Gunung Kerinci 3805 MDPL Jalur Pendakian

Gunung Kerinci 385 MDPL jalur pendakian. Gunung kerinci dengan ketinggian 3805 mdpl. Puncak gunung kerinci merupakan yang tertinggi di pulau Sumatra dan Indonesia. Gunung Kerinci ini berada di Kayu Aro Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi ini dikalangan para pendaki gunung indonesia disebut atau  termasuk kedalam seven summit indonesia (7 gunung tertinggi di Indonesia) yang wajib di taklukan ketinggianya.

Untuk mencapai gunung Kerinci jalur pendakian, Anda dapat melalui jalur Kersik Tuo yang berada di wilayah Kayu Aro Kabupaten Kerinci. Banyak pendaki yang menggunakan jalur Kersik Tuo menuju ke puncak gunung Kerinci.

Mencapai Kersik Tuo Anda dapat memulai perjalanan di kota Padang. Perjalanan dapat dimulai dari bandara Minangkabau menuju Kersik Tuo. Jika Anda menggunakan travel selama kurang lebih 9 jam perjalanan.

gambar Gunung Kerinci

Kemudahan di Jalur Pendakian Gunung Kerinci
Ketika Anda melakukan pendakian ke kerinci jangan khawatir karena disana ada fasilitas yang dapat memudahkan Anda selama pendakian ke gunung kerinci, diantaranya

1. Penginapan
Setelah sampai di Kersik tuo Anda dapat menginap di beberapa penginapan yang ada di sana. Misalnya saja Homestay Paiman dan Homestay Subandi yang mempunyai harga cukup murah untuk setiap orang yaitu Rp. 35.000 setiap orang per malam. Agar tidak penuh sebaiknya Anda booking dahulu supaya ketika sampai di sana Anda tidak kecewa karena kamar penuh.

2. Mobil Rental
Untuk menghemat waktu Anda juga dapat menggunakan mobil carteran yang disediakan oleh tempat penginapan dengan biaya Rp. 10.000 menuju Pintu Rimba. Tetapi sebelum sampai di Pintu Rimba Anda harus mengurus perijinan pendakian di R10. Perjalanan akan mencapai waktu kurang lebih selama 20 menit dari penginapan.

Rute Gunung Kerinci Jalur Pendakian

Untuk mencapai puncak Gunung kerinci maka Anda harus melewati pos dan shelter.

1. Dari Pos 1 hingga Pos 3
Perjalanan akan dimulai dari pos 1 menuju pos 2. Untuk mencapai pos 2 dibutuhkan waktu 30 menit. Setelah sampai di pos ke 2 Anda akan menemukan sumber sungai kecil yang akan mengalir deras ketika musim penghujan. Dari pos 2 menuju ke pos 3 dibutuhkan waktu 45 menit. Di pos 3 ini Anda dapat berteduh namun hanya cukup untuk mendirikan satu buah tenda.

2. Shelter 1 hingga Shelter 3
Dari pos 3 menuju ke Shelter 1 membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit. Di sini Anda dapat mendirikan Tenda dengan jumlah kurang lebih 5 tenda karena tempatnya yang cukup luas.
Dari ashelter 1 menuju ke Shelter 2 perjalanan akan semakin menanjak. Ketika musim penghujan tiba maka jalanan dan jalur pendakian akan semakin licin.

Jadi sebaiknya Anda berhati-hati. Perjalanan dari Shelter 1 ke Shelter 2 membutuhkan waktu 3,5 jam. Sedangkan perjalanan dari Shelter 2 ke Shelter 3 membutuhkan waktu 1,5 jam. Jalur ini berupa terowongan dengan medan yang terjal.

Dari Shelter 3 ini Anda akan melihat indahnya pemandanganDanau Gunung Tujuh dan Desa Kersik Tuo dari kejauhan apabila cuaca tidak berkabut. Di Shelter 3 Anda dapat mendirikan tenda karena ini merupakan tempat yang datar dan luas.

3. Shelter 3 menuju Puncak Kerinci
Dari shelter 3 menuju Puncak Kerinci Anda akan melewati medan yang berbatu dan berpasir. Perjalanan dari Shelter 3 ke Puncak Kerinci memakan waktu kurang lebih 3 jam. Setelah sampai di Puncak Kerinci rasa lelah Anda akan terbayar dengan suguhan pemandangan yang indah dan luar biasa. Anda akan menemukan kawah gunung berapi. Sebaiknya Anda kembali sebelum jam 10 pagi karena dikhawatirkan kabut akan mulai turun dan mengganggu penglihatan untuk menemukan jalan turun.

Demikian informasi trek dan rute Gunung Kerinci 3805 mdpl Jalur Pendakian yang dapat Saya informasikan untuk Anda yang berencana melakukan pendakian ke gunung kerinci jambi. Selalu behati - hati jika Anda melakukan pendakian gunung, jangan sampai lupa berdoa untuk keselamatan.

Terimakasih telah membaca artikel Gunung Kerinci 3805 MDPL Jalur Pendakian. Silahkan boleh di Share.

1. Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
2. Komentar SPAM dengan link url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
3. Terimakasih atas kunjunganya
EmoticonEmoticon