Mengenal Hari Nusantara

Hari Nusantara yang peringati setiap tanggal 13 desember merupakan perwujadan dari deklarasi Djuanda yang dianggap sebagai Deklarasi kemerdekaan Indonesia ke dua. Melalui deklarisi tersebut Indonesia berhasil merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautan yang luas yang menyatu menjadi satu kesatuan yang utuh dan berdaulat.

Laut bukanlah pemisah, namun laut adalah jembatan pemersatu wilayah kepulauan Indonesia, terima kasih Ir. Djuanda Kartawidjaja. Bhumyamca Jalesu Jayamahe !. Selamat #HariNusantara Jyalah Indonesia.

Baca juga : Sejarah pembuatan Monumen Jalesveva Jayamahe

Deklarasi Djuanda

Deklarasi Djuanda dideklarasikan pada tanggal 13 desember 1957 oleh perdana Mentri Indonesia saat itu Ir Djoeanda Kartawidjaja yang merupakan peristiwa penting saat itu dengan mengukuhkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) .

Sebagai generasi penerus bangsa selain sejarah proklamasi Kita juga harus mengenal Hari Nusantara yang dipeingati setiap tanggal 13 Desember. Pencanangan awal tanggal 13 Desember sebagai hari Nusantara pada tahun 1999 tepat pada tanggal 13 desember 1999.
Cayo Indonesia Mengenal Hari Nusantara
Hari Nusantara
Hari Nusantara resmi dikukuhkan oleh Presiden Indonesia saat itu Megawati Soekarno Putri pada tanggal 13 desember 2001 melalui Kepres NO .126/2001 Sebagai Hari Nusantara dan itu artinya mulai saat itu resmi pada tanggal 13 desember diperingati sebagai hari nusantara.

Mengenal Hari Nusantara
Peringatan hari Nusantara setiap tanggal 13 desember merupakan rangkaian kegiatan yang rutin digelar setiap tahunya dengan melibatkan berbagai Institusi,terutama anggota Dewan Kelautan Indonesia (DEKIN).

Ada beberapa tujuan diadakanya peringatan hari Nusantara Nasional diantaranya adalah 

  • Untuk merubah Mindset Bangasa Indonesia mengenai kemaritiman dan Kelautan
  • Menjadikan bidang kelautan sebagai arus utama pembangunan Nasional
  • Menghasilkan model pembangunan berintegrasi bagi kepulauan terluar dan atu terpencil berbasis laut
  • Mewujudkan Indonesia sebagai Negara Maritim yang mampu mengelola potensi SDA untuk kesejahteraan Masyarakat dan juga Bisa disegani Dunia
Demikian semoga artikel mengenal Hari Nusantara. Semoga bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan Anda tentang Indonesia. #DeklarasiDjuanda #HariNusantara #cayoindonesia.