Keren dan unik Desa Sawai dengan sungai keramiknya

Keren dan unik Desa Sawai dengan sungai keramiknya. Desa Sawai ini terletak di Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tenggara. Desa dengan luas sekitar 15 hektar dan berpenpenduduk sekitar 4.000 jiwa ini mempunyai potensi alam yang begitu lengkap. Bagaimana tidak,  Jika ingin menikmati laut dan juga terumbu karang, kita bisa langsung melompat dari depan jendela kamar.
gambar Keren dan unik Desa Sawai dengan sungai keramiknya
Desa Sawai dengan sungai keramiknya
Ingin merasakan tantangan  alam liar , bisa mendaki ke Bukit Bendera untuk menikmati  indahnya pesona Sawai dan menikmati  indahnya pulau-pulau  di sekitarnya dari ketinggian. Sawai ini juga merupakan desa penyangga bagi Taman Nasional Manusela yang memiliki luas 189.000 hektar. Manusela merupakan taman nasional, hutan dan satwa dilindungi.

Warga desa Sawai tidak pernah mengambil kayu dari kawasan  hutan ini sehingga terpelihara kelestarianya. Mayoritas penduduk Desa Sawai memeluk agama Islam dengan mata pencaharian Mereka sebagian besar pencari ikan. Mereka mencari ikan tidak hanya dengan cara memancing, namun juga menggunakan sebuah tradisi yang bernama Kalawai.
Desa Sawai Maluku tenggara
Kalawai merupakan cara menangkap ikan dengan menggunakan tombak khusus yang umumnya dilakukan saat malam hari. Selain nelayan penduduk  Desa Sawai juga bertani dan berkebun di wilayah sekitar desa. Adapun hasil perkebunan mereka adalah Palawija dan buah-buahan.

Yang menjadi ke unikan desa Sawai adalah adanya sebuah sungai kecil yang  yang berbatas langsung dengan perumahan warga digunakan untuk banyak aktifitas  sehari - hari seperti mencuci  pakaian dan mandi. Bagian pinggir sungai dipercantik dengan ubin keramik sehingga sekilas mirip dengan sungai di Venezia, Italia.

gambar  Desa Sawai dengan sungai keramiknya
Warga Desa Sawai sedang mencuci di sungai keramik

gambar  Desa Sawai dengan sungai keramiknya
Warga Desa Sawai 
Sungai yang terlihat lebih mirip kolam renang ini merupakan sumber air bersih di Desa Sawai, yang berasal dari bebatuan di bawah tebing yang berbatasan dengan hutan di sekitarnya. Sumber air bersih ini merupakan pusat kehidupan desa Sawai yang sudah menghidupi desa ini sejak dahulu kala. Banyak anak kecil terlihat bermain air layaknya di kolam renang perkotaan .

Di tempat ini juga Ibu - ibu mereka mencuci baju. Warga desa sawai sangat menghormati keberadaan mata air ini dan mereka menggunakan sumber air ini secara bertanggung jawab  secara bersama-sama. Bagaimana keren dan unik bukan Desa Sawai dengan sungai keramiknya. Di kutip dari versesofuniverse.blogspot.co.id

Terimakasih telah membaca artikel Keren dan unik Desa Sawai dengan sungai keramiknya. Silahkan boleh di Share.
ads