Pendakian puncak Gunung Slamet 3.428 mdpl jalur Bambangan

Gunung Slamet tercatat sebagai gunung yang tertinggi di Jawa Tengah Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.428 meter diatas permukaan laut (mdpl). Gunung Slamet juga merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru 3.676 mdpl dengan puncak abadinya Mahameru.

Letak dari Gunung slamet bearada diantara 5 kabupaten yaitu  Kabupaten Pemalang,Kabupaten Tegal,Kabupaten Brebes,Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah Indonesia.

Gunung Slamet 3.428 mdpl sangat dikenal terutama oleh mereka yang menyukai hobi pendakian puncak Gunung.Walaupun terkenal angker dan mistis akan tetapi tidak menciutkan niat para pendaki gunung untuk menikmati Sunrise dan Samudra awan di puncak Gunung Slamet 3.428 mdpl.Tercatat setiap akhir pekanya gunung slamet 3.676 mdpl di padati para pendaki yang berasal dari Indonesia maupun Manca Negara.
Pendakian puncak Gunung Slamet 3.428 mdpl jalur Bambangan
Pendakian puncak Gunung Slamet 3.428 mdpl jalur Bambangan
Ada beberapa jalur pendakian menuju Puncak Gunung Slamet 3.428 mdpl diantaranya 
  1.  Jalur pendakian lewat Kecamatan Pulosari Pemalang
  2.  Jalur pendakian dari Dukuh liwung Tegal
  3.  Jalur pendakian dari Guci Tegal
  4.  Jalur pendakian Kaliwadas Brebes
  5.  Jalur pendakian Kaligua Bumiayu
  6.  Jalur pendakian Baturaden Purwokerto
  7.  Jalur pendakian Bambangan Purbalingga
Pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan secara lengkap tentang jalur pendakian puncak Gunung Slamet 3.428 mdpl via jalur Bambangan Purbalingga berdasarkan pengalaman penulis yang Alkhamdulilah telah menginjakan kakinya di puncak Gunung Slamet 3.428 mdpl yang merupakan Gunung tertinggi di pulau Jawa ke dua setelah Mahameru 3.676 mdpl.

Jalur Bambangan Purbalingga merupakan jalur favorit para pendaki puncak Gunung Slamet 3.428 mdpl dan merupakan jalur yang terkenal atau sudah dikenal oleh para pendaki karena jalur Bambangan ini merupakan jalur yang disebut yang paling pendek diantara jalur pendakkian gunung slamet yang lainya.

Jalur pendakian puncak gunung slamet 3.428 mdpl jalur Bambangan biasanya di mulai dari Stasiun Purwokerto agar lebih cepat sebaiknya perjalanan dilanjutan dengan menggunakan kendaraan carteran yang banyak tersedia di Stasiun purwokerto untuk menuju bascamp Bambangan di desa Kutabawa kecamatan Karangreja Purbalingga. Berikut adalah jalur pendakian puncak Gunung Slamet 3.428 mdpl jalur Base Camp Bambangan.

Catatan Pendakian puncak Gunung Slamet 3.428 mdpl via jalur Bambangan.

Bascamp Bambangan - Pos 1 ( Pondok Gembirung )

Dari bascamp Bambangan pendaki terus naik menyusri jalanan aspal hingga bertemu Gerbang Gapura pos pendakian bambangan yang jarak tempuh antara pos bambangan dengan gerbang gapura pos pendakian bambangan tidak terlalu jauh namun melelahkan bagi pendaki pemula. Masuk gerbang gapura pos pendakian bambangan Kita mulai menapaki jalan setapak yang kanan kirinya banyak terdapat ladang-ladang milik penduduk hingga mulai masuk kedalam hutan dengan jalur trek pendakian yang masih sedang-sedang saja, namun Saya sarankan untuk tetap berjalan santai sambil mengatur nafas karena perjalanan masih sangat jauh dengan medan yang berbeda-beda di tiap pos pendakian. Jarak antara bascamp Bambangan menuju pos 1 Pondok Gembirung dengan jalan santai sekitar kurang lebih 1 jam perjalanan. Jika musim kemarau pondok gembirung sangat berdebu

Pondok Gembirung - Pos 2 ( Pondok Walang )

Perjalanan dari pos 1 menuju pos 2 pondok walang dengan berjalan santai kurang lebih mencapai 1 jam lebih 30 menit dengan perjalanan berupa trek tanjakan dan hutan belantara yang tentunya cukup melelahkan.Di pos 2 pondok walang merupakan jalur pertemuan pendakian gunung slamet via jalur pemalang.

Pondok Walang - Pos 3 ( Pondok Cemara )

Perjalanan dari pos 2 menuju pos 3 pondok cemara kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 60 menit dengan medan tanjakan yang cukup terjal dengan pemandangan alam hutan belantara yang sangat asri.

Di pos 3 pondok cemara yang memang masih banyak terdapat tempat yang agak datar ini banyak di gunakan para pendaki untuk mendirikan tenda untuk bermalam ataupun sekedar beristirahat untuk memulihkan stamina sebelum summit ke puncak Gunung Slamet 3.428 mdpl.Karena memang biasanya untuk pendaki pemula atau pendaki wanita mereka sudak cukup kelelahan sampai di pos 3 pondok cemara.

Pondok Cemara - Pos 4 ( Pondok Samarantu )

Perjalanan dari pos 3 menuju pos 4 pondok samarantau kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 40 menit dengan trek berupa hutan belantara dengan tanjakan terjal dan berkelok-kelok.Perjalanan menuju pos 4 akan melewati akar pohon yang besar-besar.

Di pos 4 pondok Samarantau tidak sarankan untuk mendirikan tenda karena banyak terdapat pohon-pohon yang cukup besar dan umurnyapun sudah tua.Menurut certi pos 4 hingga pos 5 adalah tempat yang paling angker sepanjang jalur pendakian gunung slamet.Konon nama Pondok Samarantau diambil dari kata Samar dan Hantu yang berarti Hantu tidak terlihat.

Pondok Samarantau - Pos 5 ( Samyang Rangkah )

Perjalanan dari 4 menuju pos 5 samyang rangkah kurang lebih ditempuh dalam waktu 60 menit di pos 5 Samyang rangkah ini terdapat sumber mata air yang bisa digunakan untuk memasak dan merupakan satu-satunya sumber mata air sepanjang jalur pendakian gunung slamet 3.428 mdpl.Menuju pos 5 samyang rangkah Kita akan mendapati vegetasi yang mulai terbuka.

Samyang Rangkah Pos 6 ( Samyang Jampang )

Perjalanan dari pos 5 menuju pos 6 Samyang Jampang kurang lebih bisa ditempuh dalam wkatu 30 menit perjalanan.Pos 6 samyang Jampang adalah alternatif untuk mendirikan tenda Jika Kita berangkat dari pos bambangan sudah siang dan malam hari baru sampai pos 6 karena terkadang camp di pos 7 kemungkinan sudah penuh karena memang pos 7 adalah tempat faorit para pendaki gunung slamet untuk mendirikan camp, mengingat jarak antara pos 6 samyang jampang dengan pos 7 Samyang kendil tidak terlalu jauh.

Samyang jampang - Pos 7 ( Samyang kendil )

Perjalanan dari pos 6 menuju pos 7 samyang kendil memerlukan waktu kurang lebih sekitar 25 sampai dengan 30 menitan.

Pos 7 adalah tempat favorit untuk mendirikan tenda,di pos 7 terdapat sebuah rumah gubuk yang bisa digunakan sebagai tempat memasak.

Di Samyang kendil vegatasi sudah mulai terlihat.Pos 7 adalah tempat yang bagus untuk memulai summits ke puncak gunung slamet 3.428 mdpl karena jaraknya tidak terlalu jauh dan bisa melakukan summit pada pukul 02.00 dini hari untuk menikmati keindahan Samudra awan dan juga Sunrise di puncak Gunung Slamet 3.428 mdpl.

Samyang kendil - Pos 8 - Pos 9 ( Plawangan )  batas vegetasi pos terakhir. 

Jarak yang tempuh untuk menuju pos 8 dan 9 plawangan dari pos 7 samyang kendil sudah tidak terlalu jauh. Summits dari pos 7 sebaiknya dilakukan pada pukul 02.00 pagi dini hari jadi Kita bisa berjalan agak santai hingga masuk batas vegetasi yaitu pos 9 plawangan.Dari pos 7 samyang kendil melewati jalan setapak yang mirip seperti gua dari pos 8 menuju batas vegetasi plawangan diperluka waktu kurang lebih sekitar 45 menit.

Plawangan - Puncak Gunung Slamet 3.428 mdpl 

Masuk ke plawangan Anda akan melihat plang yang bertuliskan pos 9 Plawangan yang merupakan batas vegetasi dan terdapat tumbuhan terakhir yang bisa Kita lihat sebelum menuju puncak gunung slamet.Menuju puncak gunung slamet dari batas vegetasi plawangan adalah pendakian yang sesungguhnya di sini fisik Kita akan benar-benar di uji oleh medan pasir, tanah merah dan bebatuan yang sangat terjal hingga menuju puncak gunung slamet.

Melewati medan pasir,tnah merah dan bebatuan, Saya sarankan untuk tempat berhati-hati dan tetap fokus karena tidak menutup kemungkinan terjadi longsor. Waktu santai untuk medaki puncak Gunung Slamet dari pos terahir pendakian Pos Plawangan kurang lebih sekitar 2 Jam.

puncak dan kawah gunung slamet
puncak dan kawah gunung slamet 3.428 mdpl
Dari puncak Gunung Slamet 3.428 mdpl para pendaki akan disugihi pemandangan alam ciptaaNYA yang sangat indah berupa kaldera yang sangat luas yang disebut dengan sebutan Segoro Wedi dan yang paling fenomenal yang terkenal dari puncak gunung slamet 3.428 mdpl adalah keindahan dari Samudra awan dan Sunrise puncak Gunung Slamet yang tentunya tak akan bisa terlupakan dan akan terus membekas dari ingatan Anda ketika Anda sudah menikmati keindahan Samudra awan dan Sunrise dari puncak gunung slamet 3.428 mdpl gunung tertinggi di jawa tengah.

Sisi lain keindahan puncak gunung slamet 3.428 mdpl adalah Kita bisa melihat dari kejauhan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung prau dan Gunung Ciremai yang nampak kecil diantara Samudra awan yang sangat indah.

Untuk menuju Segoro Wedi dari Puncak Gunung Slamet 3.428 mdpl yang sering disebut dengan nama Puncak Surono  pendaki harus turun kebawah menuju jalan berpasir mendekati kawah puncak Gunung Slamet,waktu tempuh sekitar 25 menit.

Demikian Semoga artikel tentang pendakian puncak gunung slamet 3.428 mdpl jalur bambangan tersebut bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang pesona Indonesia terutama tentang Gunung - gunung di Indonesia.

Tonton Video Pendakian ke puncak Gunung Slamet 3.428 mdpl jalur Bambangan


Demikian Pendakian puncak Gunung Slamet 3.428 mdpl jalur Bambangan. Semoga bermanfaat. 

Terimakasih telah membaca artikel √ Pendakian puncak Gunung Slamet 3.428 mdpl jalur Bambangan. Silahkan boleh di Share | Cayo Indonesia.
Smile Reaction

3 comments

mantap gan cita-cita saya dari dulu pingin manjat gunung tp enggak kesampaian paling denger dari cerita teman nice info gan

akhirnay sampai dipuncak dengan selamet yah gan!! hehehe ur adventure is the cool

@Berita Pekalongan Makasih Mas kunjunganya ada jalur baru Mas yang terdekat dari pekalongan jalur pemalangan.Jalur pemalang ini baru dibuka langsung menuju pos 2.Tapi Saya sarankan lewat jalur Bambangan,karena jalur bambangan adalah rute terpendek diantara jalur-jalur yang laen.Salam lestari @arnesto keyvin iya Mas Makasih atas kunjunganya salam kenal

1. Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
2. Komentar SPAM dan link url ( mati / hidup ) tidak akan dipublish
3. Cara menambah komentar dengan emoticon tinggal copy kode yang
ada di bawah emoticonya. Terimakasih atas kunjunganya.

EmoticonEmoticon