Januari 01, 2016

Mitos Tanjakan Cinta Cerita Legenda Gunung Semeru

Mitos Tanjakan Cinta Cerita Legenda Gunung Semeru . Keindahan alam gunung semeru memang sangat mempesona, selaian menikmati puncak gunung semeru Mahameru dengan ketinggian 3.676 mdpl, para pendaki gunung semeru pun akan di manjakan dengan sejuta keindahan alam CiptaaNYA.

Jika Kalian mendaki gunung semeru ada beberapa keindahan alam gunung semeru yang akan dijumpai diantaranya danau ranupane, danau ranu legulo , danau ranukumbolo, tanjakan cinta, bukit oro-oro ombo dan masih banyak lagi keindahan yang lain yang bisa Anda temui di pendakian gunung semeru. Gunug semeru selain menyimpan berjuta keindahan juga banyak menyimpan mitos atau cerita legenda seperti mitos tanjakan cinta yang sudah tidak asing lagi di kalangan para pendaki gunung.

Mitos Tanjakan Cinta Cerita Legenda Gunung Semeru
Tanjakan Cinta Semeru

Mitos Tanjakan Cinta
Tanjakan cinta merupakan sebuah bukit berupa tanjakan landai namun cukup panjang yang merupakan bagian dari rute pendakian gunung semeru. Tanjakan cinta tepatnya berada di sebelah barat danau ranukumbolo. Keindahan tanjakan cinta dapat disaksisikan dari danau ranu kumbolo dan sebaliknya dari atas tanjakan cinta ini akan terlihat indahnya danau ranukombolo dan dari sisilain puncak tanjakan cinta terlihat juga bagaimana keindahan padang savana bukit oro-oro ombo.

Untuk mencapai puncak tanjakan cinta sebaikanya Kalian harus benar-benar dalam keadaan fit karena diperlukan tenaga yang extra untuk melewati tanjakan cinta. Sebelum melewati tanjakan cinta sebaiknya Kalian camp atau istirahat yang cukup di ranukumbolo.

gambar camp tanjakan cinta

Selain berjuta keindahan tanjakan cinta juga menyimpan mitos tentang sepasang kekasih. Konon diceritakan pada waktu itu ada seorang perempuan tewas terguling dari atas tanjakan cinta karena kelelahan dan tak sempat ditolong oleh kekasihnya.

Menerut cerita yang beredar ada sepasang kekasih yang telah bertunangan berjalan melewati tanjakan cinta dimana sang cowo berjalan didepan sambil foto-foto  tunanganya dari depan sedangkan perempuan sudah sangat kelelahan menaiki tanjakan cinta hingga tiba-tiba pingsan kemudian jatuh terguling kebawah dan ahirnya si perempuan pun tewas dan karena tragedi tersebut nama tanjakan di sebelah barat danau rano kumbolo tersebut di namakan tanjakan cinta.

Mitos yang beredar luas di tanjakan cinta menyebutkan bahwa jika Kalian melewati tanjakan cinta tersebut lalu kemudian sambil membayangkan orang yang di cintai, maka Kalian akan hidup bahagia bersamanya. Kemudian jika Anda ingin balik lagi dengan mantan Anda yang telah putus maka berjalankah mundur kebelakang di tanjakan cinta maka Anda akan bersatu lagi dengan mantan Anda.

(Heee heeee kalau yang ini becanda ya..!!!!, biasa becandaan anak pendaki untuk sekedar melepas lelah dan jangan di praktekan berjalan mundur di tanjakan cinta berbahaya). 

Terlepas benar atau tidaknya cerita tanjakan cinta hanya Anda sendiri yang bisa membuktikanya, naman terlepas dari semuanya, tanjakan cinta sudah menjadi mitos dan cerita tersendiri dari pendakian gunung Semeru Jawa Timur.