Sejarah Gerhana Matahari Total melintasi Indonesia

Gerhana Matahari Total Indonesia. Gerhana matahari total merupakan salah satu kejadian langka dan merupakan wujud dari kebesaran Tuhan YME, dimana terjadi fenomena langka yang jarang terjadi yaitu matahari yang tertup oleh bulan.

Peristiwa alam gerhana matahari memang selalu menjadi fenomena dan banyak ditunggu kehadiranya oleh manusia dibelahan bumi ini. Beruntung Indonesia merupakan Negara yang dilalui fenomena alam gerhana matahari total (GMT) ditahun 2016, tepatnya pada tanggal 9 maret 2016 dimana gerhana matahari total tersebut melewati 12 titik di wilayah di Indonesia.

Wisata Gerhana Matahari Total Pesona Indonesia
Sejarah Gerhana Matahari Total melintasi Indonesia
Gerhana Matahari Total (GMT) di Indonesia
GMT 9 maret 2016 kali sangat special terutama untuk Negara Indonesia, sebab karena gerhana matahari total pada tanggal 9 maret 2016 melintasi wilayah Indonesia dan di samudra pasifik .

Gerhana matahari total 9 maret 2016 tersebut melewati 12 titik wilayah di Indonesia yang dimulai dari pulau pagai utara dan selatan di Sumatra barat, hingga mengarah kebengkulu, kemudian melalui wilayah Sumatra selatan, Bangka Belitung, Kalimantan barat, Kalimantan tengah, Kalimantan selatan, Kalimantan timur, Sulawesi barat,  sulwesi tengah  berahir di kota maba.

Lama waktu terjadinya GMT 
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebutkan bahwa lama terjadinya fenomena matahari tertup bulan sekitar 1,5 hingga 3 menit, yang bisa disaksikan di 12 titik wilayah di Indonesia yang dilalui gerhana matahari total (GMT).

Disuatu titik di atas samudra pasifik di utara Papua Nuigini bisa disaksikan selama 4 menit  49 detik yang merupakan totalis gerhana matahari terlama dari semua titik yang dilewati GMT. Titik awal atau pusat jalur gerhana matahari total merupakan wilayah terpendek waktunya untuk bisa menikmati GMT yaitu sekitar  1 menit 54 detik dan berada di wilayah pulau pagai selatan Sumatra barat.

Gerhana Matahari Total Pesona Indonesia
Menurut Mentri Pariwisata Indonesia Arif Yahya, gerhana matahari total tanggal 9 maret 2016 yang melewati 12 tiik wilayah di Indonesia merupakan suatu berkah yang luar biasa bagi Indonesia. Tercatat banyak Hotel yang sudah penuh booking di 12 titik GMT tersebut. Peristiwa GMT 9 maret 2016 tersebut telah memberikan rezeqi yang tak ternilai terutama pada sector Pariwisata Indonesia.

Daya Tarik Gerhana Matahari Total
Gerhana matahri total memberikan banyak daya tarik tersendiri bagi Masyrakat mulai dari kaum awam, pecinta langit, ahli metafisika, hingga  paranormal. GMT juga menjadi daya tarik bagi ilmuwan dan intelektual seperti ahli astronomi, ahli  ilmu bintang, atau ilmu yang melibatkan pengamatan serta penjelasan peristiwa yang terjadi di luar bumi dan atsmofir.

Manfaat Gerhana Matahari Total (GMT)
Department of Astronomy dan  Bosscha Observatory, Institut Teknologi Bandung (ITB)  Premana W. Premadi menilai  banyak manfaat pendidikan yang bisa didapat masyarakat Indonesia maupun wisatawan, baik mancanegara maupun nusantara.

”Gerhana Matahari total merupakan peristiwa alam yang sangat amat indah dan langka  serta mengundang orang untuk datang menonton dan menyaksikan dengan mata kepala sendiri,”  ujar Nana (sapaan akrab Premana W. Premadi)

Nana menambahkan, ada juga pihak yang memanfaatkan gerhana matahri total GMT sebagai  penelitian ilmiah, pendidikan, hingga  refleksi diri. ”Khusus untuk pendidikan, Universe Awareness for Children (UNAWE) Indonesia menyelenggarakan dua program,”  Menurutnya.

Terimakasih telah membaca artikel Sejarah Gerhana Matahari Total melintasi Indonesia. Silahkan boleh di Share.