Pendakian puncak Gunung Semeru Mahameru 3.676 mdpl

Gunung Semeru yang puncaknya bernama Mahameru yang berada di Jawa Timur tercatat sebagai gunung yang tertinggi di pulau jawa dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl.Gunung semeru dengan puncak abadinya Mahameru juga merupakan gunung tertinggi ke tiga di Indonesia setelah gunung Kerinci di Sumatra dan Gunung Rinjani di NTT. Gunung Semeru setiap ahir pekanya banyak di kunjungi oleh pendaki yang berasal dari Indonesia maupun Manca negara.

Rute yang biasa di pake oleh para Pendaki Gunung Semeru adalah melalu stasiun Malang.Di stasiun Malang biasanya menjadi titik temu bagi para pendaki yang berasal dari seleluruh Indonesia dan juga manca negara.

Untuk menuju jalur pendakian gunung semeru para pendaki harus menuju ke arah pos ranu pane untuk melakukan registrasi pendakian Gunung Semeru dan di pos ranu pani tersebut para pendaki akan dibekali semacam penyuluhan tentang jalur pendakian gunung semeru dan lain sebagainya oleh team relawan gunung semeru yang bersal dari warga lokal.
gambar Pendakian puncak Gunung Semeru Mahameru 3.676 mdpl
Mahameru 3.676 mdpl
Pada kesempatan kali ini Cayo Indonesia akan memberikan secara lengkap tentang jalur pendakian puncak Gunung Semeru Mahameru berdasarkan pengalaman penulis yang alkhamdulilah sudah pernah berdiri di puncak Gunung Semeru Mahameru 3.676 MDPL 17 Oktober 2015.

Stasiun Malang - Pasar Tumpang - Desa Ranu Pani

Menuju stasiun Malang Anda bisa menggunakan kereta ekonomi untuk menghemat biaya.Dari Stasiun Malang perjalan berlanjut ke arah Pasar Tumpang, jika Anda rombongan Anda bisa menggunakan Angkot yang banyak tersedia di depan stasiun malang.Dari Pasar Tumpang untuk melanjutan perjalanan menuju desa terahir yaitu Ranu Pani.Di Desa Ranu Pani Anda bisa sejenak menikmati keindahan dan pesona danau Ranu Gegulo.

Menuju dsa ranu pani Anda harus menggunakan jasa angkutan yang khusus menuju desa atau pos pendakian di ranu pani.Angkutan khusus untuk menuju desa ranu pani banyak tersedia di pasar Tumpang berupa kendaraan Jeep terbuka ataupun Truck terbuka.Agar lebih berkesan dalam perjalanan menuju Ranu pani Saya sarankan agar Anda memilih kendaraan Jeep terbuka yang sudah menjadi ciri tersendiri dari perjalanan menuju puncak Mahameru puncak abadi para Dewa.

Sampai di pos Ranu pane Anda harus melakukan registrasi dan wajib mengikuti penyuluhan dari Team Relawan Gunung Semeru tentang jalur pendakian dan kewajiban menjaga keasrian gunung semeru dan terutama menjaga kebersihan gunung semeru dari sampah,jadi jangan sampai Anda meninggalkan sampah di Gunung Semeru.


Ranu Pane  - Ranu Kumbolo 

pendakian puncak semeru ranu kumbolo
Gunung Semeru
Start dari Pos Ranu Pane Anda akan melewati desa Ranu Pane hingga ujung kemudian Anda akan menjumpai keindahan ladang-ladang milik penduduk sekitar kaki gunung semeru hingga pada akhirnya akan bertemu gapura bertuliskan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang mengucapkan selamat datang Para Pendaki Gunung Semeru.

Dari Gapura selamat datang para pendaki gunung semeru akan bertemu jalan bercabang dua yang jika lurus maka akan menuju ladang -ladang penduduk jadi Anda harus berbelok kekiri yang terlihat jalanya terus naik seakan - akan jalan ini mengucapkan selamat datang para pendaki gunung semeru,Saya sarankan tetap berjalan santai sambil mengatur nafas karena perjalanan menuju puncak semeru masih sangat-sangat jauh sekali.

Dari Ranu Pani menuju Ranu Kumbolo setidaknya tercatat ada 5 pos yang harus dilalui oleh para pendaki sebelum sampai ke Ranu Kombolo.Masing-masing pos memiliki jarak tempuh,medan pendakian dan pesona keindahan tersendiri yang pastinya akan menjadikan pengalaman hidup mendaki gunung semeru menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan.

Sepanjang perjalanan dari ranu pani menuju ranu kombolo melewati 5 pos pendakian,Kita akan disuguhi bagaimana indahnya alam indonesia.Kita akan menemukan keindahan lembah dan bukit-bukit hutan cemara dan hutan pinus,keindahan bunga edelweis yang banyak tumbuh di lereng-lereng bukit dan yang paling spektakuler adalah melihat semburan asap puncak mahameru dari kejahuan.

Dan yang tak kalah menarik adalah melihat keindahan danau ranu kumbolo dari kejahuan yang tentunya bisa menghilangkan lelah dari perjalanan panjang pendakian menuju puncak gunung semeru mahameru.Di Ranu Kumbolo Anda bisa beristirahat untuk makan atau jika Anda sudah lelah bisa mendirikan tenda di sekitar danau ranu kombolo sambil menghabiskan malam dan tentunya menikmati keindahan alam danau ranu kumbolo yang sangat indah spektakuler dan cetar membahana.

Baca Wisata danau Ranu kumbolo pesona Indonesia

Ranu Kumbolo - Oro - oro ombo - Cemoro Kandang - Pos Kalimati

ranu kumbolo,oro-oro ombo kalimati

Melanjutkan perjalanan menuju puncak gunung semeru mahameru dari ranu kumbolo akan start melewati tanjakan yang sangat terjal dan menurut Saya sangat melelahkan dan menguras tenaga yang bernama tanjakan cinta yang sangat melegenda dan konon menurut mitosnya jika melewati tanjakan cinta dengan memikirkan seseorang yang kita cintai konon menurut mitosnya cinta Kita akan terbalas.Setelah tanjakan cinta Anda akan mendapati turunan yang sangat terjal menuju oro-oro ombo.

Oro- oro ombo merupakan padang savana yang sangat luas dan indah yang sebelum terjadi kebakaran hebat oro-oro ombo banyak di tumbuhi bunga yang mirip bunga lavender yang membentang sepanjang jalan sehingga mirip padang lavender. Anda akan terpana dan terpesona sepanjang perjalanan menyusuri oro-oro ombo menuju pos cemoro kandang.

Dari oro-oro ombo menuju Pos Kalimati perjalanan akan sangat melelahkan sehingga sebaiknya dari ranu kumbolo Anda sudah mempersiapkan bekal air minum yang cukup.Perjalanan dari cemoro kandang menuju kali mati sangat terjal dengan trek naik turun akan tetapi kita akan disuguhi pemandangan hutan pinus yang sangat indah seperti hutan - hutan belantara di eropa.

Pos Kalimati adalah tempat untuk mendirikan tenda dan beristirahat sebelum Kita Summits ke Puncak tertinggi Gunung Semeru Mahameru dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl.Di pos kalimati terdapat sumber mata air yang bisa Kita gunakan untuk memasak atupun minum jika kehabisan air minum.Suhu udara di Kalimati sangat dingin berbeda jauh dengan suhu udara di camp ranu kumbolo.

Sebenarnya intruksi dari team relawan gunung semeru yang mengintruksikan bahwa pendakian hanya boleh sampai Kalimati.Karena semakin banyak yang melanggar larangan tersebut,maka team relawan mempersilahkan dengan bila terjadi sesuatu resiko ditanggung sendiri oleh para pendaki karena tiket asuransi kecelakan hanya bisa diclaim hanya sampai kalimati.

Kalimati - Arcopodo - Puncak Mahameru 3.676 mdpl

Jika Kita Camp di Kalimati maka pendakian ke puncak gunung semeru Mahameru 3.676 mdpl (Summits) sebaiknya dilakukan pada pukul  00.00 wib supaya bisa menikmati Sunrise di puncak tertinggi pulau jawa Mahameru 3.676 mdpl.Menuju arcopodo pendaki akan banyak disuguhi tanjakan-tanjakan terjal dengan suhu udara yang sangat dingin sekali tentunya.Tak hanya disitu menuju arcopodo sebelum batas vegetasi akan mendapati jalan yang berpasir.Di Arcopodo yang masih terdapat tempat datar juga banyak digunakan untuk mendirikan tenda oleh para pendaki.

Setelah melewati Arcopodo Kita mulai memasuki batas vegetasi untuk menuju puncak gunung Semeru Mahameru 3.676 mdpl dengan melewati trek tanjakan terjal berupa pasir yang sangat labil yang tentunya akan menguras fisik dan tenaga.Melewati tanjakan pasir labil dan juga melawan suhu udara yang sangat dingin di perlukan mental yang siap dan selalu fokus pendengaran,pandangan dan filling karena tidak menutup kemungkinan terdapat longsoran batu kecil bahkan besar yang jatuh dari atas meluncur deras kebawah.

gambar puncak Mahameru 3.676 mdpl
Puncak Mahameru
Dari batas vegetasi menuju puncak gunung semeru mahameru 3.676 mdpl diperlukan waktu antara
4 - 5 Jam tergantuk fisik masing-masing pendaki.Di Puncak tertinggi Jawa Gunung semeru Mahameru 3.676 mdpl Kita akan disuguhi pemandangan yang sangat indah dan fenomenal dimana kawah puncak Mahameru sesekali akan menyemburkan asapnya laksana kereta pada jaman dulu dengan lengkap dengan bunyi gemuruhnya yang membuat merinding dan tak henti-hentinya untuk berucap syukur pada Sang Pencipta Alam semesta ini Allah SWT.

Untuk menghindari racun belerang pendaki di wajibkan turun kembali pada pukul 09.00 wib jadi tidak disarankan berada di puncak Gunung semeru Mahameru 3.676 mdpl melebihi dari jam 09.00 wib karena pada jam-jam tersebut asap yang keluar sudah bercampur dengan racun dari belerang yang sangat berbahaya bagi para pendaki.

Video Pendakian Gunung Semeru yang sempat terekam 



Perjalan turun dari puncak Gunung Semeru Mahameru 3.676 mdpl

Perjalanan turun dari puncak gunung semeru Mahameru 3.676 mdpl dikenal sangat berbahaya karena jika Kita terlena karena asyik berselanjar dengan trek pasir bisa berbahaya karena di bawah sudah menunggu jurang yang sangat dalam yang dikenal dengan sebutan Blank 75 yang sering memakan korban jiwa.Untuk para pendaki sebaiknya mengambil jalur sebelah kiri untuk menghindari area blank 75 yang konon tempat tersebut masih angker atau mistis.

Demikian artikel tentang pendakian puncak gunung semeru Mahameru 3.676 mdpl semoga bermanfaat.