September 16, 2015

Sejarah lahirnya proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Sejarah lahirnya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Awal sejarah lahirnya proklamasi dimulai tepat pada saat terjadinya pengobatan atom di kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945 oleh Amerika Serikat yang tujuan utamanya adalah untuk menurunkan semangat dari para tentara Jepang.

Pengeboman tersebut juga berlanjut pada tanggal 9 Agustus 1945, dimana Nagasaki menjadi kota kedua penjatuhan bom atom tersebut. Tentu momen yang seperti ini tidak diasia-siakan oleh negara Indonesia. Momen pengeboman di Hirosima dan Nagasaki digunakan Indonesia untuk merumuskan naskah proklamasi kemerdekaan RI.

naskah proklamasi kemerdekaan RI
naskah proklamasi kemerdekaan RI
ToKoh Indonesia yakni Soekarno, Hatta, serta Radjiman Widyodiningrat akhirnya diterbangkan untuk menuju ke Dalat yang tujuaannya adalah bertemu Marsekal Terauchi. Dari pertemuan tersebut memberikan kabar baik bagi Indonesia yakni Jepang telah berada di kekalahan akibat dair penjatuhan bom atom pada tanggal 6 dan 9 Agutus silam.

Hingga akhirnya melalui radio, disiarkanlah bahwa Jepang telah menyerah kepada sekutu Pada Tanggal 14 Agustus 1945. Jepang menyatakan menyerah kepada pasukan Sekutu. Mendengar kabar tersebut secara spontan membuat para pejuang indonesia siap untuk memprolakmasikan kemerdekaan Republik Indonesia.

Tepatnya dua hari setelah kepulangan ketiga tokoh Indonesia tersebut, Sultan Syahrir akhirnya mendesak Soekarno agar segera untuk memproklamasikan kemerdekaan, karena dirinya beranggapan bahwa pertemuan kemarin hanyalah sebuah tipuan dari pihak Jepang. Tentu hal yang demikian tersebut membuat Soekarno akhirnya tidak percaya begitu saja jika pihak Jepang telah mengaku menyerah kepada Sekutu.

Sementara itu tepat pada tanggal 16 Agustus 1945 dini hari, para pejuang membawa Soekarno beserta istri dan anaknya serta bung Hatta ke Rengasdengklok. Yang peristiwa ini akhirnya dikenal sebagai peristiwa Rengasdengklok.

Pada saat itu juga tengah dilakukan penyusunan teks proklamasi yang ditulis langsung oleh tangan Soekarno. Teks proklamasi ini juga telah ditandatangani oleh Soekarno dan Moh Hatta atas nama bangsa Indonesia.

Pada tanggal 17 Agustus 1945 tepatnya pukul 10 pagi di Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta, akhirnya dilakukan pembacaan teks proklamasi oleh Soekarno selaku presiden Indonesia.

N A S K A H  T E K S   P R O K L A M A S I

N A S K A H  T E K S   P R O K L A M A S I

                   P R O K L A M A S I

   Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan 
Indonesia.
   Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., di - 
selenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang se-
singkat-singkatnja.

                                                           Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

                                                           Atas nama bangsa Indonesia.

                                                                     Soekarno/Hatta.


Bersamaan dengan itu juga dilakukan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih oleh Prajurit PETA. Peristiwa ini akhirnya dikenal sebagai sejarah lahirnya proklamasi. Demikian semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca.