Tragedi mengerikan Kawah Sinila Dieng Tahun 1979

Tragedi mengerikan Kawah Sinila Dieng Tahun 1979. Dieng kini menjadi objek wisata yang sangat dikenal baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara apalagi setelah hadirnya Dieng Culturue Festival (DCF) menjadikan Wisata Dieng makin dikenal. Dataran tinggi dieng banyak di anugrahi keunikan alam oleh sang pencipta.

Di dieng yang disebut sebagai negeri diatas awan banyak menyimpan nilai - nilai sejarah yang terlihat dari banyak candi - candi di dieng. Anugrah alam dieng banyak menyimpan seribu keunikan seperti danau alami telaga warna dan banyaknya kawah - kawah historis yang tersebar di wisata dieng culture. Namun di balik keindahan dan pesona alam dieng juga terdapat banyak kisah misteri yang mengerikan seperti kisah Tragedi mengerikan Kawah Sinila Dieng Tahun 1979.

gambar Tragedi mengerikan Kawah Sinila Dieng Tahun 1979

Sebagian Masyarakat Indonesia, terutama Penduduk Desa di Dieng, pasti pernah mendengar yang namanya Tragedi Sinila. Tragedi mengerikan Kawah Sinila Dieng merupakan peristiwa nyata nan mencekam yang terjadi pada malam hari tepatnya menjelang shubuh.

Tragedi mengerikan Kawah Sinila Dieng terjadi pada tanggal 20 Februari 1979. Tragedi  mengerikan tersebut disebakan oleh fenomena alam, yaitu meletusnya kawah Sinila di dataran tinggi dieng.
gambar Tragedi mengerikan Kawah Sinila Dieng Tahun 1979
Tragedi mengerikan Kawah Sinila Dieng Tahun 1979
Tragedi mengerikan Kawah Sinila Dieng Tahun 1979, Tragedi mengerikan di malam mencekam yang menewaskan 149 orang tewas dalam kejadian tersebut. kawah Sinila terletak di antara Desa Batur, Desa Sumberejo, dan Desa juga Pekasiran, Kecamatan Batur.

Pada malam mencekan nan mengerikan tersebut, Kawah gunung Sinila meletus dan mengeluarkan banyak gas karbondioksida dari dalam kawah tersebut menyembur ke udara,  gas – gas  beracun keluar dari dalam kawah tersebut . Para penduduk yang berlari untuk mengungsi banyak yang menghirup gas beracun tersebut.

Dari berbagai sumber menyebutkan bahwa Tragedi mengerikan Kawah Sinila Dieng Tahun 1979 menelan korban nyawa sebanyak 149 orang, yang diantaranya terdiri dari orang dewasa, orang tua, dan juga anak-anak, Mereka banyak ditemukan tewas bergelimpangan di jalan-jalan disekitar pemukiman penduduk. Bahkan sejumlah hewan ternak pun ikut menjadi korban dalam tragedi mengerikan tersebut. kawah Sinila Dieng saat itu  meletus setelah sebelumnya terjadi gempa bumi di sekitar kawasan Dieng.

Beruntung berkat PFN Tragedi mengerikan Kawah Sinila Dieng Tahun 1979 berhasil di abadikan dalam bentuk Film dan pernah disiarkan di stasiun Swasta TVRI Kala itu. Dengan Film tersebut Kita bisa menyaksikan bagaimana ke ngerian tragedi Kawah Sinila Dieng tersebut. 

Tragedi mengerikan Kawah Sinila Dieng Tahun 1979


Sinopsisnya Film Tragedi mengerikan Kawah Sinila Dieng Tahun 1979
Kawah Sinila di pegunungan Dieng meletus. Keluarga Warso dari desa Kepucukan harus menyingkir karena lahar menerjang desanya.


Karena panik, Warso meninggalkan mbahnya yang sudah renta. Peristiwa itu membuat desa tak layak huni lagi dan penduduknya diminta bertransmigrasi. Warso berangkat dengan sedih hati karena mbahnya belum ketemu juga. Ternyata mereka jumpa di pemukiman transmigran Baturaja. Demikian semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Terimakasih telah membaca artikel Tragedi mengerikan Kawah Sinila Dieng Tahun 1979. Silahkan boleh di Share.