kembali lagi melakukan hal yang sama keesokan harinya dan seterusnya.

4. Berburu ikan dibulan Januari

gambar Berburu ikan dibulan Januari

Pada bulan Januari yang pada kala itu identik degan hujan sehari-hari, sungai menjadi meluap dan banyak terdapat ikan keting (semacam lele) memenuhi sungai, sehingga ikan menjadi mainan yang asik untuk dipancing atau ditangkap sehabis pulang sekolah.

5. Berburu jangkrik genggong

gambar Berburu jangkrik genggong

Jika musim jangkrik tiba, serentak jangkring menjadi trending topik dikalangan anak-anak jaman dulu, tiap pulang sekolah hingga beranjak sore dipersawahan yang kering habis panen dipenuhuhi anak-anak yang sibuk menggali tanah untuk bisa mendapatkan jangkrik genggong. Bahkan di sekolah - sekolahpun dijual jangkrik lengkap dengan kandangnya.

6. Maen ketapel

gambar anak dulu maen ketapel

Saat musim ketapel tiba, mereka beramai-ramai memainkanya hingga tak jarang banyak genteng tetangga yang pecah karena terkena lontaran batu dari ketapel yang entah mereka arahkan kemana tujuanya.

7. Mainan kelereng

gambar Mainan kelereng

Jika musim kelereng tiba para orang tua sedikit tenang, karena kebanyakan dari anak-anak ini tidak main jauh-jauh, mereka biasanya setiap pulang sekolah berkumpul dihalaman yang luas untuk mengadu keahlian dalam bermain bola kelereng.

Taukah Anda bahwa beberapa hal tersebut diatas sudah jarang dilakukan oleh Anak Indonesia jaman sekarang, walaupun ada juga beberapa yang masih dilakukan oleh Anak Indonesia jaman sekarang. Demikian dan semoga bermanfaat. Boleh di share artikelnya.

Terimakasih telah membaca artikel 7 hal yang sering dilakukan Anak Indonesia jaman dulu. Semoga bermanfaat | Ayo Share dan sebarkan.