Februari 06, 2017

Mahalnya kayu gaharu Indonesia berdampak pada terancamnya kelestarian Alam

Mahalnya kayu gaharu Indonesia berdampak pada terancamnya kelestarian pohon tersebut . Harga gaharu Indonesia termahal di  Dunia karena menurut beberapa sumber menyebutkan bahwa kwalitas kayu gaharu di Indonesia itu sangat baik makanya harganya sangat mahal.

Kayu gaharu kini menjadi salah satu komoditi yangmenggiurkan. Bisnis kayu gaharu sangat menguntungkan. Kayu gaharu yang berasal dari kepulauan di sekitar Indonesia harga dipasaran sangat tinggi.

Harga kayu gaharu di indonesia sudah diakui di dunia intersional. Kayu gaharu di indonesia diantaranya berasal dari alam dipedalam bumi papua, di sekitar pedalaman merauke. Harga kayu gaharu indonesia ditingkat internasional cukup tinggi dibanding dengan negara lainnya. Seperti kayu gaharu malaysia,  gaharu vietnam, gaharu thailand, dan atau kayu gaharu dari india.


gambar Mahalnya kayu gaharu Indonesia berdampak pada terancamnya kelestarian Alam

Harga kayu gaharu termahal di indonesia bisa dijumpai dibebeberapa tempat seperti  merauke yang sudah terbukti memiliki harga sangat tinggi dipasaran internasional. Kayu gaharu ini baunya sangat khas dan  rata - rata sudah berumur ratusan tahun dalam proses pembentukan gubal atau resin gaharu.
Harga kayu gaharu termahal di indonesia lainya diantaranya adalah gaharu borneo sekarang disebut gaharu kalimantan yang berasal daru hutan alam di kalimantan .

Kualitas terbaik gaharu di Indonesia harganya bisa mencapai hingga ratusan juta per kilogram, berasal dari alam yang masih jarang tersentuh manusia, berumur ratusan tahun dan terinfeksi secara alami di hutan belantara seperti Papua, Sulawesi dan Kalimantan. Berdasar  berbagai sumber di China jenis kayu tersebut bisa mencapai harga Rp.400 juta per kilogram, sedangkan di kawasan Timur Tengah harganya berkisar hingga Rp.300 juta per kilogram.

Mahalnya kayu gaharu berdampak pada terancamnya kelestarian pohon gaharu di habitat aslinya. Ini terjadi karena tidak sedikit masyarakat yang menebang gaharu dari alam dari pada membudidayakannya sehingga hal tersebut bisa berdampak berdampak pada terancamnya kelestarian Alam.

Artikel terkait cara budidaya pohon gaharu pohon termahal 

CITES (Convention On International Trade In Endangered Species Of Wild Fauna And Flora) mengatur ketat perdagangan kayu ini dengan memberlakukan kuota di tiap - tiap negara, hal ini untuk mempertahankan kelestariannya di alam karena keberadaan pohon gaharu yang memang tercatat hampir punah di berbagai dunia. Demikian semoga bermanfaat. Dikutip dari berbagai sumber.