Wisata Kebun Strawberry Petungkriono Pekalongan

Ekowisata petungkriono tak henti - hentinya memanjakan pengunjung dengan pesonanya, kali ini indonesiacayo.com akan mengulas tentang wisata Kebun Strawberry Petunggkriono Pekalongan Jawa Tengah. Hawa udara yang sejuk dingin dengan suhu udara di kisaran 190C - 280C derajat celcius di daerah pegunungan Petungkriyono serta pemandangan alam sekitar lembah bukit berkabut memberikan suasana asik bagi para penggemar wisata alam pegunungan.

gambar Kebun Strawberry Petunggkriono Pekalongan

Kawasan Petungkriyono dengan tanah yang subur telah dikenal sebagai penghasil sayur mayur seperti kentang, kubis, wortel, selong, waluh jipang (labu siam), cabai, dan sebagainya. Hasil sayuran ini menjadi didistribusikan di wilayah Pekalongan, Banjarnegara, Batang, dan sekitarnya. Secara geografis Petungkriyono memang berbatasan dengan wilayah Banjarnegara di sebelah Selatan dan Batang di sebelah Timur.

Pesona keindahan alam Petungkriyono semakin lengkap dengan hadirnya Kebun Strawberry yang dikelola secara perorangan di desa Yosorejo, selain itu dipetungkriono  juga terdapat sentra jahe gajah di desa Telogopakis dan sentra kebun pisang Ambon di desa Kayupuring di dekat pusat pemerintahan Kecamatan Petungkriyono.

Sejarah Strawberry
Dari sejarahnya Strawberry ini merupakan tanaman buah yg ditemukan pertama kali di Chili, Amerika. Salah satu spesies tanaman stroberi yaitu Fragaria chiloensis L menyebar ke berbagai negara Amerika, Eropa & Asia. Selanjutnya spesies lain, yaitu F. vesca L. lebih menyebar luas dibandingkan spesies lainnya. Jenis stroberi ini pula yg pertama kali masuk ke Indonesia (Sumber budidaya-petani.blogspot.com).

Strawberry yang biasa ditemukan di pasar swalayan adalah hibrida yg dihasilkan dari persilangan F. virgiana L. var Duchesne asal Amerika Utara dgn F. chiloensis L. var Duchesne asal Chili. Persilangan itu menghasilkan hibrid yg merupakan stroberi modern (komersil) Fragaria x annanassa var Duchesne. Varietas stroberi introduksi yang dapat ditanam di Indonesia adalah Osogrande, Pajero, Selva, Ostara, Tenira, Robunda, Bogota, Elvira, Grella & Red Gantlet.

Tempat yang cocok untuk menanam Strawberry
Strawberry merupakan tanaman subtropis yang dapat beradaptasi dengan baik di dataran tinggi tropis yang memiliki temperatur optimum antara 22-280C dan suhu udara minimum antara 4-50C. Kelembaban udara yang baik untuk pertumbuhan tanaman Strawberry 80-90%, dan sinar matahari yang tidak terlalu kuat dengan lama penyinaran cahaya matahari yang dibutuhkan dalam pertumbuhan adalah 8-10 jam setiap harinya. Secara umum, untuk membudidayakan tanaman Strawberry dengan optimal dilakukan di daerah daratan tinggi antara 1.000-1.500 meter di atas permukaan laut.

Wisata Kebun Strawberry Petunggkriono Pekalongan Jawa Tengah
Lahan tumbuh yang subur dan udara bertemperatur rendah seperti kawasan dataran tinggi di Yosorejo Petungkriyono dengan ketinggian kurang lebih 1.294 meter di atas permukaan laut menjadi tempat yang cocok budidaya Strawberry.

Adalah Pak Daryono dan Bu Asih Di kebun seluas lebih dari 1.000 M2 membudidayakan strawberry. Selain membudidayakan juga membuat bibit Strawberry untuk keperluan perluasan tanaman sendiri maupun untuk dijualkepada pengunjung . Strawberry dari Kebun Petungkriyono tidak kalah dengan yang dipajang di supermarket. Buahnya berwarna cerah dan rasanya juga tak kalah manis dan bentuk buahnya lebih besar-besar.

Tanaman strawberry di Kebun Strawberry Petunggkriono dipupuk dengan pupuk kandang dan pupuk organik, sehingga tidak melibatkan pupuk buatan. penyemprotan dengan pestisida tidak dilakukan untuk menjaga dari pencemaran bahan kimia. Panen dilakukan 2 minggu - 1 bulan sekali dengan cara bergilir. Strawberry bisa berbuah selama 7 bulan, dengan jumlah yang fluktuatif tergantung cuaca. Sedangkan pada saat musim penghujan, tanaman Strawberry tidak dapat berbuah sama sekali.

Di Kebun Strawberry Petungkriyono, pengunjung dapat petik langsung di kebun untuk selanjutnya ditimbang dan dinikmati dilokasi atau dibawa pulang. Tersedia tempat berteduh yang cukup luas dan menyediakan beberapa hidangan makanan ringan dan minuman hangat. Wisata Pesona Kebun Strawberry Petunggkriono Pekalongan juga pernah masuk di ulasan berita wisata NET10

Baca juga Pesona river tubing, river tracking dan Body rafting Welo River Petungkriono 

Tonton video Wisata kebun Strowberi Pekalongan NET10



Terimakasih semoga bermanfaat, silahkan share dan sebarkan agar wisata di pekalongan lebih dikenal luas lagi. Source pekalongankab.go.id.

Terimakasih telah membaca artikel Wisata Kebun Strawberry Petungkriono Pekalongan. Silahkan boleh di Share.
ads