Agustus 10, 2016

Wisata Religi Puncak Mahameru Lebak Barang

gambar Puncak Mahameru
Wisata Religi Puncak Mahameru Lebak Barang . Lebak Barang pekalongan memang banyak menyimpan sejuta cerita juga  keindahan alamnya. Salah satu pesona keindahan lebak barang adalah air terjun jurug jlarang. Selain itu lebak barang juga menyimpan banyak kisah seperti kisah perjuangan pada jaman dahulu.

Dikutip dari halaman blog lebakbarangkec.blogspot.co.id bahwa konon diceritakan Lebakbarang pada jaman dahulu kala bernama Kebak barang  yang mempunyai arti tentang sebuah tempat atau lembah yang banyak  terdapat barang – barang  atapun  benda berharganya. Barang – barang / benda berharga tersebut konon dibawa oleh seorang prajurit dari Keraton Yogyakarta ke puncak mahameru lebak barang pada Perang Gerilya antara Tahun 1825 – 1930, sebagai usaha untuk menyelamatkan benda tersebut karena keraton jogjakarta berhasil dikuasi belanda pada perang gerilya pimpinan Pangeran Diponegoro.  

Wisata Religi Lebak Barang Puncak Mahameru
Istilah Mahameru  sendiri berasal dari Aksara Jawa yaitu  dari kata "Mahamara"  Ma = 16 Ha= 1, Maha berarti  17 Rakaat.  Ma = 16 Ra = 4, Mara berarti 20 Sifat Wujud Allah. Puncak Mahameru menandakan bahwa yang dimakamkan di tempat tersebut merupakan para Aulia/Wali yang sangat berperan dalam mengamalkan / mensyiarkan  ajaran Islam.

Gunung semeru dengan puncaknya Mahameru 3676 mdpl adalah puncak abadi para dewa sedang Puncak Mahameru lebakbarang adalah merupakan puncak abadi para wali / Kyia / Aulia.

makam puncak mahameru lebakbarang

Makam dipuncak mahameru lebakbarang setiap bulan sura dan juga Bulan Sakban  selalu rame dikunjungi para warga baik yang berasal dari lebakbarang ataupun warga dari luar lebakbarang untuk melakukan haul atau ziarah makam , bersih makam.

Tangga menuju puncak mahameru ini terbilang unik dan langka karena Setiap satu bagian tangga ada 33 anak tangga , 33 dikali 3 bagian jadi total ada 99 anak tangga dan ada satu tangga di bagian paling bawah jadi genap jumlahnya 100 tangga. Mendaki tangga menuju puncak mahameru di Kec. Lebakbarang Kab. Pekalongan bisa sambil dzikir hingga puncak Mahameru. Pada 99 tangga tersebut menandakan asmaul husna dan satu tangga dibagian bawah untuk membaca bismilah sebelum menaiki tangga / mendaki menuju puncak mahameru. Demikian semoga bermanfaat. Source : lebakbarangkec.blogspot.co.id

Terimakasih telah membaca artikel Wisata Religi Puncak Mahameru Lebak Barang. Semoga bermanfaat | Ayo Share dan sebarkan.