Indonesia Tourism Kawasan Gunung Papandayan Tempo Dulu

Indonesia tourism kawasan gunung papandayan tempo dulu. Dari jaman dulu semenjak kawasan Gunung papandayan dikelola oleh swasta Tarif masuk ke kawasan gunung papandayan semakin tahun melonjak naik. Segalanya memang sudah disediakan oleh sang pencipta. Alam dan segala isinya di tanah indonesia Kita tercinta ini, semuanya telah tersedia lengkap dengan keindahan pesona pemandangananya, namun tahukah kalian bro berapa ongkos yang harus dikeluarkan turis dari mancanegara pada awal abad ke 20 untuk sampai ke kawah kawasan gunung papandayan indonesia tempoe doeloe.

image Indonesia Tourism

Dikutip dari halaman blog naratasgaroet.wordpress.com menerangkan bahwa dalam buku perjalanan kuno dengan judul  “Illustrated Tourist Guide to Buitenzorg, the Preanger, and Central Java”, terbitan oleh Official Tourist Bureau tahun 1913. Dalam buku kuno tersebut Garut menjadi salah satu destinasi wisata utama yang ditawarkan dalam perjalanan wisata indonesia tersebut. Buku tersebut memberikan panduan lengkap perjalanan wisata indonesia ke kawasan Gunung papandayan lengkap dengan jenis transportasi juga ongkos perjalanan yang harus dikeluarkan para wisatawan, termasuk perjalanan wisata kawah Papandajan di kawasan gunung Papandayan.

Indonesia Tourism Kawasan Gunung Papandayan
Paket traveling indonesia menuju ke kawah Papandajan berangkat dari hotel Papadayan menuju Tjisoeroepan pagi-pagi sekali dengan menggunakan kereta kuda (trap). Kereta tersebut konon biasanya ditarik oleh 3 ekor kuda. Kereta tersebut akan berhenti di hotel Villa Pauline. Tarif angkutan kereta kuda sebesar fl.5 (5 gulden) dengan perjalanan pulang pergi. Tips untuk kusir kereta kuda biasanya sekitar fl.0,50.

image tourism indonesia  Trip  Gunung papandayan

Perjalanan dari Villa Pauline menuju ke kawah di kawasan gunung papandayan menggunakan kuda sebagai tunggangan dengan tarif sebesar fl.3,50 dan masih harus bayar  tukang tuntun kudanya sebesar  fl.0,30. Untuk jasa porter yang membawakan makan siang sebesar fl.0,50 dan bayar jasa turis guide selama berada di kawah papandayan sebesar fl.0,75. Jika hendak keliling menjelajah kawasan gunung Papandajan, ada tandu (sedan chair) dengan tarif fl.4, kemudian jasa kuli panggul tandunya  sebanyak 4 orang, masing-masing sebesar fl.0,10.

Total biaya trip atau travel guide indonesia ke kawasan Gunung papandayan  tempo dulu yang harus dikeluarkan oleh wisatawan setidaknya sebesar fl.14,95. Jika Merujuk pada harga emas pada saat itu, dikonversikan ke rupiah pada jaman sekarang ongkos yang harus dikeluarkan untuk mengunjungi kawasan gunung papandayan tempoe doelu kira-kira sebesar Rp.1.200.000 an lebih. Demikian semoga bermanfaat.

Mungkin Anda tertarik dengan artikel TOP 10 Foto Wisata Pekalongan Indonesia.