Maret 08, 2017

Contoh dan Cara membuat Foto Siluet

Contoh dan Cara membuat Foto Siluet. Yang dimaksud foto Siluet adalah foto yang obyek utama gelap total dan di backgroundnya terang, sehingga foto tersebut yang terlihat adalah bentuk dari obyek utamanya.

Membuat foto siluet tidak begitu sulit asal Kalian terus mencoba dan mencoba sampai berhasil memfotret atau mengjasilkan karya foto siluet . Untuk mempermudah Kalian membuat obyek foto Siluet, berikut adalah tips dan langkah-langkah Cara membuat Foto Siluet.

Tips dan langkah-langkah Cara membuat Foto Siluet

gambar Contoh dan Cara membuat Foto Siluet

Cara sederhana membuat Foto Siluet

1. Matikan Flash (Posisi OFF)
Terpenting dalam Cara membuat Foto Siluet  yang pertama adalah dengan mematikan cahay flash di kamera ke posisi off, kalau tidak dimatikan  maka akan mendapatkan foto obyek biasa (jadi obyek utama fotonya nya tidak gelap). Ingat matikan flash dikamera Kalian

2. Pencahayaan yang tepat (backlight)
Background foto siluet  harus lebih terang dibandingkan dengan obyek utamanya. Itulah alasan mengapa kebanyakan foto siluet yang ada dilakukan saat sunset ataupun  sunrise. Karena saat tersebut  matahari (sebagai sumber cahaya) terdapat di belakang obyek yang  foto (backlighting).
Namun sebenarnya foto siluet bisa di buat kapan saja, Kalian hanya perlu  mencari background yang lebih terang dibandingkan obyek utamanya.

3. Mencari obyek menarik
carilah obyek Foto siluet Kalian dengan bentuk menarik ,memiliki karakter yang kuat. Perhatikan foto diatas, karena obyek utama (pencari ikan) kehilangan detail dan menjadi sangat gelap, bentuknya justru akan lebih terekspos. Kita bisa melihat dengan jelas batas-batas lekukan bentuk tubuh si nelayan, bentuk jaring dan bingkainya sampai tetesan air yang keluar dari jaring. Anda juga bisa mencoba dengan obyek lainnya.

4. Background yang tepat
Untuk mendapat foto siluet Kalian  harus mencari  background yang lebih terang. Sehingga obyek utama terlihat sangat menonjol ,Seperti contoh obyek Langit,  pantai, gunung  adalah contoh obyek Foto sileuet terfavorit.

4. Mode Manual / auto
Sebisa mungkin gunakan  mode manual eskposur. Kombinasikan  aperture dan shutter speed , terutama pada aperture pastikan Kalian set sesuai keinginan (untuk aperture besar di background yang agak kabur dan aperture kecil untuk background yang tajam). Setelah Kalian menentukan aperture dan shutter speed yang dipilih, arahkan kamera ke obyek utama. Aturlah H3 yang terbaik dan tentukan fokus di obyek utama, baru kemudian SHUT jepret ..jepret..jepret

Namun Jika Kalian tidak bisa menggunakan mode manual, gunakanlah mode auto. Arahkan kamera ke area paling terang.

gambar foto siluet sunrise gunung selamet (kamera bb bold)

Dalam contoh diatas adalah ke matahari yang dijadikan sebagai api rokok. Pencetlah setengah shutter Kamera Kalian (jangan dipencet penuh) lalu tahan shutter dan jangan dilepas. Kemudian fokuskan kamera ke obyek utama, baru kemudian SHUT  jepret…. jepret…. jepret….

Jika Kalian bingung gunakan filling untuk momen yang tepat (seperti contoh diatas merokok dengan api sunrise), yang terpenting jepret obyek dengan posisi Matikan Flash (Posisi OFF). Efek sunrise adalah cara tepat untuk membuat Foto Siluet .

5. Sekali lagi Jangan sungkan untuk  mencoba
Cobalah juga bereksperimen dengan obyek dan lingkungan Kalian, jangan hanya terpaku pada sunset dan sunrise, sebab foto siluet bisa dihasilkan dimanapun asal dengan timing yang pas. Saya sendiri penulis masih amatir dalam membuat Foto Siluet namun tak ragu dan sungkan untuk mencoba dan berbagi Tips Cara membuat Foto Siluet

Beberapa contoh foto siluet keren dimana sang fotografer bukan hanya mampu melakukan teknik foto siluet dengan baik namun juga memaksimalkan daya kreatif-nya.

Silahkan jadikan gambar foto-foto, Wallpaper Siluet berikut sebagai sumber inspirasi 

gambar Foto Siluet mancing

gambar Foto Siluet nelayan pantai

gambar Foto Siluet angin pantai

gambar Foto Siluet sunset pantai

gambar Contoh dan Cara membuat Foto Siluet

gambar Contoh dan Cara membuat Foto Siluet

gambar Foto sunset Siluet


Demikian semoga contoh gambar foto dan Cara membuat Foto Siluet tersebut bermanfaat untuk Kalian. Terimakasih.

Terimakasih telah membaca artikel Contoh dan Cara membuat Foto Siluet. Semoga bermanfaat | Ayo Share dan sebarkan.