Banyak keuntungan dengan tiket khusus Dieng Culture Festival (DCF)

Dieng Culture Festival (DCF) masih dan memang bertempat di Dataran Tinggi Dieng. Adalah Komunitas Dieng Pandawa selaku penyelenggara acara DCF. Dieng Culture Festival dari tahun ketahun selalu menyuguhkan beragam aneka pertunjukan dan juga berbagai acara dalam event kebudayaan tahunan tersebut.

Ayo ke (DCF) Dieng Culture Festival untuk menyaksikan acara ritual potong rambut gimbal anak - anak dieng, Pesta lampions, kembang api, dan lain - lain. DCF biasanya hadir di bulan Agustus setiap tahunya. Saksikan juga ragam acara di Dieng Culture Festival seperti: jazzatasawan, pemutaran film, wayang kulit dan seni tradisional lainnya. Dieng Culture Festival berlangsung selama 3 (tiga) hari , dan biasanya DCF hadir di bulan Agustus.

gambar pesta lampions dieng culture festival

Selain acara ritual potong rambut anak gimbal sebagai acara puncak DCF, selama 3 (tiga) hari sejak tersebut pengunjung DCF dapat menyaksikan ragam acara seperti, jazz atas awan, pemutaran film, wayang kulit dan seni tradisional, serta ada penerbangan lampion, pesta kembang api, kirab budaya, lalu ada pameran produk kerajinan / industri kreatif dan kuliner dari dataran tinggi Dieng.

gambar anak rambut gimbal dieng

Harga tiket khusus Dieng Culture Festival juga diberlakukan agar supaya pengunjung bisa dengan lebih leluasa mengikuti dan menyaksikan rangkaian acara DCF tersebut. Tiket khusus Dieng Culture Festival yang dijual tersebut jumlahnya sangat terbatas. Panitia hanya menyediakan sekitar 3500 lembar tiket khusus.

Data pengunjung yang akan menghadiri acara Dieng Culture Festival selama tiga hari tersebut bisa mencapai lebih dari 100.000 ribu orang.  Menurut Panitia Dieng Culture Festival bagi pengunjung yang tidak kebagian tiket khusus DCF tersebut, bisa dengan alternatif lainya yaitu diantaranya dengan membeli tiket wisata reguler.

Namun kekurangan tiket wisata reguler yaitu diberlakukan pembatasan akses terhadap beberapa venue pertunjukan atupun acara. Pengunjung pemegang tiket wisata reguler tidak bisa masuk ke venue pertunjukan jazz di atas awan dan juga tidak bisa masuk ke lokasi untuk menyaksikan acara ritual cukur rambut gimbal anak - anak dieng di kompleks Candi Arjuna dieng plateau.

gambar pesta kembang api

Panitia penyelenggara DCF mematok Harga untuk tiket khusus DCF adalah sebesar Rp 250.000. Beberapa keuntungan yang akan didapat oleh para wisatawan pemegang tiket khusus DCF antara lain
  1. Free pas masuk lokasi wisata kawasan candi arjuna, kawah sikidang dan telaga warna selama festival berlangsung,
  2. Mendapatkan t-shirt khusus DCF
  3. Mendapatkan 1 buah lampion,
  4. Mendapatkan 1 buah kembang api,
  5. Bisa masuk venue/lokasi pertunjukan jazz atas awan,
  6. Bisa mendaftarkan diri menjadi peserta kirab budaya (terbatas hanya 100 orang), dan
  7. Mendapatkan selendang khusus untuk dipergunakan saat upacara ritual cukur rambut gembel.
Catatan bagi pembeli tiket khusus tiket Dieng Culture Festival adalah bahwa panitia DCF menyatakan tiket yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan kepada penyelenggara.

Harga sewaktu-waktu dapat berubah. Lebih lanjut Syarat dan ketentuan tentang tata cara pembelian tiket khusus Dieng Culture Festival dapat Anda lihat pada website penyeleggara DCF di www.dieng.id . Demikian semoga bermanfaat.