Januari 25, 2017

Kisah Legenda Malin Kundang ternyata ada di tiga Negara

Kebetulan Saya suka nonton serial kartun Upin dan Ipin karena nemenin ponakan, nah Ada satu episode Upin dan Ipin yang berjudul "Jambatan Ilmu". Episod ini berkisah saat Upin dan Ipin serta kawan kawannya mendapat tugas saat libur sekolah. Tugas tersebut adalah membaca buku cerita yang nantinya akan diceritakan kembali pada saat masuk sekolah seusai liburan.

Yang membuat Saya merasa senyum - senyum sendiri, diadegan tersebut terjadi perdebatan kecil antara Susanti dan upin ipin tentang kesamaan cerita malin kundang yang diceritakan susanti dengan Si tanggang yang telah dibaca upin dan ipin.

gambar batu malin kundang
Batu malinkundang Pantai Air Manis, Padang, Sumatera

Ceritanya begini, saat liburan telah selesai tiba waktunya untuk anak - anak bercerita tentang buku yang telah Mereka baca saat liburan.

Susanti yang berasal dari jakarta indonesia tampil bercerita dengan penuh semangat mengenai " cerita legenda Malin Kundang" didepan teman-temanya. Menyimak cerita yang dibacakan Susanti, lama-kelamaan Upin dan Ipin sadar kalau cerita malin kundang Susanti sama dengan cerita "Si Tanggang" yang telah dibacanya . Lantas mereka berdebat tentang hal tersebut.

Akhirnya Bu Guru Melati melerai perdebatan Mereka dengan mengatakan bahawa kedua cerita tersebut baik Malin Kundang ataupun Sitanggang adalah sama.

Bu Guru Melatipun mengajukan pertanyaan untuk melerai keduanya tentang pengajaran dari kedua cerita tersebut baik Malin Kundang ataupun Sitanggang. Ipin pun menjawab, bahwa sebagai Anak haruslah "mengenang jasa orang tua dan mendengar perkataan mereka serta berbakti kepada orang Tua agar tidak menjadi durhaka ". Satu kelas kompak menjawab dengan "Betul-betul-betul".

Kisah Legenda Malin Kundang ada di tiga Negara Serumpun 

gambar Kisah Legenda Malin Kundang ternyata ada di tiga Negara

Dari berbagai sumber informasi yang Saya cari melalui googling, ternyata Kisah Legenda Malin Kundang ada di tiga Negara Serumpun . Malin Kundang Sebuah kisah legenda yang diceritakan turun temurun dimana kisahnya bercerita tentang seorang anak lelaki yang durhaka hingga ahirnya disumpah menjadi batu oleh ibunya begitu popular dalam masyarakat Melayu Nusantara.

Di Indonesia kisah legenda tersebut bernama Malin Kundang dan sedangkan di Malaysia, legenda tersebut dikenali sebagai Si Tanggang. Tak hanya itu ternyata cerita legenda malin kundang juga ada dan diceritakan di brunei dengan sebutan Nakhoda Manis .

Lokasi Batu Malinkundang

Cerita legenda Malin kundang tersebut dibenarkan dengan wujud batu berbentuk Manusia yang konon merupakan sosok si Malin kundang yang dikutuk oleh Ibunya menjadi batu. Batu yang bentuknya menyerupai seorang laki-laki yang tengah bersujud atau tertelungkup dan di sekitarnya terdapat bebatuan-bebatuan besar yang diperkirakan adalah merupakan kapal besar milik Malin Kundang yang juga berubah menjadi batu itu, sekarang terdapat di di Pantai Air Manis, Padang, Sumatera, Indonesia

Sementara di Malaysia batu yang disebut sebagai Si Tanggang itu ada di sebuah gua di Batu Caves, Selangor. Gua Gelap di Batu Caves seakan-akan darah mengalir di celah batu dan lantai gua tersebut . Konon diceritakan tempat tersebut menjadi tempat mengalirnya darah Si Tanggang. Lalu di brunei sosok batu kutukan Nakhoda Manis terletak di tepi laut Jong Batu.

Video Cerita Malin Kundang (Indonesia ) dan Si Tanggang (Malaysia) dari potongan episode "Jambatan Ilmu" yang telah Saya edit dan gabungkan



Kisah Legenda Malin Kundang itu mungkin benar adanya. Karena adanya bukti batu kutukan berbentuk manusia dan juga batu besar seperti pecahan bangkai kapal yang terdapat di tiga negara serumpun yaitu Indonesia Malaysia, dan Brunei.

Mari Kita mengambil hikmah tentang cerita upin dan ipin tersebut bahwa perbedaan bukan menjadikan untuk perpecahan. Jika ada perbedaan, sebaiknya kita cari dan temukan persamaan yang baik antara keduanya agar tidak terjadi pepecahan.

Terimakasih telah membaca artikel Kisah Legenda Malin Kundang ternyata ada di tiga Negara. Semoga bermanfaat | Ayo Share dan sebarkan.