Pesona Keindahan Raja Ampat Island Patut Anda Kunjungi

Raja ampat adalah sebuah Pulau yang terletak di Papua Barat dan merupakan salah satu destinasi wisata yang patut anda kunjungi. Raja ampat selain memiliki pemandangan alam yang masih perawan, di tempat ini juga penduduk lokalnya sangat ramah, sehingga membuat anda akan merasa nyaman saat berlibur di raja ampat.

Pesona keindahan Raja Ampat Island ini pernah dibuat dalam film dokumenternya oleh Avant Premiere dalam film yang berjudul Edis Paradise 3. Hal tersebut tentunya membuktikan bahwa Raja Ampat Island telah mencuri perhatian mata dunia sebagai destinasi favorit para traveler dunia. Oleh sebab itu bagi anda yang mengaku traveler maka Raja ampat adalah objek wisata wajib yang layak anda persiapkan dalam list travelling tahunan anda. Lantas seperti apa sebenarnya cerita keindahan tentang Raja Ampat...? yuk simak Pesona Keindahan Raja Ampat Island berikut ini.

Pesona Keindahan Raja Ampat Island Akan Membuat Anda Tercengang
raja ampat papua
raja ampat 
Raja Ampat Island terletak di kabupaten Waisai, Papua Barat. Raja Ampat sendiri adalah gugusan dari 610 pulau tetapi hanya 35 pulau yang dihuni. Sedangkan yang menjadi objek wisata adalah empat pulau utama yakni, Salawati, Misool, Salageo dan Batanta, seperti apakah Pesona keindahan pulau Raja Ampat ?

Wisata Diving Raja Ampat Island
Dengan julukan Amazon Laut Dunia patut sekiranya Raja Ampat dinobatkan sebagai wisata diving paling mempesona karena dari julukan tersebut artinya Raja Ampat berada di segitiga karang laut dunia yang masih asri dan mempesona. Keindahan raja ampat takkan terkuak jika kita tak menyelami dan menyisir karang demi karangnya yang masih asri, dan tentunya sangat indah. Belum lagi ikan-ikannya dimana 75% ikan-ikan di seluruh dunia menempati Raja Ampat karena itu, tak heran jika keberadaannya dilindungi undang-undang.
pesona raja ampat
pesona raja ampat
Wisata Satwa Raja Ampat Island
Selain bawah lautnya yang indah, di hutan dan di udaranya Raja Ampat juga memiliki satwa langka yang tak mungkin dimiliki di daerah lain. Hutan-hutan yang masih asri menjadikan spesies burung berkembang biak dan memilih tempat ini sebagai habitatnya. Diantara berbagai jenis burung cendrawasih yang ada di Pulau Gam seperti Cendrawasih Besar, Cendrawasih Merah, Cendrawasih Kecil dan Cendrawasih Belah Rotan. Di empat pulau besar tadi memiliki cagar alam sendiri yang melindungi hewan-hewan langka seperti burung-burung yang indah bulunya seperti Kasuari, Kakatua Raja, Nuri Kepala Hitam, Maleo dan lain sebagainya

Wisata Pantai Raja Ampat Island
Dari keempat gugus pulau besar tadi memiliki ciri pantai yang hampir sama dengan pasir putih dan lautan biru nan eksotis yang begitu memanjakan mata. Tak sampai disitu saja, anda perlu merogoh kocek agak tebal untuk bisa menjelajah pulau-pulau dan gugusan bebatuan di tengah-tengah laut dengan kapal phinisi. Atau mungkin anda hanya ingin menikmati pantainya di resort-resort yang disediakan.

Puncak Wayaq Ikon Raja ampat island
Puncak Wayaq Raja Ampat Island
Puncak Wayaq Ikon Raja
Tak lengkap rasanya bila wisata ke raja ampat island tak mendaki kepuncak wayag. Puncak wayag bisa dibilang ikonnya raja ampat island , Pesona keindahan kepuluan wayaq dari puncak terlihat sangat indah dan mempesona.

Pemandangan berupa gunungan - gunungan bukit dan gunung karst berjajar ditengah pulau menjadi ikon raja ampat island seperti yang Anda lihat di image raja ampat atau foto – foto raja ampat island yang berupa gunungan bukit. Itulah yang di namakan pulau wayaq raja ampat island.

Baca juga Keindahan Wisata Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Biaya perhitungan budget ke raja ampat ala - ala backpackeran

Transportasi menuju Raja Ampat
Transportasi menggunakan jalur udara berangkat dari Jakarta menuju Sorong, Papua Barat. Ada beberapa maskapai penerbangan yang melayani rute ini yaitu antara lain Garuda Indonesia, Nam Air, Sriwijaya Air, Batik Air, dan juga Xpress Air. Harga penerbangan ke Sorong papua adalah fluktuatif, dengan harga kisaran antara Rp 1,5 juta - Rp 3 juta sekali jalan. Dari perhitungan harga fluktuatif  penerbangan ke sorong kita ambil saja harga yang terendah, maka didapat ongkos pesawat pergi-pulang Jakarta sorong adalah budget Rp 3 juta.

Sampai di Sorong,papua, untuk menuju raja ampat papua barat maka anda harus menyeberang ke Raja Ampat. Piliha penyebranganya bisa menggunakan kapal laut ataupun pesawat Susi Air. Karena pesawat agak mahal, maka pilihan backpacker adalah dengan kapal laut cepat dengan waktu berlayar dua jam dari Sorong menuju ibu kota Kabupaten Raja Ampat yaitu  Waisai dengan harga Rp 130.000

Tarif wajib untuk masuk ke Raja Ampat
Untuk berwisata ke Raja Ampat, wisatawan dikenakan tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan (TLPL) dengan Rp 500.000 per orang untuk wisatawan dalam negeri dan Rp 1 juta per orang untuk wisatawan mancanegara. Tarif ini dapat dibayarkan saat di pelabuhan atau di kantor Kabupaten Raja Ampat.

Akomodasi di raja ampat
Selama berada di Raja Ampat ada banyak pilihan jenis akomodasi seperti hotel, resor, dan juga homestay. Untuk backpacker, maka pilih saja homestay yang harganya lebih murah per malamnya paling rendah.

Kisaran harga homestay raja ampat sekitar Rp 250.000. per malam. Untuk menekan biaya transportasi sebaiknya pilih homestay yang dekat dengan tempat wisata yang ingin dikunjungi.
Untuk mencari homestay murah di Raja Ampat, Anda bisa mencari nya disitus resmi Asosiasi Usaha Homestay Kabupaten Raja Ampat di alamat web  http://www.stayrajaampat.id/

Transportasi di Raja Ampat
Perlu diketahui, Raja Ampat adalah merupakan daerah kepulauan, dengan total 1.864 pulau. Jadi jika anda ingin berkeliling menikmati pesona alam di Raja Ampat, maka Anda perlu kapal motor island hopping sebagai sarana transportasi dan bisa jadi, inilah pengeluaran terbesar Anda selama berwisata di Raja Ampat.

Mahalnya harga BBM di papua sangat berpengaruh terhadap harga sewa kapal motor tersebut. Untuk menuju Wayag dari Waisai saja diperlukan budget Rp 13 juta PP. Dari Pianemo ke Waisai diperlukan budget  Rp 8 juta PP. Lalu Ke teluk Mayablibit dari Waisai dibutuhkan budget Rp 6 juta rupiah PP.

Satu perahu motor biasanya dapat menampung 10-12 penumpang.
Oleh karena itu, untuk menekan bujet transportasi selama di Raja Ampat, pergilah secara berkelompok dan usahakan untuk selalu tawar-menawar ongkos kapal motor.

Konsumsi selama di raja ampat
Budget makan selama di Raja Ampat sebenarnya tidak besar. Karena homestay di Raja Ampat  umumnya menyediakan makan tiga kali sehari.yang sudah termasuk dalam layanan harga sewa kamar.. Namun di luar itu, penjual makanan agak sulit dijumpai kecuali Anda berada di daerah Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat. Harga makanan disana rata – rata mulai dari Rp 20.000 per porsi. Namun sebelum makan, ada baiknya tanya dahulu kepada penjual berapa harga makanannya. Juga jangan lupa bawa bekal makanan karena perjalanan menjelajah raja ampat akan cukup jauh.

Demikianlah pesona wisata Raja Ampat island yang perlu anda agendakan untuk musim liburan ke depan, karena itu menabunglah mulai dari sekarang untuk menyesuaikan budget backpackeran yang telah admin buat tersebut.