Kemewahan makam suku Batak merupakan kekayaan Budaya Indonesia

Kemewahan Makan Suku Batak Merupakan kekayaan Budaya Indonesia. Pertengahan Februari 2014, Saya ada urusan pekerjaan di desa Aritonang kecamatan Muara Tapanuli Utara. Selama dua minggu Saya berada di lokasi, Saya sempatkan untuk berjalan - jalan menikmati keindahan pemandangan alam Danau Toba dan sekitarnya.

Selain terpesona dengan keindahan alam Danau Toba, Saya juga merasa takjub dengan kemegahan makam - makam suku Batak yang berhias patung, relief, ataupun ornamen-ornamen khas Suku Batak, menurut kaca mata Saya pribadi, makam - makam tersebut sangat kontraversi dengan kenyataan hidup Masyarakat sekitarnya.

Kemewahan makam suku Batak merupakan kekayaan Budaya Indonesia
makam suku Batak di kecamatan muara tapanuli utara
Setelah Saya cari informasi dari berbagai sumber, ahirnya Saya mengerti bahwa Orang Batak sangatlah menghormati para leluhurnya, Mereka percaya bahwa masih ada interaksi antara yang hidup dengan yang sudah wafat dan interaksi tersebut memiliki pengaruh yang besar baik bagi Manusia yang hidup maupun bagi roh - roh yang sudah wafat tersebut.Tidak sekedar menghormati, Masyarakat Batak sangat mengsakralkan makam ataupun tugu penghoramatan leluhurnya,begitu sakralnya orang Batak akan membela mati - matian bila ada yang merusak makam - makam para leluhur mereka.

Jika Kita lihat tugu, makam, kuburan, atau istilahnya tambak sering kali dihiasi berbagai macam bentuk hiasan patung seperti bentuk patung orang yang telah meninggal, patung orang berkuda, patung harimau, patung miniatur rumah adat bahkan ada patung seperti orang dicambuk, yang semuanya menurut cerita memiliki arti tersendiri seperti misalnya orang berkuda melambangkan keluarga Raja. Berdasarkan perkembanganya setelah agama kristen menjadi Agama mayoritas suku batak kuburan -kuburan tersebut mengalami pembauran antara unsur modern dari segi bangunan dan serta penambahan hiasan salib sebagai lambang keagamisan.

Demikian artikel tentang Kemewahan makam suku Batak merupakan kekayaan Budaya Indonesia. Mohon maaf jika ada salah dalam pengartian kata ataupun tulisan karena tak ada niat lain selain ingin memberikan gambaran tentang keanekaragaman adat dan kekayaan budaya Indonesia Kita tercinta. Semoga bermanfaat.