Agustus 01, 2015

Beberapa nama yang pernah dipakai Indonesia sebelum Indonesia

Beberapa Nama yang pernah dipakai Indonesia. Nama Indonesia berasal dari bahasa yunani "Indo" dan "nesia" yang mempunyai arti kepulauan Hindia.

Sebelum menjadi Indonesia negara kita ternyata pernah menggunakan beberapa nama hingga ahirnya dikenal dengan nama Indonesia. Dari beberapa nama untuk menyebut Indonesia, Saya lebih suka Indonesia disebut Nusantara. Penasaran dengan nama sebutan Indonesia dahulu. Langsung saja simak artikel berikut ini.

Beberapa nama yang pernah digunakan untuk menyebut Indonesia 

Beberapa nama yang pernah dipakai Indonesia sebelum Indonesia

1. Hindia
Nama Hindia dahulu untuk Indonesia sekarang adalah ciptaan dari seorang ahli sejarah berkebangsaan Yunanai (484-425 SM) atau yang dikenal dengan sebutan Bapak ilmu sejarah bernama Herodotus. Nama Hindia ini terkenal pada tahun 1498 M sesudah bangsa Portugis dibawah Pimpinan Vasco da Gamma (Pelaut Portugis) mendapati kepulauan ini.Adapun nama Hindia baru dipergunakan untuk kepulauan ini oleh Ptolomeus (100-178 SM) seorang ahli ilmu bumi yang terkenal pada saat itu.

2. Hindia-Belanda (Nederlands-Indie)
Nama Hindia-Belanda untuk Indonesia populer pada saat negara kita dalam masa penjajahan Belanda. Nama Hindia-Belanda (Nederlands-indie) sendiri diberikan oleh Cournelis de Houtman seorang pimpinan bangsa belanda pada saat itu,yang berkuasa di indonesia pada tahun 1596.Pada tahun 1938 Timnas sepak bola Indonesia pernah berpartisipasi pada ajang Piala Dunia di Prancis dengan memakai nama Hindia-Belanda.

3. Insulinde
Insulinde yang berarti pulau dihindia juga pernah menjadi sebutan dari Indonesia pada masa sekarang.Adalah Eduard Douwes Dekker pencipta nama Insulinde untuk Indonesia pada tahun 1860. Douwes Dekker adlah merupakan pegawai pemerintah yang merasa kecewa dengan kesewenang-wenangan pemerintah kolonial Belanda pada saat itu. Douwes Dekker kemudian menulis buku berjudul Max Haveelar. Nama Insulinde dipopulerkan oleh Professor P.J.Veth.

4. Nusantara
Nama Nusantara untuk Indonesia ditemui pada naskah dalam perpustakaan India kuno.Nusantara sendiri berarti pulau-pulau yang berada diantara benua-benua. Dalam kitab negarakertagama menyebutkan jika nusantara berarti pulau-pulau kecil yang berada diluar tanah jawa.Sementara dalam sejarah melayu memakai nama Nusatamara.Namun nama Nusatamara sesungguhnya berasal dari ucapan Nusantara.

5. The Malay Archipelago
Nama The Malay Archipelago untuk Indonesia berasal dari bahasa Yunani Malay artinya melayu sedangkan Archipelagus (Archi =memerintah dan plagus=laut) yang berarti menguasi laut,jadi The Malay Archipelagus berarti juga kumpulan pulau-pulau Melayu. The Malay Archipelago diciptakan oleh Alfred Russel Wallace pada tahun 1869, setelah ia mengadakan perlawatan ke Indonesia.(dari berbagai sumber).

Demikian semoga bermanfaat.