September 24, 2015

Pesona alam puncak gunung prau

Pesona alam puncak Gunung Prau sangat spektakuler dan menakjubkan bagi setiap orang. Lokasi dari Gunung Prau adalah berada di kawasan dataran tinggi Dieng, Desa Patak banteng, Kabupaten Wonosobo.Ketinggian dari Gunung Prau ini mencapai 2.565 mdpl. Saat ini Gunung Prau telah menjadi salah satu favorit bagi para pendaki, pasalnya jalur pendakian untuk sampai ke puncak cukup mudah.Tak hanya itu, pada jalur pendakian Anda nantinya akan disuguhkan pesona alam ciptaan Tuhan yang sangat indah dan asri.

Pesona alam puncak gunung prau
puncak gunung perahu

Waktu yang diperlukan untuk bisa sampai ke puncak Gunung Prau kurang lebih sekiar 3-4 jam.Gunung Prau sendiri telah menyediakan 2 jalur pendakian yakni jalur Dieng serta jalur Patak banteng.Namun diantara kedua jalur tersebut, jalur Dieng yang menjadi jalur favorit bagi para pendaki, pasalnya jalur cenderung landai serta tidak berbahaya.

Alkhamdulilah akhir Agustus 2015 Saya sendiri telah menyaksikan bagaimana sangat menakjubkanya pesona alam puncak gunung prau. Kami yang beranggotakan enam orang berangkat ke gunung prau melalui jalur pekalongan yaitu start dari Wonopringgo, rombongan berangkat pukul 16.00 langsung menuju arah kajen,paninggaran, kalibening dan sampai di batur sekitar 19.00 wib dengan kendaraan roda empat. Sekedar menghangatkan badan dan mengisi perut rombongan berhenti di angkringan sego kucing, sambil menikmati minuman jahe susu panas Kami lakukan kembali perencanaan dan persiapan pendakian puncak gunung prau.

Sampai di base camp desa patok banteng sekitar pukul 20.00 wib rombongan langsung melakukan persiapan dan registrasi untuk pendakian gunung prau.Tiket pendakian gunung prau dari base camp patok banteng dibandrol Rp.10.000 per orang sudah termasuk asuransi jasa raharja.Sekitar pukul 21.00 wib Rombongan mulai melakukan perjalanan dan tak lupa Kami melakukan doa bersama agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Kami sengaja mengambil jalur pendakian malam agar tidak terlalu lama berada di puncak gunung prau karena faktor lokasi dipuncak gunung prau saat musim kemarau panjang seperti sekarang ini sangat berdebu.

Pendakian untuk menikmati pesona alam puncak gunung prau ini sangat melelahkan tercatat ada tiga pos yang harus Kita lalui sebelum mencapai puncak pesona alam gunung prau. Melalui jalur dari desa patok banteng ini terbilang pendek akan tetapi treknya terus naik dengan tanjakan terjal yang tentunya cukup menguras tenaga dan fisik. Untuk menuju pesona alam puncak gunu prau bisa dicapai dengan perjalanan santai kurang lebih selama 3 - 4 jam dan terdapat tiga pos pemberhentian yang harus dilewati para pendaki,masing -masing pos memiliki tingkat keterjalan dan medan tersendiri.
Dari base camp patok banteng untuk menuju pos pertama disikut dewo, Kita akan disugihi anak tangga yang cukup panjang dan terjal sebelum bertemu jalan batu yang belum diaspal dan menuju pos satu tersebut masih kita jumpai warung penjual minuman.

pendakian gunung prau

Dari pos satu sikut dewo menuju pos kedua canggal walangan adalah trek sesungguhnya pendakian gunung prau, karena di trek ini pendaki akan melewati jalan setapak yang sudah terbentuk namun tetap dengan medan tanjakan terjal dan berdebu. Sepanjang jalan menuju pos dua masih kita jumpai ladang dan pekarangan yang dikelola penduduk penduduk sekitar.

Dari canggal walang Menuju pos tiga cacingan tidak lagi kita jumpai ladang-ladang yang dikelola penduduk,pemandangan hutan, jalan tanah yang terjal berbatu akan menjadi tantangan berikutnya,pada musim kemarau seperti sekarang ketebalan debu bisa mencapai mata kaki orang dewasa sebaiknya Anda memakai sepatu khusus pendakian dan tetap memilih jalan yang tengah untuk menghindari jurang.Setelah melewati pos tiga yaitu cacingan akan dijumpai jalan terjal berkelok yang sudah tersusun seperti tangga dengan pembatas terbuat dari bambu sebelum memasuki Sunrise Camp. Sunrise Camp adalah tempat favorit untuk mendirikan tenda, selain sunrise camp terdapat juga padang lonte sore dan puncak gunung prau yang sering disebut bukit teletubies.


Pesona alam puncak Gunung Prau tidak perlu diragukan lagi. Saat berada di puncak,maka Anda akan disajikan dengan pesona alam yang sangat cantik dan indah. Beberapa pesona alam puncak Gunung Prau yang dapat dinikmati diantaranya adalah hamparan bukit teletubbies dipadu dengan bunga yang sangat indah.

Pesona alam lain yang dapat dinikmati adalah keindahan Gunung Merapi, Gunung Slamet, Gunung Merbabu dan Gunung Sumbing, Namun pesona alam yang menjadi daya tarik utama bagi para pendaki adalah keindahan Golden Sunrise yang sangat menakjubkan.

Untuk menjaga pesona alam puncak gunung prau para pendaki diwajibkan menjaga kebersihan lokasi dengan membawa turun sampah terutama sampah - sampah yang tidak dapat diurai seperti sampah plastik, botol air mineral dan lain-lain. Demikian semoga bermanfaat.