Tindakan Mencoret Bendera Indonesia tidak dibenarkan

Tindakan Mencoret  Bendera Indonesia tidak dibenarkan . Janganlah sampai Kita menjadi generasi yang lupa akan betapa susahnya mengibarkan bendera Merah Putih di masa lalu. Sejarah mengingatkan bagaimana terpaksanya Bapak Husain Mutahar merobek Sang Saka Merah putih menjadi dua demi menyelamatkannya dari agresi Belanda di Yogyakarta.

Dahulu kala para pejuang seperti Bapak Husain Mutahar yang kala itu ditugaskan langsung Presiden Sukarno menyelamatkan bendera dengan sepenuh jiwa dan raga. Janganlah menjadi generasi yang lupa akan sejarah bendera Sang saka Merah Putih.

gambar Tindakan Mencoret Bendera Indonesia tidak dibenarkan
Cayo Indonesia
Tindakan mencoret Bendera Indonesia tidak dibenarkan dan dapat dikenakan pidana 

Hati - hati dengan pencoretan bendera Merah Putih dengan tulisan atau logo band, seperti Slank, Metallica, Oi , dll . Mencuatnya kasus pencoretan bendera Merah Putih oleh Nurul Fahmi yang dibawanya saat unjuk rasa FPI di depan Mabes Polri beberapa waktu lalu, berimbas desakan sejumlah pihak agar kepolisian juga mengusut pelaku pencoretan Sang Saka Merah Putih dengan logo band atau coretan lainnya.

Cyber Polda Metro Jaya sekarang gencar menelusuri para pengunggah dan pelaku pencoretan bendera Merah Putih "Kami telusuri. Kemudian siapa yang upload. Apakah itu asli atau sudah editan, tentu kami harus telusuri," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jumat (27/1/2017). Seperti dikutip dari serambi.com

Undang-Undang No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan menyatakan bahwa setiap orang dilarang merusak, merobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara.

Bagi yang kedapatan melakukan tindakan tersebut dapat dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00. Pasal selanjutnya menjelaskan larangan memakai Bendera Negara untuk reklame atau iklan komersial; mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam; mencetak, menyulam, dan MENULIS HURUF, ANGKA, GAMBAR ATAU TANDA LAIN dan memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Negara; dan memakai Bendera Negara untuk langit-langit, atap, pembungkus barang, dan tutup barang yang dapat menurunkan kehormatan Bendera Negara dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000,00.

Demikian semoga semua peristiwa yang terjadi di negeri ini bisa Kita ambil hikmahnya dan menjadi pelajaran kepada Kita semua agar lebih mencinta Bendera, lambang Negara dan Indonesia  dengan sepenuh hati.

Terimakasih telah membaca artikel Tindakan Mencoret Bendera Indonesia tidak dibenarkan . Silahkan boleh di Share.
ads