Trek Gunung Rinjani Lombok

Trek Gunung Rinjani Lombok dengan ketinggian 3.726 mdpl  . Pendakian gunung merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi Anda yang mempunyai hobi mendaki gunung tentunya. Pemandangan yang indah dan sejuknya udara akan membuat Anda rugi jika tidak meluangkan waktu untuk mendaki Gunung di indonesia.

Indonesia itu indah Bro, pesona alamnya dari sabang sampai merauke hingga ragam budaya indonesia yang unik bisa Kamu lihat , dan tentunya itu semua bisa Kamu rasakan jika Kamu pergi keluar dan melakukan perjalanan baik pendakian gunung ataupun berpetualang ke alam.

Gunung Rinjani Lombok
Keindahan Puncak gunung rinjani

Kata Pengantar artikel 
Gunung Rinjani Lombok 3.726 mdpl

Yang namanya puncak merupakan pencapaian atau prestasi tertinggi yang diraih . Dengen berpetualang ke gunung menggapai puncak gunung seseorang akan lebih menghormati jerih payahnya dalam perjalanan menuju titik ini “puncak impian” atau “kesuksesan” dan disini orang akan melihat jerih payahnya dan mampu mengambil manisnya kehidupan.

Didalam pendakian gunung, memang puncak bukanlah tujuan sebenarnya, akan tetapi disini tolak ukur usaha seorang pendaki dikatakan berhasil dimana seorang pendaki mampu hingga pada titik terakhir yaitu puncak gunung. Di titik ini seorang pendaki akan disuguhi indahnya pesona hamparan sabana luas dan juga samudra awan beserta khatulistiwa. Dari titik ini seorang pendaki akan merenung dan menengok kebawah untuk melihat trek pencapaianya.

Didalam kehidupan sebenarnya seseorang yang sudah menerima posisi tertinggi dalam hidupnya atau impiannya, ia akan menengok kebawah perjalanan panjang dalam kehidupanya meraih impianya. Bangga kepada diri sendiri yang sudah susah payah dalam perjalanan panjangnya sehingga mampu berada di titik ini .

Kita tak boleh terlena atas pencapaian ini, akan tetapi sebenarnya kita harus sadar kita tak boleh berlama lama karena sesungguhnya titik terakhir itu adalah kembali kepada pencipta Alam semesta. Jadi seorang Pendaki janganlah bersikap sombong.

Trek Gunung Rinjani Lombok

Trek Pendakian Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani Lombok dengan ketinggian 3.726 mdpl merupakan salah satu bagian dari 7 gunung tertinggi di indonesia (seven summit indonesia). Gunung Rinjani disebut - sebut juga merupakan gunung yang terbaik di kawasan Asia Tenggara. Pesona keindahan puncak gunung rinjani diantaranya melihat eksotika pesona segara Anak, lalu ada panorama laut dan kepulauan lombok, serta tentang pemandangan luasnya kaldera yang sangat indah.

Banyak pendaki mancanegara yang datang ke Gunung Rinjani untuk melakukan pendakian. Di gunung Rinjani terdapat beberapa jalur resmi untuk para pendaki, diantaranya jalur senalu , jalur sembalun dan Torean yang nanti akan Saya bahas. 

Bagian dalam Trek Gunung Rinjani Lombok

1. Amak Piung

Untuk mendaki Gunung Rinjani, ada koordinator untuk mengatur pendakian agar Anda tidak tersesat. Istilah koordinator dalam bahasa sasak yaitu Amak Piung. Tugas Amak Piung ini adalah mempersiapkan segala kebutuhan Anda selama berada di perjalanan. Amak Piung akan menyambut Anda ketika sampai di Sembaluh atau di Senaru.Amak Piung ini mempersiapkan pemandu Anda, bahan makanan, kantong tidur, kasur, maupun keperluan lain selama ada di perjalanan.

2. Jumlah Porter

Jumlah porter maksudnya adalah jumlah petugas yang membawa peralatan dari pendaki. Pada pintu pendakian Senaru (Lombok Utara) terdapat 250 orang sert 150 orang di Sembaluh (Lombok Timur), 100 orang di Teres Genit (kecamatan Bayan).

Pendakian Gunung Rinjani Lombok sekarang berkembang pesat, sehingga disana akan ada fasilitas-fasilitas yang dapat mendukung rencana pendakian Kalian. Misalnya saja, dengan banyak terdapat homestay yang dapat digunakan untuk pendaki. Tidak dapat dipungkiri bahwa adanya trek pendakian Gunung Rinjani membuka banyak lapangan pekerjaan serta peluang bisnis bagi Masyrakat sekitar ataupun jasa open trip rinjani diseluruh indonesia.

Video Gunung Rinjani Lombok




Sebelum sampai di jalur resmi pendakian Gunung Rinjani, Anda akan memulai petualangan pendakian ketika sampai di airport maupun pelabuhan di Lombok. Setelah itu Anda akan menggunakan kendaraan pribadi yang telah disediakan menuju ke sembaluh lawang. Setelah sampai di kaki Gunung Rinjani, Anda dapat langsung melakukan pendakian maupun berada di penginapan terlebih dahulu. Berikut jalur resmi yang dapat dilalui untuk menuju puncak Gunung Rinjani.

Beberapa trek jalur pendakian gunung rinjani 

1. Jalur Pendakian Senaru Gunung Rinjani

Jalur ini merupakan jalur yang paling ramai. Jalur ini banyak digunakan masyarakat adat setempat untuk melakukan ritual di puncak Gunung Rinjani maupun Danau Segara Anak.Rutenya yaitu dari Pelawangan senaru sampai Danau Segara Anak membutuhkan waktu kurang lebih 12 jam.

Jangan khawatir karena sepanjang jalan trail terdapat pos peristirahatan sebanyak 3 pos. Dari Danau Segara Anak menuju ke Pelawangan Sembalun membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam dan dari Pelawangan Sembalun ke puncak gunung Rinjani membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam.

2. Jalur Pendakian Sembalun Gunung Rinjani

Jalur sembalun ini sering dilalui oleh para pendaki. Rute yang dilewati dimulai dari gerbang sembalun lawang menuju ke pelawangan sembalun menuju puncak Rinjani membutuhkan waktu kurang lebih 9 jam. Jalur ini tidak terlalu curam bila dibandingkan dengan jalur Senaru.

3. Jalur Pendakian Torean Gunung Rinjani

Pada Jalur ini terdapat di desa Torean. Rute yang dilewati dimulai dari desa Torean menuju ke kali Tiu. Tempat ini merupakan pos pendakian yang berada di ladang. Jarak dari pos Torean menuju ke Plawangan Torean kurang lebih 3.5 km. Pada sepanjang perjalanan Anda akan diapit oleh 2 buah gunung dan Anda juga dapat menikmati aliran sungai.

Demikian semoga informasi trek gunung rinjani lombok tersebut bermanfaat untuk Anda yang akan mendaki gunung rinjani.

Terimakasih telah membaca artikel Trek Gunung Rinjani Lombok. Silahkan boleh di Share.