Sejarah Pembuatan Patung Budha tidur

Tentu banyak yang belum mengetahui jika Negara Indonesia menyimpan banyak peninggalan sejarah yang besar. Salah satu peninggalan sejarah tersebut adalah berupa patung Budha tidur. Perlu anda tahu, bahwa patung Budha tidur ini merupakan salah satu patung terbesar nomor tiga di dunia.

Hal tersebut tentu sangat mengagetkan, khususnya bagi masyarakat Indonesia yang bertempat tinggal di kawasan Trowolan, Kabupaten Mojokerto. Namun perlu diingat bahwa patung Budha tidur peninggalan sejarah yang satu ini wajib dijaga oleh setiap orang, baik penduduk setempat maupun seseorang yang berkunjung di kompleks Trowulan ini.
Patung Budha tidur
Patung Budha tidur
Sejarah pembuatan patung Budha tidur ini telah menyebutkan, jika pembangunan patung ini lokasinya berada di kompleks Maha Vihara Mojopahit, tepatnya di desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Lokasi dari patung Budha ini sangat strategis, pasalnya terletak di jalan lintas antara kota Surabaya, Mojokerto, dan Jombang. Jika dilihat dari segi sejarah pembuatan patung Budha tidur, bahwa patung Budha Tidur dibuat pada tahun 1993 oleh sebuah pemahat patung professional yang memiliki nama asli YM Viryanadi Maha Tera, YM Viryanadi Maha Tera sendiri adalah merupakan seorang pemahat patung asli dari Trowulan.

Bahan yang digunakan untuk membuat patung Budha tidur ini adalah terbuat dari beton. Secara detail, patung terbesar nomor tiga di dunia ini memiliki panjang kurang lebih 22 m, lebarnya adalah 6 m, serta tinggi patung mencapai 4,5 m. Dengan ukuran yang fantastis ini wajar jika banyak yang menyebut patung Budha tidur ini sebagai patung raksasa. Patung Budha tidur ini sangat identik dengan agama Budha.

Selain bangunan patung Budha tidur, pada kompleks ini juga terdapat sebuah vihara yang merupakan sebuah tempat ibadah untuk umat Budha. Tak hanya itu, miniatur Candi Borobudur yang lengkap dengan patung Budha berikuran keci juga bisa anda temukan pada kompleks Trowulan ini.

Tentu hal yang demikian ini akan mampu mengundang daya tarik masyakakat untuk bisa berkunjung ke Trowulan yang tujuannya adalah untuk memperlajari sejarah pembuatan patung Budha tidur dan sejarah yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Terimakasih telah membaca artikel Sejarah Pembuatan Patung Budha tidur . Silahkan boleh di Share.
ads

1. Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
2. Komentar SPAM dengan link url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
3. Terimakasih atas kunjunganya
EmoticonEmoticon