Agustus 05, 2016

Penggunungan sampah

Penggunungan sampah. Tempat pemrosesan akhir (TPA) adalah suatu tempat untuk menimbun sampah dan merupakan bentuk tertua perlakuan sampah. Dahulu TPA merupakan cara paling umum untuk limbah buangan terorganisir dan tetap begitu di sejumlah tempat di dunia hingga sekarang.

Menurut pengamatan saya sudah banyak daerah yang menjadi TPA tempat - tempat pembuangan sampah baik itu diperkotaan ataupun di desa . TPA sendiri sebenarnya adalah ditujukan sebagai lokasi pemusatan pembuangan sampah, namun pada prakteknya banyak pengelolaan sampah pada tempat - tempat pembuangan sampah tersebut yang tidak dikelola secara maksimal dan terkesan dibiarkan tanpa penanganan yang baik.

Maka yang terjadi adalah, keberadaan sampah - sampah pada tempat pembuangan ahir tersebut semakin hari semakin menggunung dan sehingga menimbulkan permasalahan baru seperti bau tak sedap akibat pembusukan sampah dan juga tercemarnya lingkungan sekitar TPA. Begitu besarnya dampak yang disebabkan oleh timbunan sampah menggunung tersebut, maka sudah seharusnya sampah perlu mendapatkan perlakuan dan penanggulangan sedini mungkin.

Ada banyak faktor mendasar yang menyebabkan sampah-sampah pada tempat pembuangan ahir sampah menjadi makin menggunung setiap harinya. Diantara Faktor-faktor penyebab gunungan sampah tersebut antara lain adalah kurangnya kesadaran atau Ketidak tahuan Masyarakat dalam membedakan sampah menurut jenis dan macamnya sehingga membuat / menghambat proses penguraian sampah yang berakibat makin menggunungnya sampah di TPA .

gambar tpa sampah

Penggunungan sampah tersebut disebabkan oleh bercampurnya jenis sampah organik dan anorganik sehingga menyebabkan bakteri kurang maksimal dalam mengurai sampah – sampah tersebut. Jenis sampah organik (yang dapat diurai) terhalang oleh keberadaan jenis sampah anorganik yang tidak dapat diuraikan seperti plastik, botol, kaleng, dan lain - lain.

Pencegahan penggunungan sampah di TPA yang paling mudah adalah berangkat dari diri Masyarakat sendiri yaitu memiliki pengetahuan untuk dapat membedakan jenis-jenis sampah berdasarkan sifatnya agar proses penguraian sampah secara alami oleh barteri pengurai dapat berlangsung dengan lebih maksimal. Demikian semoga bermanfaat.

Terimakasih telah membaca artikel Penggunungan sampah. Semoga bermanfaat | Ayo Share dan sebarkan.